Home » Tips & Cara » Umum » Cara & Strategi Jitu Bermain Catur

Cara & Strategi Jitu Bermain Catur


Cara & Strategi Jitu Bermain CaturCatur merupakan permainan yang mengasah otak yang sudah ada sejak zaman romawi. Bentuknya yang sederhana tidak mengurangi kompleksitas dalam mengatur strategi dan cara untuk memainkannya. Bermain catur sama halnya sedang memimpin sebuah peperangan, langkah taktis yang efektif dan efisien sangat diperlukan, kesalahan kecil saja dapat merugikan seluruh sektor yang ada. Selain itu mental pemain juga sangat berpengaruh layaknya kondisi psikologis tentara pada saat peperangan. Strategi bermain catur adalah juga belajar mengenali langkah lawan. Tidak memberikan sekak terlalu cepat biasanya dilakukan untuk mempelajari dahulu pergerakan bidak lawan. Karena itulah sebisa mungkin jangan menghalangi jalan gajah dengan pion agar gajah bisa bergerak dengan lebih leluasa. Dan untuk mencoba merusak konsentrasi lawan, maka melakukan gerakan cepat adalah senjata yang bisa anda mainkan.

Mengikat jalan lawan adalah kunci keberhasilan seorang pemain catur yang baik. Dengan begitu ia tidak bisa menjalankan strategi yang sedang ia kembangkan. Kemampuan berpikir yang sering membingungkan lawan ini bisa anda ciptakan lewat variasi langkah yang mematikan Berikut akan kami paparkan beberapa cara bermain catur.

1. Pemetaan

Sebelum melakukan pergerakan, ada baikya untuk melakukan mapping (pemetaaan). Tentukan di mana wilayah yang akan diserang oleh prajurit biasa, di mana pion kuda harus mengecoh lawan, di mana benteng harus menjaga raja, dan kapan perdana menteri harus memberikan tekanan-tekanan. Semua hal ini berfungsi untuk menjaga keteraturan dalam bermain.

2. Penyergapan

Sebelum menembus pertahanan terakhir, usahakan untuk melakukan penyergapan kecil-kecilan pada prajurit lawan. Meskipun sulit, namun ini penting guna memberikan perlawanan yang tidak disangka-sangka.

3. Persempit Pergerakan Lawan

Lawan yang leluasa sangat berbahaya bagi pertahanan Anda. Perhatikan setiap gerak-gerik lawan, perkirakan arahnya dan lakukan pemtongan strategi. Anda hanya bisa menang jika Anda mengenal diri dan lawan Anda.

4. Lindungi Raja

Benteng adalah pilihan terbaik dalam tugas ini. Kemampuan benteng yang multifungsi dapat melindungi raja dari luar, dan celah dari dalam ditutupi dengan kemampuan raja. Kombinasi ini merupakan pertahanan kuat dalam permainan.

5. Kembangkan Strategi

Dalam bermain strategi yang dipakai haruslah kompleks dan tidak dapat dibaca oleh lawan, namun jika lawan pada akhirnya dapat membaca strategi Anda dengan memotong pergerakan Anda, cepat ganti atau kembangkan strategi tersebut ke arah yang tidak terpikirkan oleh Anda sekalipun. Hal ini akan membingungkan lawan.

6. Ekspresif

Kondisi mental juga mempengaruhi model permainan Anda. Berekspresilah seolah-olah Anda adalah pemain profesional, sehingga lawan akan merasa kecil dan terbebani dengan ekspresi tersebut. Perang tidak hanya berbicara pertentangan fisik belaka, namun juga pergulatan psikologis dan ideologi. Fakta membuktikan bahwa ketika Anda bermain dengan ekspresi yang sangat profesional, maka peluang menang Anda meningkat sebesar 85%.

Selamat Bermain!

Tentang Hartono Tasir Irwanto

Berikan Komentar Anda: