Dikeseharian Anda mungkin Anda sering bertemu dengan seseorang yang terlihat tahu segala hal. Entah itu dilingkungan pergaulan Anda, di rumah, di tempat kerja Anda atau mungkin di akun sosmed Anda.

Tapi tahukah Anda apakah dia orang yang benar-benar tahu atau dia hanya sok tahu?

Jaman sekarang dengan banyaknya orang-orang yang “menyampah” di dunia internet, kita tidak bisa menerima informasi terlalu mudah. Apalagi sampai benar-benar mempercayainya. Jaman sekarang, banyak orang yang ingin terlihat cerdas di depan orang lain. Itu karena kecerdasan dapat mendongkrak status sosialnya, padahal sebenarnya dia hanyalah orang yang sok tahu.

Cara Mendeteksi Orang yang Sok Tahu oleh SegiEmpatJadi sebelum Anda terjebak apalagi sampai dibohongi pakai kecerdasan palsu, Anda wajib untuk mendeteksinya. Bagaimana caranya? ini 5 cara mendeteksi orang yang sok tahu.

Perhatikan Caranya Berkomunikasi

Orang yang benar-benar cerdas pastinya punya cara berkomunikasi yang berbeda dengan orang yang sok cerdas. Orang yang soktahu umumnya akan membicarakan banyak hal sekaligus dan suka memotong pembicaraan orang lain. Sementara orang yang cerdas akan berusaha memahami pembicaraan dan memilih untuk mendengarkan sebelum berbicara.

Perhatikan Caranya Merespon

Orang yang benar-benar tahu, cenderung memilih untuk merespon saat diminta. Sedangkan untuk orang yang sok tahu, dia punya inisiatif yang besar untuk memberi saran dan sarannya cenderung memerintah.

Perhatikan Konsistensinya

Tentu saja orang yang sok tahu tidak akan konsisten. Tidak konsisten saat berbicara, kadang dia bilang A dan kadang dia bilang B di cerita yang sama. Karena memang orang yang sok tahu bisa mengubah alur cerita kapan saja. Tentu itu tidak terjadi pada orang yang benar-benar tahu.

Perhatikan Caranya Berprilaku

Sebenarnya hal yang paling berbeda antara orang yang cerdas dengan orang yang berusaha terlihat cerdas sangat terlihat dari perbedaan prilakunya. Orang yang sok tahu lebih memilih membela diri sendiri karena tidak mau terlihat “jelek” di depan orang lain, lebih suka menonjolkan diri sendiri dan tidak mau ada orang yang menjatuhkannya. Karena itu dia akan berusaha untuk terlihat cerdas dan tahu semua hal. Sedangkan orang yang benar-benar cerdas tidak takut mengakui kesalahannya, tidak takut untuk mengakui informasi yang diberikannya belum tentu benar, tidak suka pamer dan lebih fokus untuk memperbaiki dirinya sendiri. Orang yang cerdas juga lebih suka berpikir kalau setiap orang punya kemampuan yang unik dan berbeda.

Cari Tahu Sumber Informasinya

Nah, yang terakhir adalah langsung mencari tahu informasinya. Anda tentu sering mendapatkan informasi dari banyak orang. Untuk mengetahui benar atau tidak, Anda tentu tidak boleh langsung “menelannya bulat-bulat” tapi lakukan perbandingan. Bahkan kalau perlu tanyakan langsung sumbernya. Orang yang sok tahu hanya akan mengandalkan informasi dari temannya atau orang lain tanpa disertai dengan fakta-fakta terpercaya yang berasal dari sumber terpercaya pula.

LEAVE A REPLY