Menjadi Konsumen Cerdas oleh SegiEmpatMayoritas kalangan masyarakat tanah air saat ini cenderung menjadi konsumen yang mudah terpengaruh. Hal tersebut bisa Anda buktikan di berbagai pusat perbelanjaan di dalam negeri, khususnya pada mall-mall ternama. Persaingan harga dan semakin menumpuknya produsen-produsen asing justru menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi sebagian besar kalangan. Tingginya daya beli dari para konsumen di tanah air kini menjadi tambang emas yang sangat menarik bagi banyak investor asing. Keunggulan nama brand yang populer meski kualitas tidak jauh berbeda dengan hasil produksi dalam negeri tetap menjadi sisi keunggulan yang menarik minat konsumen dalam negeri.

Prestise sepertinya lebih menarik ketimbang kualitas dari sebuah produk, hal ini tentu menjadi sinyal negatif untuk kalangan produsen dan juga konsumen tanah air. Pasalnya, tentu harga yang tinggi akan menguras keuangan Anda, belum lagi dengan kualitas barang yang relatif sama dengan brand lokal. Tidak maukan merugi dua kali? Maka dari itu jadilah konsumen yang cerdas, yang tidak hanya tertarik karena brand tapi juga dari kualitas. Ingin menjadi konsumen cerdas? Tidak sulit, karena ada beberapa cara yang sebenarnya sederhana, berikut ulasannya.

Membeli karena Kebutuhan

Banyak konsumen di tanah air justru membeli barang karena keinginannya, seperti halnya yang terjadi pada kebanyakan wanita. Keinginan seolah menjadi hal utama untuk mereka di banding kebutuhan yang sebenarnya. Contohnya, beberapa kalangan yang justru rela mengalami kesulitan ekonomi demi membeli sebuah mobil dengan harga ratusan juta. Mirisnya karena mereka cenderung kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya atau bahkan mengisi bahan bakar. Jangan pernah melakukan ini, meski secara alami manusia memang memiliki keinginan yang besar namun jangan pernah membeli karena keinginan Anda. Harus Anda sadari keinginan manusia tidak akan pernah ada habisnya, tapi uang bisa habis.

Jadilah Konsumen yang Teliti

Ketelitian dalam berbelanja merupakan hal penting yang Anda butuhkan. Seperti yang disebut diawal jika banyak produsen asing dengan brand ternama laku keras di pasaran, padahal sebenarnya kualitas yang ditawarkan pun tidak berbeda dari hasil produksi tanah air. Telitilah sebelum membeli, tidak hanya karena kebutuhan tapi juga karena kualitas.

Satu lagi, pastikan Anda membeli barang yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

LEAVE A REPLY