Home » Tips & Cara » Umum » Finansial » Cara Efektif Menulis Executive Summary

Cara Efektif Menulis Executive Summary


Cara Efektif Menulis Executive Summary Oleh Cara SegiempatCara efektif menulis Executive Summary ini mungkin belum Anda ketahui. Executive Summary adalah ringkasan penting saat Anda ingin membiayai ide yang Anda miliki. Ya, Anda juga harus memiliki rencana bisnis ataupun proposal investasi yang menjelaskan semua detail, tetapi Executive Summary dibuat untuk menjelaskan semua poin penting agar orang yang membacanya akan dengan mudah mengetahui apakah ide Anda menarik bagi mereka. Bacalah artikel ini untuk mengetahui cara efektif menulis Executive Summary.

 

Buat Pembukaan yang Kuat

Anda ingin mendapatkan perhatian pembaca. Para CEO, investor, ataupun orang lainnya yang mungkin membaca Executive Summary Anda adalah orang yang sibuk. Mereka ingin mengetahui secara langsung apakah Anda memiliki apa yang mereka inginkan. Jadi mulailah dengan fakta menarik, kaitan, ataupun masalah yang ingin Anda atasi ataupun yang ingin Anda tuju.

 

Jaga Intonasi Anda

Kualitas Executive Summary Anda akan mempengaruhi produk atau bisnis yang Anda sedang coba luncurkan, seperti halnya siapa yang ingin Anda tujui dengan proposal Anda. Jika proposal Anda sangat bersifat teknis, Anda ingin bahasa Anda lebih serius dan teknis daripada jika Anda meluncukan perusahaan pakaian ataupun mainan, contohnya.

Anda tidak ingin melangkah terlalu jauh dari formalitas meskipun intonasi Anda ringan, tetapi hal tersebut dibolehkan untuk menunjukkan hasrat, rasa percaya diri, dan antusiasme Anda dan benar-benar mencoba untuk menjual ide Anda.

 

Persingkat

Ini adalah Executive Summary, sebuah ringkasan, jadi Anda tidak ingin ringkasan ini terlalu panjang. Semua angka-angka dan detail lainnya bisa ditempatkan dalam proposal Anda. Anda masih harus memasukkan informasi yang cukup agar pembaca bisa menentukan apakah dia ingin membaca lebih lanjut. Sebaiknya Anda membuat Executive Summary sepanjang empat halaman atau kurang, tetapi hal tersebut juga tergantung pada seberapa rumit ide Anda dan seberapa banyak detail yang Anda butuhkan untuk menjelaskannya.

Pada umumnya, Executive Summary harus memiliki informasi dibawah ini:

  • Penjelasan perusahaan Anda
  • Masalah yang dimiliki kustomer Anda
  • Bagaimanakah produk/penawaran Anda mengatasi masalah mereka
  • Mengapa mereka harus bertindak sekarang
  • Ikhtisar singkat terhadap nilai finansial dari perjanjian.

 

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: