Mungkin Anda pernah melihat ada situs dengan protokol alamat http dan juga https. Perbedaan dari keduanya menurut beberapa pakar internet adalah masalah pada keamanan situs. Nah, jika Anda memang ingin merubah protokol situs Anda menjadi https maka artikel ini tepat untuk Anda. Silahkan Anda lihat cara-caranya di bawah ini.

Seting perubahan protokol http menjadi https di situs dengan platform CMS WordPress

Untuk melakukan setting ini tentunya Anda harus memiliki domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net dan lain sebagainya. Pastikan juga Anda telah menginstal atau mengatifkan sertifikat SSL di hosting server situs Anda. Pengaturan atau setting untuk merubah protokol https di situs WordPress ini cukup mudah yang bisa Anda lihat di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan Anda login terlebih dahulu di dalam admin panel (dashboard) situs WordPress Anda.
  • Di dalam dashboard situs Anda silahkan Anda pilih, silahkan Anda masuk ke menu Settings, lalu pilih General.
  • Nah, di dalam menu ini Anda akan melihat berbagai kolom-kolom pengaturan. Tapi, Anda fokus pada url atau domain situs Anda saja yang bertuliskan http://namadomain.com.
  • Untuk merubah protokol url domain Anda cara cukup dengan menambahkan pada http menjadi https saja.

Cara Mengubah HTTP ke HTTPS di Situs WordPress 1 oleh tekno segiempat

  • Lalu silahkan Anda klik pada Save changes.

Setelah semua langkah-langkah di atas telah Anda lakukan dengan benar, maka coba Anda buka situs Anda dan perhatikan pada protokol alamat urlnya, pasti sudah menjadi http://.

Akan tetapi, perubahan dengan cara ini biasanya tidak akan turut mengubah semua link di dalam situs Anda berubah menjadi protokol https. Beberapa link yang telah Anda buat manual untuk keperluan SEO onpage atau url gambar biasanya tidak ikut berubah. Sehingga ini akan membuat mesin pencari mendeteksi error atau mungkin saja halaman 404. Nah, untuk merubah semua link di dalam situs WordPress Anda secara keseluruhan menjadi protokol https, tentunya akan sangat lama jika Anda lakukan manual. Dalam mengatasi cara tersebut, Saya ada trik lain agar semua link yang ada di dalam situs Anda bisa berubah menjadi protokol https, seperti layaknya mereplace kata pada program MSword.

Cara ini membutuhkan bantuan plugin tentunya. Plugin ini bernama Really Simple SSL. Plugin gratisan ini bisa Anda dapatkan langsung dari WordPress, dengan cara sebagai berikut :

  • Login ke dashboard situs WordPress Anda, lalu masuk pada menu Plugin. Di dalam menu plugin ini silahkan Anda pilih opsi Add New.
  • Pada kolom pencarian plugin silahkan Anda ketikkan nama plugin Really Simple SSL.Cara Mengubah HTTP ke HTTPS di Situs WordPress 2 oleh tekno segiempat
  • Lakukan penginstal plugin Really Simple SSL ini di situs WordPress Anda.
  • Setelah proses penginstalan selesai, silahkan Anda beri tanda checklist pada beberapa opsi berikut yang sesuai dengan gambar di bawah ini.

Cara Mengubah HTTP ke HTTPS di Situs WordPress 3 oleh tekno segiempat

  • Save pengaturan tersebut dan silahkan Anda cek kembali link-link situs Anda yang tadinya masih berstatus protokol http.

Itulah langkah-langkah dalam merubah protokol status url domain situs WordPress Anda menjadi https. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda. Selamat mencoba.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY