Traveling memang selalu menyenangkan, entah itu karena hobi atau karena tidak mau ketinggalan tren. Tapi tidak dipungkiri melihat secara langsung keindahan alam atau pun mendatangi tempat-tempat liburan tanpa embel-embel pekerjaan adalah sebuah godaan yang tidak bisa kita tolak.

Tapi traveling dengan uang biasanya menjadi dua hal yang bertolak belakang. Atau mungkin awalnya bisa sejalan tapi ujung-ujungnya menderita di tanggal muda. Anda seorang traveler tentunya tidak ingin mengalami hal itu bukan? Apa jadinya sebuah liburan yang menyenangkan tapi setelah itu kita justru hidup menderita karena gaji habis terkuras saat traveling?

Mengelola Gaji Bagi yang Hobi Traveling oleh SegiEmpatNah, karena itu agar hobi Anda tetap bisa Anda lakukan tanpa harus menghabiskan gaji atau tabungan saya punya beberapa cara yang mungkin bisa menjadi masukan. Berikut beberapa cara mengelola gaji bagi yang hobi traveling.

Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Semua orang termasuk Anda tentu punya tujuan keuangan. Misalnya menikah bagi Anda yang masih lajang. Hal tersebut tentunya akan menyerap biaya yang tidak sedikit. Apalagi bagi Anda yang menganut budaya timur Indonesia yang dikenal dengan mahar selangit.

Hal tersebutlah yang wajib Anda tentukan terlebih dulu, setelah itu tentukan kapan Anda ingin itu terwujud. Misalnya biaya nikah 100 juta dan Anda ingin menikah 5 tahun lagi.

Rencanakan

Setelah Anda menentukan tujuan keuangan Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyusun rencana. Bagian ini butuh pemikiran yang tidak hanya sekedar dewasa tapi juga bijak. Karena biasanya yang namanya kesenangan itu selalu ingin di prioritaskan.

Rencanakan berapa banyak gaji yang akan Anda masukkan ke tabungan dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai tujuan Anda. Misalnya berapa banyak gaji yang harus Anda masukkan ke tabungan untuk mencapai 100 juta dalam 5 tahun. Tapi jangan pula lupa dengan biaya darurat, umumnya dana darurat itu juga butuh dana yang banyak.

Investasi

Investasi asal yang bukan investasi bodong, jaman sekarang sudah menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Anda bisa berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Atau mungkin untuk hobi traveling Anda. Kalau saya pribadi investasi mungkin lebih tepat untuk hobi ketimbang tujuan keuangan Anda, kenapa? Anda tentu tidak mau mempertaruhkan masa depan Anda bukan?

Sesuaikan Budget

Setelah semua perencanaan Anda susun dengan rapih, plus dengan perhitungan yang bijak ataupun berinvestasi Anda bisa menyisihkan gaji Anda untuk traveling. Namun kesalahan banyak traveler adalah budget yang tidak sesuai dengan tujuannya.

Nah, Anda tentu tidak boleh melakukan ini. Memang menyenangkan kalau Anda bisa berkeliling dunia tapi Anda tentu tidak mau jadi gelandangan di negeri orang bukan? Karena itu sebaiknya Anda menyesuaikan budget Anda. Kalau memang Anda ingin jalan-jalan di luar negeri berarti Anda harus mencari tahu semua biaya, entah itu penginapan, makan, jajan atau biaya-biaya lainnya. Kalau memang budget tidak cukup Anda hanya punya 2 pilihan. Pertama menundanya sampai budget cukup dan kedua traveling di negeri sendiri. Tidak perlu ragu, kita juga punya banyak tempat menarik untuk Anda kunjungi. Orang-orang luar negeri saja mau ke Indonesia, kenapa kita sendiri tidak?

LEAVE A REPLY