Hemat dalam Berbisnis oleh SegiEmpatBerbinis memang menjadi dunia yang menjanjikan keuntungan besar, bahkan para pelaku bisnis pun tidak harus terikat dengan waktu seperti para pekerja lainnya. Namun berbisnis pun bukan hal yang mudah, dibutuhkan banyak perencanaan hingga strategi khususnya dalam menghemat dana. Berhemat bagi para pebisnis menjadi salah satu perhatian yang sangat penting, pasalnya dari sinilah sektor yang bisa memberi keuntungan besar. Memang sangat tidak mudah untuk melakukan penghematan terlebih dalam penerapan strategi pemasaran Anda, tapi jangan khawatir karena untuk membantu Anda berikut ini beberapa cara ampuh hemat dalam berbisnis.

Manfaatkan Tekologi

Perkembangan tekologi bisa menjadi salah satu cara membantu Anda berhemat, bahkan tidak hanya menghemat waktu dan uang pemasaran bisnis pun menjadi jauh lebih efektif. Sosial media termasuk beberapa aplikasi dari layanan online pun menjadi salah satu kemajuan dunia maya yang bisa membantu Anda. Tapi sebaiknya cari yang harganya sedikit rendah bahkan kalau perlu yang gratis. Hal ini tentu akan jauh lebih menghemat anggaran belanja Anda.

Barter

Barter mungkin memang sedikit kuno, tapi dalam dunia bisnis cara-cara kuno kadang menjadi salah satu solusi untuk berhemat. Melakukan barter dalam artian memasukkan kepentingan Anda dan memberi penawaran yang menarik dengan rekan kerja bisa menjadi salah satu solusi yang pas untuk menghemat pengeluaran. Misalnya, saat Anda ingin mempromosikan produk Anda dengan barter Anda menawarkan spot nama atau berbagi keuntungan dengan rekan kerjasama Anda. Hal ini tentu menjadi penawaran menarik dan Anda pun akan melakukan promosi tanpa harus mengeluarkan dana berlebihan. Jadinya lebih hemat kan.

Manfaatkan Ruang yang Tidak Terpakai

Salah satu hal yang kerap dikeluhkan oleh para pelaku bisnis adalah tingginya sewa kantor, hal tersebut pun semakin di perparah dengan tingginya pajak usaha yang harus mereka bayar setiap tahunnya. Meski sektor tersebut tidak bisa di hindari namun tetap masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk berhemat. Jika Anda masih kesulitan mebayar sewa kantor maka mungkin Anda bisa memanfaatkan ruangan yang tidak terpakai pada rumah Anda. Tapi ingat, sebaiknya Anda benar-benar memanfaatkannya sebagai keperluan bisnis dan tidak mencampurkannya dengan kehidupan pribadi Anda.

LEAVE A REPLY