Tidak dapat dipungkir, sekarang ini materi sudah menjadi salah satu kebutuhan utama. Bahkan tidak jarang banyak orang yang beranggapan kalau uang adalah hal paling penting dalam hidupnya.

Cara Ampuh Supaya Tabungan Makin Bertambah oleh SegiEmpatSayangnya melihat realita yang terjadi kebanyakan orang justru tidak mampu menggapainya. Bahkan kalau diperhatikan kebanyakan masyarakat kita justru menumpuk hutang, bukan lagi “gali lubang tutup lubang”. Padahal sekarang ini salah satu cara paling mudah dan paling ampuh untuk punya banyak uang adalah menabung. Tapi bukannya isi tabungan malah bertambah, melainkan tagihan kartu kredit yang bertambah.

Anda pastinya tidak ingin berada dalam situasi seperti itu bukan? Apalagi harus dikejar-kejar tagihan. Ingin isi tabungan Anda terus bertambah? Nah, ini 4 cara ampuh supaya tabungan makin bertambah bukannya malah makin berkurang.

Perhatikan Bahan Belanja Anda

Belanja sudah seperti ibarat ritual yang dilakukan setiap bulannya, atau mungkin setiap minggu demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sayangnya salah satu penyakit masyarakat kita adalah menjadikan momen belanja sebagai momen untuk memanjakan diri.

Dalam artian belanja lebih sering digunakan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak perlu. Jika Anda sering melakukan ini maka jangan heran kalau isi tabungan Anda justru makin berkurang bukannya bertambah. Beli barang seperlunya dan kalau perlu cari barang alternatif yang lebih murah dan fungsinya sama.

Lakukan Evaluasi Kebutuhan Internet Anda

Sekarang ini kebutuhan internet sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Sayangnya hal ini adalah celah yang bisa menguras dompet dan isi tabungan Anda. Untuk itu sebelum Anda menggunakannya di rumah sebaiknya evaluasi lebih dulu, apakah Anda benar-benar membutuhkannya di rumah Anda atau Anda hanya perlu layanan itu di ponsel pribadi Anda.

Berpikir Berkali-Kali saat Ingin Membeli Barang Elektronik Terbaru

Hal ini juga menjadi salah satu penyakit masyarakat kita, entah karena tren atau tidak mau kalah banyak orang yang ramai-ramai menghabiskan tabungannya untuk membeli barang elektronik keluaran terbaru. Padahal sebenarnya harga barang tersebut 5 kali lebih mahal dari pendapatannya.

Kalau memang Anda tidak membutuhkannya maka sebaiknya Anda tidak perlu membelinya. Kalaupun terpaksa Anda bisa lebih dulu melakukan survei dengan membandingkan harga di beberapa tempat sebelum membelinya.

Manfaatkan Layanan Member

Sekarang ini sudah banyak toko yang menyediakan layanan member untuk para konsumennya. Nah, layanan ini bisa Anda manfaatkan menjadi cara ampuh untuk berhemat supaya tabungan Anda bertambah. Manfaatkan harga khusus atau harga promo untuk member saat Anda berbelanja. Tapi pastikan Anda membeli sesuai kebutuhan karena percuma kalau Anda memanfaatkan layanan member seperti itu kalau Anda membeli lusinan barang. Bukannya berhemat Anda justru jadi menguras tabungan sendiri.

Sebenarnya cara paling ampuh itu ada di dalam diri Anda, selama Anda bisa mengendalikan diri dan berhenti mencari-cari pembenaran maka pastinya Anda bisa berhemat dan tabungan Anda pun makin bertambah bukan sebaliknya.

LEAVE A REPLY