pengunjung situs oleh cara segiempatBlogging adalah sebuah aktivitas yang ketika sudah menyentuh tahun ke 3 sudah menjadi sebuah aktivitas yang sedikit ‘membosankan’. Ini biasa terjadi karena monotonnya aktivitas blogging Anda dan kurangnya blogosphere yang tercipta. Bagi saya pribadi, salah satu variabel penting yang kemudian bisa kembali mengisi ulang motivasi blogging Anda adalah dengan mengetahui jumlah orang yang membaca postingan Anda.

Mengetahui jumlah pengunjung blog WordPress Anda tidak semata-mata hanya untuk sekedar memotivasi diri untuk terus membuat postingan baru. Bagi para blogger profesional, laporan jumlah pengunjung bisa digunakan untuk mengetahui teknik monetasi yang paling tepat untuk blognya. Karena itu, baik untuk blogger pemula dan blogger profesional, mengetahui jumlah pengunjung harian blog Anda adalah salah satu hal yang penting yang harus dilakukan.

Untuk bisa mendapatkan laporan pengunjung tersebut, ada 3 cara terbaik yang bisa saya sarankan. Antara lain:

1. Google Analytic

Google Analytic adalah layanan gratis lainnya dari Google yang bisa Anda gunakan untuk beberapa blog sekaligus. Laporan yang diberikan oleh Google Analytic dapat mencakup semuanya, mulai dari jumlah pengunjung berdasarkan minggu, jumlah pengunjung berdasarkan hari, bahkan jumlah pengunjung berdasarkan jam. Dengan ini Anda bisa mengetahui hari-hari apa blog Anda banyak didatangi pembaca. Ini dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui jam tersibuk blog Anda yang tentunya adalah waktu yang tepat untuk memposting artikel baru.

Google Analytic dapat Anda gunakan hanya dengan sign in disini dengan akun Google Anda. Layanan ini juga sudah tersedia dengan bahasa Indonesia, sehingga cara menggunakannya tidak lagi perlu rasanya untuk dijelaskan mendetail. Anda hanya perlu memverifikasi kepemilikan situs/blog Anda dengan memasukkan file html atau kode di bagian header blog Anda. Setelah itu Anda akan diberikan kode penghitung pengunjung yang sebaiknya di letakkan di bagian footer. Jangan kuatir, karena kode ini tidak akan tampak kepada pengunjung Anda.

2. HiStats

Mungkin karena saya memulai karir blogging saya sebagai agc coder, saya memang tidak terbiasa berhubungan dekat dengan aplikasi-aplikasi pemberian Google. Itulah kenapa aplikasi penghitung pengunjung eksternal yang paling saya sarankan adalah HiStas. Penggunaannya sangat sederhana, dengan layout sangat sederhana, namun dengan laporan yang super lengkap.

Untuk mulai menggunakan histats, Anda hanya perlu mendaftar langsung ke situsnya disini. Anda hanya perlu menambahkan situs baru untuk dianalisa, kemudian mengambil kode untuk menganalisanya. Seperti layaknya Google Analytic, kode ini sebaiknya diletakkan di bagian footer. Kenapa harus di bagian footer? Terkadang butuh waktu untuk kode analisa jumlah pengunjung ini berproses. Jika kode tersebut diletakkan di header, maka situs/blog secara otomatis harus menunggu kode ini selesai berproses sebelum me-load konten di bawah header. Dengan meletakkan kodenya di bagian footer, Anda membiarkan situs/blog meload semua isi konten lebih dulu sebelum memproses kode analisa pengunjung.

Histats ini juga memberikan laporan-laporan lengkap pengunjung. Tidak sebanyak informasi yang diberikan Google memang, tapi semua informasi yang diberikan oleh histats sudah lebih dari cukup baik untuk keperluan motivasi atau monetasi yang saya sebutkan di atas. Untuk mengetahui lebih lengkap informasi apa saja yang ditawarkan oleh histats, silahkan langsung masuk dan daftarkan blog Anda.

3. Site Stats WordPress

Bagi pemula, ini adalah cara yang paling saya sarankan. Kenapa? Karena dengan plugin WordPress.org Site Stats Anda tidak perlu keluar dari Dashboard Anda hanya untuk mengetahui jumlah pengunjung blog. Dan baiknya lagi, ini sangat cocok untuk pemula karena hanya perlu diaktifkan dengan satu dua klik saja.

Tapi tentu saja, informasi yang ditawarkan oleh Site Stats berbanding lurus dengan kemudahan penginstalan yang ia berikan. Tidak banyak data yang bisa Anda dapatkan dari Site Stats. Informasi utama yang bisa Anda dapatkan adalah jumlah pengunjung perhari dan perminggu, serta jumlah pengunjung untuk masing-masing postingan. Selain itu, juga ada informasi kata-kata kunci yang membawa pengunjung Anda masuk ke blog dari Google atau mesin pencari lain.

Untuk menginstal plugin ini Anda hanya perlu mencari WordPress.org Site Stats di Dashboard Β» Plugins. Setelah diaktifkan, plugin ini butuh beberapa jam untuk mulai mengakumulasi jumlah pengunjung Anda. Berikutnya Anda sudah bisa menemukan menu Site Stats di deretan menu Dashboard Anda.

117 COMMENTS

    • Klo menggunakan plugin P3 (Plugin Performance Profiler), memang keliatan kalau Site Stats plugin juga salah satu plugin yang cukup banyak makan resource server gan. Ini mungkin karena semua data kunjungan, mulai dari halaman yang dibuka sampai kata kunci yang mendatangkan pengunjung disimpan dalam database kita. Kalau mmg proses itu ada, tentu saja menambah waktu yang dibutuhkan untuk loading page kita, walaupun cuma beberapa detik aja.

      Saya pribadi blm pernah pake Site Stats terlalu lama. Saya sarankan untuk mengetahui jumlah kunjungan, mending pakai Google Analytic aja πŸ™‚
      Semoga membantu gan πŸ™‚

    • Kalau di WordPress langsung kita cuma bisa lihat subscriber by email aja di Dashboard > Users. Tapi kalau RSS subscriber, tergantung akang pakai Plugin atau layanan apa. Kalau pakai feedburner misalnya, total subscribernya bisa dilihat di akun feedburnernya aja πŸ™‚

      Mudah-mudahan membantu.

  1. Histats itu biasanya membuat loading blog jadi agak lelet. Usahakan kurangi widget yang tidak terlalu penting agar loading blog berjalan cepat

  2. tadi saya mencoba untuk daftar di google analytic, tapi mungkin karena jaringan saya yang lagi galau jadi gagal… besok mau nyoba lagi moga berhasil πŸ˜€ terima kasih atas infonya. sangat2 bermanfaat

  3. Gimana sih min, cara menyinkronkan google analytics dengan static di wordpress statis jika pakek jetpack?

  4. Menurutku yang paling keren ya si histat. navigasinya mudah sekali dibaca gak terlalu ribet. kalo si analytic masih bingung sampe sekarang baca parameter parameternya. makasih infonya sob.

LEAVE A REPLY