Home » Tips & Cara » Umum » Pengembangan Diri » 5 Cara Dan Tips Untuk Membuat Keputusan Yang Cepat

5 Cara Dan Tips Untuk Membuat Keputusan Yang Cepat


5 Cara Dan Tips Untuk  Membuat Keputusan Yang Cepat Oleh SegiempatHidup kita ditentukan oleh kemampuan kita untuk membuat keputusan. Karir, hubungan asmara, dan kesehatan kita, semua hal tentang kehidupan kita sekarang dibentuk oleh keputusan yang kita ambil pada masa lalu, tetapi masih ada juga yang masih kesulitan dalam mengambil suatu keputusan. Anda terkadang tidak bisa membuat komitmen yang tegas kepada sebuah keputusan. Dibawah ini beberapa label yang biasa digunakan:

* Over-thinker
* Penunda pekerjaan
* Lamban dalam bertindak
* Analysis paralysis
* Perfeksionis

Apakah Anda pernah mengidentifikasikan diri Anda dengan label diatas? Jika ya, Anda tahu bahwa Anda tidak sendiri. Bayangkan, Anda didalam proses pengambilan keputusan yang ekstrim, menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berpikir tentang keputusan yang akal diambil, dan akhirnya tidak memiliki cukup waktu untuk bertindak berdasarkan keputusan tersebut.

 

Memperbaiki Pengambilan Keputusan

Untuk orang-orang seperti kita, yang harus dilakukan adalah menyeimbangkan proses pengambilan keputusan dengan sedikit ‘tergesa-gesa’. Kita butuh teknik yang membantu kita untuk memasukkan keputusan yang kita ambil kedalam kepala dan berhenti merasa khawatir yang berlebihan tentang akibat yang akan terjadi. Dibawah ini ada 5 tips untuk membantu Anda menyeimbangkan proses pengambilan keputusan kita.

 

1. Aturan 2 Menit

Ide untuk cara ini adalah agar Anda dapat langsung bertindak melalui deadline yang Anda paksakan sendiri. Hal ini cukup sederhana untuk dilakukan. Setiap kali Anda harus mengambil keputusan, aturlah timer dan mulailah prosesnya. Batasan waktu akan memaksa Anda untuk menilai kelebihan dan kekurangan dari suatu keputusan, sehingga Anda dapat dengan cepat mengambil keputusan. Kesederhanaan cara ini membuatnya dapat sering digunakan.

Jika Anda adalah orang yang lambat mengambil keputusan, tips ini akan sangat membantu. Tips ini tidak harus 2 menit, 1-5 menit juga akan bekerja dengan baik.

 

2. Berpikir Hitam Dan Putih

Ada beberapa saat dimana Anda memiliki pilihan lebih banyak daripada yang Anda butuhkan. Berlebihan, dalam semua hal, membingungkan Anda dan akhirnya dapat menyebabkan analysis paralysis. Sehingga dalam kasus ini, cobalah untuk menilai opsi dengan sederhana, antara opsi yang baik dan opsi yang buruk, dimana hal tersebut akan menyederhanakan dan mempercepat proses pengambilan keputusan yang optimal. Tips ini cocok untuk tipe orang yang over-thinker.

 

3. Letakkan Opsi Dalam Tas

Jika semua opsi terlihat memiliki nilai yang sama, tulislah beberapa opsi terbaik pada beberapa potong kertas dan letakkan kertas tersebut didalam tas/topi. Keputusan Anda akan ditentukan dengan kertas yang akan Anda cabut secara acak.

 

4. Fokus Pada Saat Ini

Anda seringkali kebingungan dengan rencana kedepan, mencoba untuk melihat bagaimana keputusan Anda  akan mempengaruhi Anda dimasa akan datang. Hal ini dapat menguras pikiran Anda, karena Anda mencoba untuk melihat setiap langkah dan akibat dari langkah tersebut. Sebaiknya Anda menyimpan energy tersebut untuk melakukan pekerjaan yang Anda lakukan sekarang, dan mencoba untuk mengambil keputusan terbaik yang paling mungkin. Hiduplah pada saat ini juga, buatlah keputusan berdasarkan apa yang akan membuat langkah selanjutnya lebih mudah. Melakukan hal ini untuk setiap langkah yang Anda ambil adalah hal yang baik.

 

5. Jangan Takut Gagal

Ketakutan terbesar untuk Anda yang mengambil keputusan dengan lambat mungkin dikarenakan keputusan yang akan Anda ambil tersebut akan menyebabkan hasil yang buruk. Kompensasi lalu dibuat karena Anda over-thinking sebuah kondisi, membuat Anda menanyakan seluruh aspek yang terlibat dalam keputusan tersebut. Akhirnya, Anda beresiko untuk tidak mengambil keputusan sama sekali karena telah menghabiskan waktu dan tenaga untuk pertanyaan yang tidak perlu. Cara berfikir yang seperti ini mesti diubah.

Seharusnya, Anda harus melihat bahwa menunda-nunda keputusan sama buruknya dengan membuat keputusan yang buruk. Anda bisa menyelamatkan kembali keputusan yang buruk, serta belajar dari keputusan tersebut. Tetapi tidak mengambil keputusan sama sekali berarti Anda tidak dapat menentukan bagaimana hidup Anda akan berjalan. Ketakutan akan kegagalan artinya sesuatu atau seseorang akan membuat keputusan untuk Anda.

 

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: