Home » Tips & Cara » Umum » 6 Cara Sederhana Merawat Motor

6 Cara Sederhana Merawat Motor


6 Cara Sederhana Merawat MotorSalah satu penemuan terpenting umat manusia adalah roda. Dari rodalah, tercipta sebuah kereta, sepeda, gerobak, motor, mobil hingga pesawat. Bayangkan jika roda tidak ditemukan. Anda pasti masih berkendara dengan naga, elang atau paling tidak kuda. Orang-orang akan bepergian menggunakan hewan tersebut. Parkirnya bagaimana, kawan? Untungnya roda ditemukan. Kali ini kita akan membahas khusus tentang kendaraan bermotor roda dua yang disebut motor. Menjengkelkan memang, jika Anda sedang buru-buru namun motor Anda tidak dapat diajak kerjasama atau dengan kata lain mogok. Salah Anda sendiri. Motor Anda mogok karena tidak Anda rawat dengan baik. Berikut kami paparkan, cara sederhana merawat motor;

1. Panaskan Mesin Motor Sebelum Bepergian

Sebelum Anda bepergian dengan motor Anda banyak baiknya jika Anda memanaskan mesinnya barang 1 samapi 5 menit. Waktu pagi hari yang dingin adalah momen yang tepat sembari Anda mengelap motor Anda tersebut. Ini berfungsi untuk memanaskan mesin motor Anda yang kedinginan itu.

2. Jangan Ugal-ugalan dan Mempermainkan Selongsongan Gas

Ugal-ugalan hanya dilakukan oleh anak ingusan. Hal itu tidak akan membuat Anda kemana-mana atau membuat Anda terlihat sebagai atlet balap professional. Kalau berani, ikut lomba balap professional. Ada 3 kerugian yang Anda dapati; Pertama membahayakan status sosial dan nyawa Anda. Kedua, membuat khawatir keluarga Anda yang menanti di rumah. Dan terakhir akan mempercepat kerusakan kinerja motor Anda.

3. Ganti Oli secara Berkala

Oli pada mesin motor bagaikan darah bagi manusia. Apa yang terjadi jika manusia kekurangan darah atau mengidap penyakit darah kotor? Perhatikan kondisi atau ketersediaan oli motor Anda. Ganti oli secara berkala. Selebihnya, lihatlah pada buku petunjuk dan garansi motor Anda.

4. Perhatikan Kondisi Busi dan Aki

Komponen lain yang tak kalah pentingnya dari oli adalah busi, vent belt, roller dan aki. Perhatikan kondisi komponen ini. Gantilah jika sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya atau sudah tak layak pakai lagi. Gantilah dengan komponen asli bawaan pabrik. Untuk langkah ketiga dan keempat ini sebaiknya Anda tanyakan pada petugas bengkel atau teman Anda yang mengerti banyak tentang otomotif.

5. Perhatikan Tangki Bensin

Perhatikan tangki bensin Anda. Karena jika kosong selain dapat merusak motor, itu juga merusak perasaan dan tenaga Anda karena harus mendorong motor yang kehabisan bensin. Kata ayah saya, tangki bensin yang sering kosong lama-kelamaan akan berkarat. Satu lagi, isilah bensin pada waktu malam atau subuh hari. Selain tidak harus menunggu antrian panjang, itu juga berguna agar bensin Anda tidak cepat habis. Kondisi malam atau subuh yang dingin tidak akan membuat bensin Anda menguap.

6. Bersihkan Motor Anda

Anda dan kendaraan Anda terhitung sebagai satu paket. Anda tidak bisa dikatakan pribadi yang bersih jika motor Anda tidak bersih. Cucilah motor Anda seminggu sekali pada waktu libur kerja. Mengelap motor sambil memanaskan mesinnya adalah opsi lain yang harus Anda lakukan jika bukan hari libur.
Selamat berkendara, semoga selamat sampai tujuan!

Tentang Hartono Tasir Irwanto

Berikan Komentar Anda: