Home » Tips & Cara » Umum » Cara Mudah Bermain Bulutangkis

Cara Mudah Bermain Bulutangkis


Cara Mudah Bermain Bulutangkis Anda mungkin salah seorang yang ingin belajar dan tahu bagaimana cara bermain bulutangkis. Bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga yang sangat di minati di Indonesia. Bahkan olahraga ini menjadi olahraga andalan Indonesia dalam kejuaraan tingkat Internasional. Berbagai prestasi telah terukir dalam sejarah, pada tahun 1976 misalnya pada kejuaraan All England legendaIndonesia Liem Swie King memenangkan turnamen. Tahun 1992 di barcelona Susi susanti dan Alan Budi Kusuma merebut medali emas oliempiade. Sekian diantara banyaknya legenda yang lahir sampai taufik hidayat mungkin salah satu diantara mereka adalah inspirasi Anda. Untuk menjadi pemain bulutangkis profesional seperti mereka tidaklah dicapai dengan cara yang instan. Latihan keras adalah syarat agar bisa menjadi seorang yang handal memainkan bulutangkis. Tetapi kalau misalnya Anda sebagai seorang pemula, tidak perlu khawatir kali ini kita akan membahas trik-trik dasar bermain bulutangkis yaitu bagaimana memegang raket yang benar. Cara memegang raket sangat berpengaruh terhadap kualitas permainan Anda. Berikut ini tips-tips bagaiamana cara memegang raket yang benar:

1. Raket forehand

Memegang raket dengan posisi forehand adalah salah satu teknik dasar bermain bulutangkis. Cara memegang raket ini hampir sama ketika Anda menjabat tangan seseorang. Jari tengah, jari manis, dan kelingking ada pada posisi menggenngam raket, sedang jari telunjuk diletakkan pada posisi sedikit terpisah. Ibu jari diletakkan diantara tiga jari dan telunjuk. Pegangan raket yang benar ini akan sangat mempengaruhi efektifitas permainan Anda. Bagaimana cara memanfaatkan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok, puukulan Anda dapat meningkatkan mutu pukulan dan mempercepat laju kok.

2. Raket Backhand

Untuk bisa melakukan pukuklan dengan posisi backhand, cukup dengan menggeser posisi tangan lebih ke dalam. Sehingga posisi tangan Anda bia tepat berada pada samping raket anda. Dan jempol berada pada pegangan raket yang lebar. Jenis pegangan ini adalah salah satu teknik dasar dalam bermain bulutangkis. Anda bisa menggunakan pegangan dengan teknik “Raket backhand”. Dengan modal teknik dasar ini Anda bisa mencobanya, kalau misalnya Anda merasa nyaman maka ini akan sangat berpengaruh terhadap permainan Anda.

3. Pegangan Bergantian

Apabila teknik cara memegang raket sudah salah sejak awal maka Anda akan sulit untuk meningkatkan kualitas permainan. Sebab salah satu syarat untu bisa jago bermain buluitangkis adalah cara memegang raket denga benar yang bisa membuat Anda pada posisi nyaman. Pegangan raket yang benar adalah dasar untuk mengemabngkan danm meningkatkan beragam jenis pukulan dalam permainan bulutangkis. Sekarang kalau Anda misalnya sudah tahu bagaimana cara memegang raket dengan posisi forehand maupun backhand, cobalah untuk menkombinasikan ke dua cara tersebut. Kalau Anda sudah terampil maka akan terlihat raket hanya berada pada posisi satu grip. Ini terjadi karena pergeseran posisi tangan dari forehand ke backhand dan sebaliknya hanya sedikit dan terjadi secara otomatis.

Selamat bermain!

Tentang Hartono Tasir Irwanto

Berikan Komentar Anda: