Membuat website dengan berbasis platform WordPress memang cukup mudah, bagi yang mengetahuinya. Namun, bagian tersulitnya adalah setelah website tersebut telah selesai ingin diapakan lagi selanjutnya. Seorang webmaster pun pasti kebingungan ketika selesai membuat websitenya tersebut. Untuk arah dari website tentunya sudah diperhitungkan jauh-jauh hari sebelumnya sebelum pembuatan, misalnya saja website yang membahas teknologi atau mungkin asmara. Nah, agar Anda tidak bingung untuk memulai menjalankan sebuah website berbasis WordPress yang baru selesai dibuat, maka yang Anda perlukan adalah sebuah panduan yang benar untuk mengawalinya. Panduan tersebut adalah sebagai berikut ini.

Terapkan Tema yang Anda Inginkan

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Situs WordPress 1 oleh tekno segiempatTema standar yang diberikan oleh WordPress tentunya tidak cukup memuaskan. Walaupun tema tersebut sesuai dengan standarisasi website yang cukup baik di mata mesin pencari. Namun, tampilannya itu loh yang kurang enak dipandang oleh mata manusia. Untuk itu, Anda sebaiknya menyediakan tema khusus untuk situs Anda tersebut. Pastikan tema yang Anda gunakan tersebut, tidak hanya bagus untuk dipandang oleh mata, tetapi bagus juga dipandang oleh mesin pencari. Bagaimana ciri-ciri tema website yang baik dipandang oleh mesin pencari? Pastikan tema atau desain website responsive yang artinya bisa support untuk semua perangkat yang membukanya. Apa itu responsive untuk website? Silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “Kenapa website harus responsive”. Jika, Anda kesulitan mengenai tema yang responsive maka Anda bisa menggunakan jasa pembuatan tema website WordPress yang professional yang banyak bertebaran di internet. Tapi, sebagai saran sebaiknya Anda gunakan jasa LethoyCorp.com saja, yang juga sebagai pembuat website dari SegiEmpat.com ini.

Pasang Plugin Andalan Anda

Situs atau website berbasis platform WordPress memang memiliki banyak fitur menarik yang mempermudah para penggunanya seperti misalnya plugin. Plugin pada website berbasis WordPress bisa juga dikatakan sebagai aplikasi web. Plugin sangat bermanfaat dalam mendukung kinerja dari situs WordPress Anda. Misalnya saja mempercepat loading situs, melakukan sinkronisasi dengan sosial media secara otomatis, membantu dalam kebutuhan Search Engine Optimization (SEO) sehingga situs Anda memiliki banyak pengunjung. Dan, masih banyak lagi fungsi lainnya yang jika Saya jelaskan bisa memakan waktu bertahun. Karena, memang setiap plugin tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Situs WordPress 2 oleh tekno segiempatSaya memiliki saran yang baik dala memilih plugin untuk Anda yang baru saja menginstal situs WordPress pada hosting Anda. Pilihan plugin ini sudah bisa hampir mewakili semua plugin lainnya. Sehinnga, Anda tidak banyak menginstal plugin lagi.

  • [checklist]JetPack[/checklist]

Plugin ini merupakan plugin bawaan dari WordPress yang Anda install pada hosting. Plugin ini memiliki banyak fitur yang bisa mewakili puluhan plugin lainnya. Misalnya saja, untuk melihat jumlah pengunjung dengan fitur site stats, menghubungkan dengan sosial media, otomatis posting link pada sosial media, menampilkan tombol share pada setiap artikel, mempercepat loading blog dengan fitur Photon yang bekerja mereduce penggunaan gambar, serta masih banyak lagi.

  • [checklist]Akismet[/checklist]

Plugin ini juga sangat berguna yang harus Anda install setelah menginstal situs berbasis WordPress. Plugin ini memiliki fungsi sebagai filter terhadap komentar-komentar spam. Cara kerjanya pun cukup efektif dalam menangani komentar spam tersebut.

  • [checklist]Seo by Yoast / All in one SEO pack[/checklist]

Plugin ini adalah plugin terbaik dalam membantu SEO on Page pada situs Anda. Di dalam plugin ini bisa membantu Anda dalam memperbaiki meta deskripsi dari situs Anda, serta beberapa fungsi lainnya.

SEO On Page

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Situs WordPress 3 oleh tekno segiempatTeknik SEO yang baik memang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup sebuah website. SEO yang baik ini bisa membuat website Anda banjir akan pengunjung. Apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan SEO On Page? Simak di bawah ini:

  • [checklist]Meta desc[/checklist]

Dalam SEO yang penting diperhatikan pula adalah Meta Desc (Meta deskripsi) agar mesin pencari lebih mudah mengetahui dan juga mengcrawl situs Anda. Karena, meta deskripsi ini memang bisa dikatakan juga biodata dari situs Anda, yang memperkenalkan setiap bagian-bagian dari konten yang ada di situs Anda.

  • [checklist]Mantapkan permalink[/checklist]

Cara membuat permalink yang baik bisa Anda baca pada artikel kami sebelumnya yang berjudul “Cara setting permalink situs WordPress”.

  • [checklist]Daftarkan situs pada mesin pencari[/checklist]

Ada banyak sekali mesin pencari tempat untuk mendaftarkan situs Anda. Namun, untuk yang wajibnya hanya ada 3 raksasa mesin pencari yaitu Google, Yahoo, dan Bing. Silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “cara daftarkan situs ke mesin pencari Google

  • [checklist]Buat sitemap[/checklist]

Nah, untuk membuat sitemap ini, pemilihan tema juga sangat penting. Karena, pada sebuah tema biasanya sudah mengincludeka sebuah halaman untuk membuat sitemap tersebut. Tapi, jika Anda tidak ingin pusing untuk membuat sitemap ini maka Anda bisa menggunakan plugin yaitu All In One SEO Pack. Plugin ini akan membantu Anda dalam membuat serta mensubmit sitemap di mesin pencari. Sitemap ini berisi daftar isi dari konten situs Anda, sehingga mesin pencari mengenali setiap konten dalam situs Anda, dan mempermudah dalam proses indeks.

Menulis Artikel

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Situs WordPress 4 oleh tekno segiempatLangkah selanjutnya yang harus Anda lakukan jika website baru Anda yang berbasis WordPress telah selesai dibuat dan optimasi seperti langkah-langkah di atas, maka mulailah menulis artikel. Di antara semua tahap di atas, tahap inilah yang paling menentukan masa depan dari situs Anda. Artikel yang baik dan menarik untuk dibaca, maka Anda tidak perlu untuk melanjutkan pada langkah di bawah lagi yaitu mencari pengujung. Artikel yang unik dan menarik ini akan menarik sendiri pengunjung untuk membacanya. Ini akan membuat pengunjung Anda untuk selalu kembali melihat update artikel apa lagi yang menarik untuk dibaca. Dengan artikel yang menarik ini pula pengujung Anda akan membantu dalam mencari pengunjung lainnya jika dia memiliki kesadaran untuk membagikan artikel Anda yang menarik dan unik tersebut. Belum lagi jika artikel tersebut memang berhubungan dengan kehidupan yang dialami oleh pengunjung Anda. Anda bisa menyewa jasa penulis jika memang Anda menganggap tulisan Anda sendiri kurang cukup menarik untuk dibaca.

Cari Pengunjung

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Situs WordPress 5 oleh tekno segiempatUntuk pekerjaan yang satu ini memang membutuhkan beberapa trik khusus bagaimana agar situs Anda memiliki banyak pengunjung. Trik dan tips khusus untuk memperbanyak pengunjung situs ini sebenarnya adalah gabungan dari semua point-point yang ada di dalam artikel ini. Ada juga tambahan lain seperti di bawah ini :

  • [checklist]Manfaatkan sosial media[/checklist]

Gunakan sosial media untuk membagikan artikel Anda, sehingga teman-teman Anda bisa mengunjungi situs Anda. Jika meraka menganggap artikel tersebut bermanfaat maka tidak menutup kemungkinan teman-teman yang membaca akan membagikan artikel tersebut. Pastikan pula sosial meta pada situs Anda bekerja dengan baik.

  • [checklist]Pasang iklan[/checklist]

Jika situs Anda tersebut merupakan situs untuk penjualan, maka tentunya konten yang ada di dalamnya tidak cukup mampu dalam mendongkrak SEO Anda. Untuk itu menggunakan jasa iklan bisa juga Anda lakukan dalam mendatangkan dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang tepat. Hanya saja, beriklan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikti loh.

Bersabar

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Situs WordPress 6 oleh tekno segiempatLangkah terakhir dan juga penutup adalah bersabar. Tidak ada yang instan di dunia kecuali mi goren instan yang dicampur dengan telur mata sapi. Memiliki sebuah website yang masih berumur harian tentunya tidak akan langsung menjadi website yang viral dengan ratusa hingga ribuan pengunjung perhari. Anda harus selalu rajin dalam mengecek semua langkah dari point pertama hingga point terakhir. Lakukan perubahan jika perlu pada setiap point, jika dirasa perlu.

Anda bisa menerapkan panduan tersebut pada setiap situs atau blog yang Anda buat. Dan, yang terpenting adalah arah dari situs Anda tersebut.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY