Home » Tips & Cara » Umum » Finansial » Cara Mengembangkan Bisnis dengan Inovasi

Cara Mengembangkan Bisnis dengan Inovasi


Cara Mengembangkan Bisnis dengan InovasiOke! Anggap saja bisnis Anda adalah bisnis terlaris pada tahun ini. Jangan senang dulu, tingkat kecepatan dalam perkembangan bisnis melebihi kecepatan pesawat jet sekalipun. Bisnis Anda yang terdepan tahun ini, bisa saja terbelakang dan gulung tikar pada tahun depan. Masih untung kalau tahun depan. Bagaimana kalau bulan depan, minggu depan atau bahkan besok? Tertidur beberapa menit saja, saat Anda bangun tahu-tahu Anda sudah bangkrut. Banyak dari mereka hadir dengan membawa inovasi baru. Jika Anda terus bertahan dengan cara lama, jangan menyesal jika bisnis Anda akan semakin jauh tertinggal. Zaman berubah, cara juga harus berubah. Inovasi adalah salah satu kalau bukan satu-satunya cara untuk mengembangkan bisnis Anda. Lakukan cara berikut untuk mengembangkan bisnis Anda dengan inovasi;

1. Sesuaikan dengan Permintaan Pasar

Semakin maju zamannya, pasar atau konsumen semakin cerdas dalam memilah dan memilih barang dan jasa yang ingin ia belanjakan. Dikarenakan penghargaannya terhadap waktu yang teramat tinggi, maka barang dan jasa yang hemat waktu alias praktis adalah target konsumen modern. Jika dulu untuk mengomsumsi susu konsumen harus mencampur susu bubuk, gula dan air dengan ukuran yang pas, sekarang konsumen cenderung memilih untuk mengomsumsi susu dalam kemasan botolan yang telah lulus uji kesehatan, tentunya. Kalau Anda yang praktis dan sehat, mengapa memilih yang ribet dan repot? Praktislah!

2. Tinggalkan Produk yang Tidak Bertahan Lama

Untuk apa menginvestasikan uang dalam mengembangkan bisnis Anda pada suatu produk yang tidak bertahan lama. Selain uang, waktu dan tenaga Anda terkuras. Pemutar kaset datu CD yang laku keras bebarapa tahun lalu sudah tidak dapat bertahan lagi dalam persaingan bisnis produk musik. Ianya sudah tergantikan dengan MP3 Player atau bahkan ponsel pribadi Anda yang sangat mobile dan mudah mengakses dan berbagi lagu-lagu baru dan favorit. Jadi, pertahankanlah produk yang bertahan lama dan tinggalkan produk yang tidak bertahan lama.

3. Ciptakan Kualitas, Bukan Sekadar Kuantitas

Peluncuran produk terbaru apple selalu saja ditunggu-tunggu. Orang-orang bersedia membayar mahal untuk itu. Pada dasarnya, pasar membeli inovasi. Kami tidak menyarankan Anda untuk menciptakan produk baru setiap detiknya. Inovasi tidak berbicara kuantitas. Inovasi adalah pertemuan antara kreasi dan kualitas. Microsoft dan Nokia yang sangat terkenal beberapa tahun lalu, sekarang tak mampu menyaingi ketenaran Apple meski Microsoft dan Nokia bergabung sekalipun dalam ponsel Lumia.

4. Inovasi atau Mati

Sesuatu bisa terus hidup jika ia bergerak. Sesuatu yang bergerak pasti berubah. Sesuatu yang berubah itulah yang dinamakan inovasi. Anda kira Nokia dan Microsoft tidak berinovasi? Mereka juga berinovasi. Hanya saja inovasi mereka kalah cepat dan kualitas dengan Apple. Nah, yang berinovasi saja belum tentu berkembang, apalagi yang tidak berinovasi. Jadi pilihannya tinggal dua; inovasi atau mati?

Selamat mengembangkan bisnis dengan inovasi!

Tentang Hartono Tasir Irwanto

Berikan Komentar Anda: