Indeks mesin pencari merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan pertama kali setelah Anda membuat sebuah website. Pada beberapa kasus seorang webmaster bahkan tidak tahu akan hal tersebut, sehingga website yang dibuatnya pun tidak terindeks oleh mesin pencari. Jangan sampai Anda sudah menuliskan ratusan konten, namun tidak ada satu konten pun terindeks pada mesin pencari. Namun, ada juga beberapa kendala lain yang biasa dialami jika semua pengaturan website sudah benar namun proses indeks dari mesin pencari lambat. Untuk mengecek indeks dari situs Anda cukup mudah, yaitu ketikkan saja site:namadomain.com pada mesin pencari (Google, Yahoo, dan Bing).

Tapi, indeks website yang baik pada mesin pencari itu bisa Anda cek selama 24 jam terakhir. Jika artikel 24 jam terakhir yang Anda tulis belum muncul pada mesin pencari ini berarti situs Anda termasuk dalam lambat proses indeks. Nah, artikel berikut ini akan membahas tentang cara mempercepat proses indeks artikel pada mesin pencari tersebut. Caranya bisa Anda lihat di bawah ini.

Optimasi SEO On Page Website Anda

4 Cara Mudah Agar Artikel Cepat Terindeks Google 1 oleh tekno segiempatSearch Engine Optimization (SEO) adalah salah satu hal yang paling penting harus dilakukan saat Anda memiliki situs atau website baru. Dengan SEO ini maka website Anda memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan pengunjung. Selain itu, website Anda juga akan terlihat bagus di mata mesin pencari sehingga bisa mempercepat dalam proses indeks. Nah, pertanyaannya adalah bagaimana melakukan SEO On Page ini? Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan SEO On Page pada website antara lain :

  • Memperbaiki meta deskripsi pada website Anda. Meta deskripsi penting pada sebu situs agar mempermudah mesin pencari mengenali situs Anda.
  • URL permalink yang baik dan dilengkapi dengan pemasangan breadcrumb. Permalink atau url yang baik untuk situs bisa mempermudah Anda dalam proses indeks. Usahakan pada url artikel yang Anda buat ada juga kata kunci. Silahkan Anda artikel yang berjudul “Cara setting permalink yang SEO” pada artikel sebelumnya. Breadcrumb merupakan teknik untuk mempermudah dalam mengkoordinasikan lokasi artikel di situs Anda, agar mesin pencari lebih mudah untuk merayapi setiap artikel di situs Anda. Buat Anda pengguna situs WordPress kini telah ada SEO by Yoast yang mempermudah Anda dalam memasang breadcrumb sehingga bisa terindeks baik di mesin pencari seperti Google.
  • Buat link-link pada setiap kata kunci yang ada di dalam artikel yang mengarah ke halaman utama situs Anda, dan juga artikel itu sendiri.

Daftarkan Website ke Mesin Pencari Google, Yahoo, atau Bing

4 Cara Mudah Agar Artikel Cepat Terindeks Google 2 oleh tekno segiempatAda banyak sekali mesin pencari yang bermunculan sejak kemunculan Google. Namun, tahukah Anda kalau Yahoo, dan juga Bing termasuk mesin pencari, yang bahkan lebih dulu hadir dibandingkan Google. Para webmaster pasti mengenal semua mesin pencari tersebut, dan ini sudah menjadi kewajiban untuk mendaftarkan situs yang baru saja dibuat ke dalam mesin pencari tersebut. Dan, pada dasarnya hanya 3 mesin pencari itu saja yang memang wajib untuk mendaftarkan situs Anda. Sedangkan untuk mesin pencari lainnya, biasanya hanya mengambil API dari 3 mesin pencari tersebut. Nah, bagaimana cara mendaftarkan situs pada ketiga mesin pencari tersebut?

  • Mendaftarkan website ke mesin pencari Google dengan cara mengunjungi alamat https://www.google.com/webmasters/tools/. Tapi, pastikan Anda punya email Google (Gmail) dulu.
  • Mendaftarkan situs ke mesin pencari Yahoo dan Bing saat ini sudah menjadi satu alamat url saja yaitu http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url

Dengan mendaftarkan situs Anda ke mesin-mesin pencari raksasa tersebut, Anda tinggal menunggu 3 x 24 jam hingga indeks pertama Anda muncul pada halaman mesin pencari tersebut.

Manfaatkan Sosial Media

Siapa di jaman ini tidak mengenal sosial media? Sosial media yang cukup dikenal di masyarakat global adalah Facebook. Keberhasilan Facebook pun akhirnya bermunculan pula berbagai nama-nama sosial media lainnya seperti, Google+, Twitter, Instagram, Path, dan masih ada ratusan lagi. Sosial media tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membantu dalam proses indeks situs Anda. Anda cukup menghubungkan situs Anda ke setiap sosial media tersebut, dengan membuat halaman khusus untuk situs Anda. Agar setiap artikel yang telah diposting bisa langsung muncul juga pada halaman tersebut. Akan tetapi, biasanya artikel tersebut harus diposting secara manual juga pada setiap sosial media.4 Cara Mudah Agar Artikel Cepat Terindeks Google 3 oleh tekno segiempat

Tapi, jika Anda tidak ingin ribet saat ini sudah banyak tersedia plugin untuk mempermudah dalam melakukan posting ke halaman sosial media tersebut. Dan, salah satu yang terbaik adalah bawaan dari WordPress yang bernama JetPack. Di dalam plugin ini sudah tersedia banyak sosial media untuk mempermudah dalam menghubungkan artikel Anda dengan sosial media tersebut. Walaupun situs Anda terlambat terindeks oleh mesin pencari, tapi dengan sosial media ini tentunya artikel sudah bisa masuk pada mesin pencari, walaupun menggunakan link dari sosial media. Jangan lupa pula tambahkan plugin share pada setiap artikel Anda. Seperti yang ada pada bagian bawah dari artikel SegiEmpat.com. Selain mempercepat proses indeks, cara ini pula bisa mendatangkan pengunjung ke situs Anda. Artikel yang dishare oleh pengunjung tersebut bisa saja menjadi artikel trend atau viral di sosial media.

Submit URL Artikel

4 Cara Mudah Agar Artikel Cepat Terindeks Google 4 oleh tekno segiempatCara yang terakhir ini adalah cara yang paling ampuh dalam mempercepat proses indeks artikel di situs Anda. Bahkan, cara ini diklaim mampu mempercepat proses indeks hanya dalam hitungan kurang dari 1 menit saja. Kiblat para blogger atau webmaster untuk proses indeks dari mesin pencari ada Google. Nah, untuk itu Google pun menyediakan fitur mempercepat proses indeks ini, tapi dengan cara submit url postingan secara manual. Anda tidak perlu login ke akun Google Anda, untuk melakukan proses submit artikel untuk mempercepat indeks di mesin pencari ini. Cukup copy url postingan Anda, lalu paste pada kolom submit di alamat url google.com/addurl.

Nah, itulah cara paling mudah, ampuh, dan juga cepat agar artikel pada website Anda terindeks oleh mesin pencari. Tapi, jika Anda memiliki cara lain yang lebih efektif dan juga lebih cepat dari 4 cara di atas, jangan ragu untuk berbagi di sini ya. Gunakan kolom komentar atau mendaftar sebagai author pada halaman kontribusi pembaca SegiEmpat.com. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY