Home » Tips & Cara » Umum » Cara dan Teknik Dasar Bermain Bola

Cara dan Teknik Dasar Bermain Bola


Cara dan teknik dasar bermain bolaTidak bisa dipungkiri bahwa olahraga yang paling populer adalah permainan sepakbola. Mulai dari anak-anak, remaja sampai dewasa menyukai olahraga ini. Saking populernya FIFA (Induk Organisasi Sepakbola Dunia) membuat satu kompetisi khusus untuk perempuan, Piala dunia perempauan salah satunya, sebab perempuan juga menyukai olahraga ini. Olahraga yang sekilas tampak menguras tenaga yang banyak. Padahal untuk pemula yang perlu dipelajari adalah teknik-teknik dasar yang tidak perlu menguras energi yang banyak. Cukup tahu berapa teknik-teknik dasar dalam permainan sepakbola seseorang akan bisa memulai permainan ini. Dalam permainan beregu ini satu-satunya yang diizinkan menyentuh bola memakai tangan adalah kiper, kecuali kalau lemparan ke dalam semua pemain bisa melempar. Semua standar aturan itu diatur oleh Induk organisasi sepakbola dunia. Adapun teknik-teknik dasar yang bisa dipelajari dalam permainan sepakbola adalah sebagai berikut:

1. Teknik Dasar dalam menendang bola

Karena olahraga ini menggunakan kaki sebagai alat utama maka karateristik atau ciri utama dari permainan sepakbola adalah menendang. Namun terkadang untuk pemula menemukan kendala bagaimana teknik menendang bola dengan bagus. Teknik menendang bola yang bagus akan menciptakan permainan yang berkualitas, Mulai dari menendang untuk umpan pendek, ataupun umpan jauh atau bola lambung sampai menendang boal ke gawang. Menelisik cara tau teknik dasar menendang boal maka akan dibagi berapa macam, mulai dari menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, menendang boal dengan menggunakan kaki bagian luar, sampai menendang dengan punggung kaki. Contoh menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam, Badan menghadap ke depan di mana posisi bola berada, kaki menumpu dengan jarak kurang lebih 15 cm disamping bola, saat menendang lutut sedikit ditekuk, kaki ditarik ke belakang, kemudian kaki diayunkan ke arah bola. Lakukan secara berulang-ulang..

2. Teknik dasar mengontrol bola

Salah satu hal yang juga penting dipelajari adalah teknik mengontrol bola. Penggunaan trik ini sangat penting, kontrol bola yang bagus membantu kualitas permainan. Kontrol bagus bertujuan untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju bola, memudahan passing. Analisis gerakannya beragam sebab mengontrol bola bisa dengan menggunakan kaki, paha, dada, dan kepala jika memungkinkan. Salah satu contohnya ketika mengontrol bola dengan menggunakan dada, ketika menerima umpan lambung lihatlah dengan jitu arah bola, perhitungkan kecepatan bola, kemudian badan sedikit dimiringkan dengan menekuk lutut. Ketika bola sampai di dada tarik sedikit badan atau meluruskan badan tergantung di mana Anda mau menempatkan bola.

3. Teknik dasar menggiring bola
Eden hazard adalah salah satu pemain sepakbola dunia dengan teknik menggiring bola atau drible yang mumpuni. Menggiring bola dengan bagus bisa untuk mengecoh lawan, mendekati jarak sasaran, ataupun melewati lawan dengan mudah jika dilengkapi dengan kecepatan yang tinggi. Untuk drible boal yang bagus biasanya tergantung kebiasaan Anda, ada yang menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam ada juga yang menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar. Tetapi untuk triknya sebenarnya sederhana, akalu misalnya Anda menggiring bola sambil berlari cepat maka yang pas untuk digunakan adalah kaki bagian luar, kalau posisi lari-lari kecil maka akan lebih mudah kalau menggunakan kaki bagian dalam.

Selamat bermain bola!

Tentang Hartono Tasir Irwanto

Berikan Komentar Anda: