Duplikat konten pada sebuah situs akan mempengaruhi peringkat dari  situs tersebut. Duplikat konten di mata mesin pencari akan berada pada halaman pencari terakhir atau bisa saja terhapus. Walaupun Anda melakukan teknik SEO dengan kemampuan dewa, tapi jika konten Anda duplikat atau hasil copas maka hasilnya pun tidak akan baik. Nah, di bawah ini ada beberapa cara untuk Anda dengan mudah dalam menemukan artikel yang duplikat atau yang dicopas dari situs Anda.

Gunakan Copyscape

Cara Mudah Cek Duplikat Konten Dari Situs 1 oleh tekno segiempatYang pertama adalah Anda bisa menggunakan situs yang bernama Copyscape. Situs ini memang sudah cukup terkenal di para kalangan Blogger, apalagi untuk Blogger-Blogger yang  telah tua. Situs cukup efektif untuk menemukan artikel pada situs Anda yang terduplikasi. Hasilnya pun cukup memuaskan, karena hasil pencarian duplikat kontennya ini tidak hanya memunculkan situs luar saja, akan tetapi bisa juga digunakan untuk mengecek konten artikel yang duplikat di dalam situs Anda. Saat Anda membuka halaman utama dari situs Copyscape.com ini, Anda akan disajikan sebuah kolom pencarian. Anda cukup memasukkan url dari konten atau artikel yang ingin Anda cari duplikasinya.

Gunakan Pencarian Judul dan Paragraf

Cara ini adalah cara paling mudah, dan juga terbilang cukup efektif untuk digunakan dalam mencari artikel situs yang  diduplikasi atau dicopas. Anda bisa mencari artikel Anda yang telah dicopas atau diduplikasi dengan menggunakan mesin pencari Google. Sebuah situs atau blog yang telah online tentunya akan muncul pada halaman pencarian Google. Kemunculannya ini entah pada halaman pertama atau pada halaman 10, tapi yang pasti situs atau blog tersebut sudah memiliki index halaman tersendiri di Google. Setiap artikel yang telah diposting dan dipublikasikan di situs, tentunya akan terindex dan masuk pada halaman pencarian Google juga.

Nah, dengan hasil index dari mesin pencari Google, ini tentunya Anda bisa dengan mudah menemukan artikel yang telah diduplikasi (copas) tersebut. Anda cukup memasukkan judul dari salah satu artikel Anda. Dan, jika situs yang menduplikasi artikel Anda 100% maka pasti judulnya pun akan sama dan akan muncul pada halaman pencarian Google. Jika, Anda ingin lebih efektif lagi, maka Anda bisa mencari satu paragraf utuh pada artikel tersebut. Karena, biasanya para tukang copas ini hanya merubah judul saja, dan tidak merubah isi dari artikel tersebut. Jadi, jika Anda mengcopy satu paragraf kemudian paste pada kolom pencarian Google maka, hasilnya pasti akan lebih relevan lagi. Dan, Anda pun akan dengan mudah menemukan situs yang mencopas artikel Anda.

Menggunakan Perintah “Site:

Untuk yang satu ini hanya berlaku untuk artikel atau konten yang ada di dalam situs Anda sendiri (eksternal). Cara ini tetap menggunakan bantuan dari mesin pencari Google.com. Anda hanya mengetikkan “site:namasitus.com judul artikel”, maka Google akan mencari artikel yang duplikat atau mirip dengan judul yang Anda masukkan tersebut. Jadi, jika Anda memiliki banyak penulis, maka cara ini sangatlah efektif untuk melakukan pemeriksaan konten agar tidak duplikat dari setia penulis tersebut.