Apakah Anda termasuk salah satu pekerja yang sering kehabisan uang tanpa Anda sadari padahal Anda baru saja gajian?

Tenang Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami hal seperti itu. Nyatanya kehabisan gaji di tanggal muda dialami banyak orang, meski sebenarnya mereka punya gaji yang lebih dari sekedar cukup. Bahkan saya teringat akan kata-kata seorang teman yang mengaku “gaji saya 5,3 setiap bulannya” tapi bukan seperti yang Anda bayangkan ia justru mengaku kalau gajinya satu bulan sudah habis 5 hari 30 menit setelah gajian.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi hal ini, mulai dari gaya hidup, kebiasaan yang tidak terkontrol atau masalah hutang. Kalau sudah begini pastinya Anda butuh solusi tepat untuk mengelola gaji Anda supaya tidak habis percuma, tidak mau kan Anda juga mengalami “gaji 5,3”? nah, 5 cara mengelola gaji supaya tidak habis percuma ini, mungkin bisa membantu Anda.

Cara Mengelola Gaji Supaya Tidak Habis Percuma oleh SegiEmpatMenyusun Anggaran

Hal paling mendasar untuk mengelola gaji adalah dengan menyusun aggaran sesuai dengan besar gaji Anda. Pastikan Anda bisa menghitung seberapa banyak biaya yang Anda butuhkan untuk biaya sehari-hari selama sebulan penuh. Jangan lupa untuk menyusunnya ke dalam beberapa pos. Misalnya, biaya makan, biaya transportasi atau pulsa. Prioritaskan semua hal yang paling penting, tunda dulu kesenangan Anda misalnya membeli ponsel baru padahal ponsel lama masih bisa “bersaing”

Siapkan Dana Darurat

Salah satu pos anggaran yang juga sebaiknya Anda siapkan adalah dana darurat. Sisihkan gaji Anda beberapa ratus ribu setiap bulannya untuk biaya kesehatan atau perawatan kendaraan kalau Anda menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini untuk mencegah kondisi yang tidak terduga yang bisa menghabiskan gaji Anda seketika.

Jangan Terlalu Banyak Membawa Uang

Salah satu hal yang paling sering tidak disadari adalah saat Anda memasuki pusat perbelanjaan. Bukan hanya karena Anda tertarik dengan barang yang ditawarkan tapi karena Anda membawa uang terlalu banyak. Apakah Anda sering mengecek dompet Anda sebelum membeli sesuatu? Pasti Anda tidak akan berpikir panjang kalau Anda membawa uang yang banyak dan kemungkinan besar Anda langsung membelinya. Nah, pasti itu tidak terjadi kalau Anda sendiri membawa uang seperlunya.

Menabung Lebih Banyak

Ketimbang Anda menghabiskan uang berbelanja jauh lebih baik kalau Anda menghabiskan uang untuk menabung. Itulah pentingnya Anda menyiapkan anggaran khusus dan mulai berhenti menggunakan gaji Anda untuk hal-hal yang tidak penting.

Lunasi Hutang Sedini Mungkin

Banyak orang yang baru gajian tapi gajinya habis percuma karena masalah hutang. Memang ada kalanya kita harus berhutang karena faktor tertentu yang sangat mendesak. Nah, hal inilah yang harus jadi prioritas utama Anda dalam mengelola gaji Anda. Setelah gajian bayarkan atau bahkan lebih baik lunasi hutang Anda sedini mungkin. Jangan menunda-nunda terlalu lama karena Anda bisa kena denda yang tentunya membuat hutang Anda makin menumpuk .

LEAVE A REPLY