Sebenarnya sudah sering saya mendengar keluhan dari banyak teman-teman perihal masalah keuangan. Bahkan ada juga yang sebenarnya bergaji tinggi tapi masih mengeluh kehabisan uang, padahal tanggal juga masih 5 hari setelah gajian.

Kejadian seperti itu nyatanya dialami banyak orang, sampai akhirnya muncul sebuah istilah tanggal tua. Tapi bagaimana kalau baru 5 hari gajian sudah serasa tanggal tua? Cukup heran sih sebenarnya namun itu juga yang dialami oleh beberapa pekerja.

Cara Biar Setiap Hari Serasa Tanggal Muda oleh SegiEmpatMasalah terbesar sebenarnya ada pada kesalahan dalam mengolah keuangan. Nah, supaya Anda tidak mengalami itu, atau agar Anda bisa merasa tanggal muda terus setiap hari saya punya beberapa masukan untuk Anda. Apa saja cara biar setiap hari serasa tanggal muda?

Hitung Total Utang

Saya jadi ingat dengan istilah seorang teman saat berbicara mengenai jumlah pendapatan. Awalnya dengan bangga dia menyebut kalau total pendapatannya setiap bulan sampai 7 koma. Cukup senang saya mendengarnya, tapi pada akhirnya saya tertawa karena dia menjelaskan kalau pendapatannya bukan 7 juta lebih tapi 7 hari setelah gajian sudah “koma”.

Akhirnya dia mau berbicara panjang lebar alias curhat, dan mengaku kalau masalah utamanya ada pada tagihan kredit. Kebiasaannya dia jarang mengetahui seberapa banyak utang kreditnya dan selalu membeli barang-barang yang sebenarnya tidak penting. Nah, agar tidak kejadian sama Anda, ada baiknya Anda mengetahui berapa total utang Anda. Hal ini merupakan salah satu cara licik untuk bisa menekan kemauan belanja Anda. Kecuali Anda mungkin memang lebih suka memaksakannya.

Cari Tahu Berapa Banyak Pengeluaran

Setelah Anda tahu berapa banyak utang Anda, maka sekarang waktunya untuk mengenal seberapa banyak pengeluaran. Pengeluaran tiap bulan tentu bukan hanya pada cicilan atau kredit Anda. Tapi ada biaya-biaya lain mulai biaya makan, biaya transportasi, listrik, sewa kost dan lain sebagainya. Nah, kenali semua itu dan hitung seberapa banyak biaya yang Anda keluarkan.

Susun Anggaran

Selanjutnya Anda harus bisa mencatat semua pengeluaran dan mulai menyusun anggaran. Dalam prosesnya Anda wajib membedakan mana yang harus Anda prioritaskan dan mana yang harus Anda nomor dua kan.

Kebutuhan Anda tidak boleh jadi prioritas, karena hal tersebut justru akan membuat Anda semakin menumpuk utang. Tapi jadikanlah utang Anda sebagai prioritas, setelah itu baru kebutuhan bulanan Anda.

Evaluasi

Ada kalanya tiga cara di atas masih belum cukup untuk membuat Anda serasa tanggal muda setiap hari. Pada dasarnya memang Anda harus mengevaluasi kembali karena bukan tidak mungkin pada prosesnya masih ada hal yang Anda lupakan. Entah itu utang yang belum tercatat atau pengeluaran yang tidak perlu. Nah, untuk itu Anda butuh evaluasi kembali sampai akhirnya saldo rekening Anda tetap positif di tanggal tua.

Nah, mudah kan? Selama Anda mau semua bisa Anda lakukan, kecuali Anda memang lebih suka 7 koma hehehe.

LEAVE A REPLY