Home » Tips & Cara » Teknologi » WordPress » Cara Menggunakan Shortcode di Widget WordPress

Cara Menggunakan Shortcode di Widget WordPress


cara menggunakan shortcode di widget wordpressMenggunakan shortcode di widget WordPress memang diperlukan karena tidak semua shortcut konten harus ditampilkan di dalam postingan. Ada kalanya, informasi padat harus Anda tampilkan di bagian sidebar blog Anda dan memasukkan bisa menjadi mudah dengan memanfaatkan kekuatan fitur shortcode pada WordPress.

Anggap saja Anda ingin menampilkan banner di sidebar yang harus diganti setiap bulannya. Anda bisa saja memasukkan kode pemanggil img src=”” dan seterusnya, tapi jika Anda tidak teliti bisa saja terjadi kesalahan koma atau url yang kemudian menyebabkan banner Anda tidak akan terganti sama sekali, atau melink ke halaman yang salah. Ini sering terjadi di SegiEmpat ketika kami harus mengganti kode banner secara manual setiap tanggal 15 dan 30 setiap bulan. Masalahnya, ini harus di ganti tidak hanya di blog SegiEmpat.com, tapi juga di semua sub-situs milik kami. Jadinya potensi kesalahan sangat besar jika kami masih sangat tergantung dengan keteliatan kode.

Jadi salah satu cara mengakalinya adalah dengan membuat shortcode pemanggil gambar. Ini mudah saja karena sudah pernah saya berikan pada tutorial WordPress sebelumnya di postingan cara menampilkan iklan yang berbeda di setiap postingan. Jadi kami menggunakan shortcode tersebut untuk menampilkan gambar-gambar yang baru setiap bulannya.

Nah, untuk dapat menggunakan shortcode di widget, Anda bisa menggunakan widget Text yang sudah disediakan WordPress. Masalahnya, secara default widget ini tidak dapat menampilkan shortcode. Jadi akan kita berikan widget text kemampuan untuk menerjemahkan shortcode yang sudah kita buat dengan kode di bawah ini:

[codebox 1]

Masukkan kode di atas ke dalam functions.php theme/tema WordPress yang Anda gunakan. Dengan kode di atas Anda sudah bisa memasukkan shortcode ke dalam widget Text di blog WordPress Anda. Sekarang tergantung dari apakah Anda sudah bisa membuat shortcode atau tidak. Penjelasan tentang shortcode dan cara membuat shortcode untuk WordPress sudah saya tulis sebelumnya dan bisa Anda baca disini. Selamat mencoba.

Tentang Erwin Miradi

Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri. Untuk membaca profil selengkapnya, klik disini.

Berikan Komentar Anda: