Karena tuntutan hidup rumah dan mobil sekarang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi banyak orang. Bahkan bagi beberapa orang membeli rumah dan mobil adalah lambang kesuksesannya. Tapi nyatanya tentu tidak semua orang bisa melakukannya, apalagi untuk Anda yang sekarang ini masih bergaji 4 jutaan.

Beli Rumah dan Mobil Tapi Gaji Cuma 4 Jutaan oleh SegiEmpatMemang dengan gaji 4 juta Anda bisa lebih bernapas lega, hanya saja jika Anda memaksakan diri untuk membeli mobil dan rumah apalagi tanpa pengaturan keuangan yang tepat kemungkinan Anda justru akan hidup dengan tercekik. Belum lagi dengan tagihan kartu kredit.

Ya, tanpa langkah yang tepat membeli mobil dan rumah hanyalah tinggal angan-angan semata. Nah, untuk itu saya punya beberapa cara mengatur keuangan agar Anda bisa membeli mobil dan rumah dalam waktu 5 tahun.

Alokasikan Uang Makan dengan Nominal yang Tepat

Sebenarnya 4 juta adalah nominal yang cukup besar, tapi umumnya semakin besar nominalnya maka semakin besar pula kebutuhan. Hal ini ibarat lingkaran setan, dimana Anda akan semakin terjebak di dalamnya jika sejak awal Anda tidak mengelola keuangan dengan baik dan bijak.

Nah, untuk itu Anda harus memisahkan mana kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder. Tentu dalam hal ini adalah uang makan ataupun uang operasional. Anda wajib mengalokasikan anggaran dengan tepat agar tidak berlebihan. Saran saya, jika Anda memang mampu cukup alokasikan 800 ribu setiap bulannya. Nominal yang kecil memang tapi dengan pengaturan yang tepat Anda bisa menjalaninya dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengurangi kebiasaan makan di luar.

Pulsa Cukup 185 Ribu

Salah satu pos pengeluaran yang sebenarnya cukup mencekik tapi jarang disadari banyak orang adalah uang pulsa. Sebagai makhluk sosial tentu Anda tidak mau ketinggalan untuk terus update di sosial media bukan? Sayangnya, kebiasaan ini juga sering menjebak Anda apalagi kalau Anda sudah ketagihan. Nah, untuk itu sejak awal batasi pos anggaran pulsa. Saya sarankan maksimal pulsa Anda setiap bulannya hanya 185 ribu. Kalau Anda bisa berhemat jumlah itu sudah lebih dari cukup.

Investasikan 30 Persen Gaji

Kunci utama agar Anda bisa membeli mobil dan rumah adalah dengan menabung. Jumlah ideal untuk Anda sisihkan adalah 30 persen dari gaji Anda. Dengan gaji 4 juta 30 persen berarti 1,2 juta setiap bulannya.

Sisihkan 1 Juta Setiap Bulannya

Selain menabung Anda juga bisa menjalani investasi jangka panjang yang umumnya menawarkan keuntungan yang cukup besar. Ini bisa Anda manfaatkan sebagai modal membeli rumah dan mobil. Karena itu Anda bisa menyisihkan uang setidaknya 1 juta setiap bulannya sebagai investasi.

Sisihkan 500 Ribu untuk Biaya Tidak Terduga

Pos anggaran ini termasuk pos yang paling sering dilupakan, padahal jika Anda ingin membeli rumah atau mungkin mendapatkan biaya nikah dalam jangka waktu tertentu pos ini harus selalu ada. Anda dan setiap orang pastinya tidak bisa tahu apa yang terjadi besok, minggu depan, bulan depan atau tahun depan. Karena itu penting agar Anda bisa menyiapkan pos anggaran biaya tidak terduga. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari biaya-biaya dadakan yang cukup menelan banyak biaya. Kalau memang tidak terpakai kan bisa jadi uang liburan, iya kan?

Dengan kalkulasi di atas Anda sebenarnya masih punya sekitar 300 ribu lebih yang cukup untuk mentraktir teman Anda.

LEAVE A REPLY