Daftar isi atau biasa disebut sebagai sitemap dalam istilah bloging memang cukup berguna untuk situs Anda. Ini bisa memberikan informasi kepada mesin pencari seperti Google untuk mengetahui semua aritkel pada situs Anda yang telah terpublikasi. Selain mesin pencari, para pembaca situs Anda pun akan lebih mudah untuk melihat keseluruhan artikel Anda dari pertama kali Anda menuliskan artikel hingga artikel terakhir yang terpublikasi. Nah, untuk Anda yang memiliki situs dengan platform CMS WordPress, maka artikel ini bisa membantu Anda untuk membuat halaman daftar isi tersebut dengan mudah.

Langkah-langkah membuat daftar isi pada halaman situs WordPress dengan plugin

– Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload plugin yang bernama WP-Archives. Plugin ini adalah plugin gratisan yang telah tersedia pada daftar plugin di WordPress. Anda bisa masuk pada menu Dashboard situs WordPress Anda, lalu pilih menu Plugin, dan klik pada opsi Add New, kemudian ketikkan nama WP-Archives.

– Klik plugin WP-Archives tersebut, lalu klik tombol install yang muncul pada pop halaman situs WordPress Anda.

– Proses penginstalan ini tergantung dari kecepatan internet Anda. Setelah selesai menginstal Anda langsung klik pada opi “Activate Plugin”, agar plugin tersebut aktif pada situs Anda.

Nah, itulah proses penginstalan plugin WP-Archives yang akan digunakan. Dan, untuk langkah selanjutnya adalah proses penggunaan plugin untuk membuat halaman daftar isi pada situs WordPress Anda. Untuk langkah-langkahnya bisa Anda lihat di bawah ini :

– Silahkan Anda kembali pada halaman Dashboard situs WordPress Anda, lalu silahkan klik pada Page (halaman), dan pilih Add New.

– Setelah terbuka halaman baru, silahkan Anda isi judul dari halaman tersebut misalnya, Daftar Isi atau Arsip atau Sitemap itu terserah dari Anda.

– Setelah itu Anda beralih lagi pada kolom post editor yang ada di bawah sebagai tempat untuk menulis atau mengisikan berita atau artikel. Pada kolom ini Anda harus mengubah pada mode HTML yang bisa Anda klik pada sudut kanan atas kolom post editor ini. Di dalam kolom post editor mode HTML tersebut, silahkan Anda isikan dengan kode seperti <!–wp_archives–>. Silahkan Anda lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Cara Mudah Membuat Daftar Isi di Situs WordPress Dengan Plugin 1 oleh tekno segiempat

– Jika, penulisannya sudah benar, langkah selanjutnya adalah langsung saja Anda publish halaman tersebut dengan mengklik tombol Publish pada bagian kanan jendela Post editor Anda.

Nah, silahkan Anda lihat halaman daftar isi yang telah Anda buat tadi pada situs WordPress Anda. Jika semua daftar artikel Anda telah muncul itu berarti Anda telah berhasil membuat daftar isi untuk situs WordPress Anda.

Dengan adanya daftar isi ini, tentunya para pembaca situs Anda akan lebih mudah untuk mencari artikel yang ingin dibacanya. Plugin ini juga akan mengelompokkan sesuai dengan tanggal dari artikel yang telah terpublikasi. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY