Situs yang dibuat dengan menggunakan platform CMS WordPress memang akan sangat memudahkan para pemilik situsnya. Pemiliki atau admin situs akan dimanjakan dengan berbagai fitur mulai dari tampilan, plugin, dan mempermudah dalam Search Engine Optimization (SEO). Fitur yang mungkin masih banyak dilupakan para pengguna situs berbasis WordPress adalah backup data seperti artikelnya. Beberapa developer biasanya menggunakan cpanel hosting untuk melakukan backup file wordpress. Cara ini memang cukup efektif, karena semua data wordpress Anda akan langsung terbackup secara keseluruhan. Namun, ini akan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika Anda hanya ingin membackup artikel saja.

Nah, di bawah ini ada cara paling mudah untuk membackup postingan artikel di WordPress tanpa harus login cpanel dan menggunakan plugin tambahan.

– Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membackup atau mendownload semua artikel atau data postingan situs WordPress Anda adalah dengan login ke admin situs Worpdresss.

– Setelah Anda sudah berhasil login dan berada pada halaman Dashboard WordPress situs Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengarahkan mouse pada menu “Tools” dan tunggu hingga muncul beberapa opsi, lalu Anda klik pada opsi “Export”.

Cara Mudah Backup Artikel Di WordPress 1 oleh tekno segiempat

– Nah, di dalam menu Export ini Anda akan melihat berbagai opsi untuk mendownload data postingan situs Anda mulai dari, artikel, halaman, komentar, media (foto/video/musik) dan lainnya. Pada gambar di bawah ini Saya menggunakan tambahan plugin. Jadi, ada beberapa opsi lagi yang bermunculan. Namun, untuk yang standarnya hanya Post, Page, dan Media saja.

Cara Mudah Backup Artikel Di WordPress 2 oleh tekno segiempat

– Jika Anda hanya ingin mendownload artikel saja, maka silahkan Anda pilih Post saja. Dan, fiturnya pun akan dimunculkan untuk membuat lebih spesifik lagi, mulai dari kategori, penulis, tanggal, dan juga statusnya. Namun, jika Anda memang ingin mendownload secara keseluruhan biarkan saja opsinya ke All.

Cara Mudah Backup Artikel Di WordPress 3 oleh tekno segiempat

– Untuk Anda yang hanya ingin mendownload halaman saja, maka Anda pilih saja opsi Page. Ini juga akan memunculkan berbagai pilihan opsi halaman lagi seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Backup Artikel Di WordPress 4 oleh tekno segiempat

– Jika Anda ingin mendownload gambar, video, musik, atau file media lainnya, maka Anda cukup pilih opsi Media saja. Kemudian Anda masukkan tanggal mulai hingga tanggal selanjutnya.

Cara Mudah Backup Artikel Di WordPress 5 oleh tekno segiempat

Jika Anda memang ingin membackup semua postingan mulai dari artikel, halaman, dan juga media atua lainnya, maka biarkan saja posisinya ke default pada All content. Lalu, setelah itu Anda klik tombol Download Export File. Lama untuk downloada atau backup file ini tergantung dari besarnya file atau jumlah konten yang ada di dalam situs WordPress Anda, dan juga kecepatan internet yang Anda gunakan.

Nah, sampai saat ini semua artikel situs berbasis WordPress Anda berhasil di download. Format file yang dihasilkan dari download tersebut adalah .xml. Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk masuk ke dalam Cpanel Webhost Anda.

LEAVE A REPLY