Berpindah hosting dengan WordPress pasti sudah banyak yang mengetahui. Namun, untuk Anda yang memiliki situs atau blog yang menggunakan blogpost dan ingin memindahkan postingan artikelnya ke WordPress, pasti masih banyak yang kebingungan. Di bawah ini Saya akan memberikan langkah-langkah lengkap dalam memindahkan postingan artikel Blogspot ke WordPress. Silahkan disimak dengan baik-baik.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam melakukan pemindahan artikel atau postingan blogspot ke wordpress adalah dengan mendownload terlebih dahulu semua artikel postingan blogspot Anda. Untuk mendownload artikel blogspot telah Saya tuliskan pada artikel sebelumnya yang berjudul “cara mudah download artikel blogspot”. Silahkan Anda baca artikel tersebut hingga selesai, lalu kemudian jalankan langkah-langkahnya hingga selesai.

Nah, setelah Anda selesai dengan mendownload postingan blogspot, maka langkah selanjutnya Anda login ke website WordPress Anda.

Jika, Anda sudah login ke halaman dashboard website WordPress Anda, maka silahkan Anda langsung klik menu Tools dan masuk pada menu Import. Tapi, sebelum Anda melakukan import file Anda harus meng-convert file .xml dari Blogspot agar bisa terbaca pada situs WordPress Anda. Cara untuk convert file tersebut cukup mudah. Silahkan Anda cari sendiri di halaman pencarian Google.

Tapi, jika Anda tidak ingin pusing lagi dengan mengconvert file tersebut, maka Anda bisa lanjut masuk pada halaman situs WordPress Anda, dan langsung mengklik Tool > Import, kemudian Anda klik opsi Blogger yang paling di atas. Opsi ini adalah sebuah link untuk menginstal plugin agar bisa membaca file .xml blogspot Anda.

Cara Memindahkan Artikel Blogspot ke WordPress 1 oleh tekno segiempat

Silahkan install plugin tersebut terlebih dahulu, kemudian aktifkan.

Cara Memindahkan Artikel Blogspot ke WordPress 2 oleh tekno segiempat

Masuk pada menu Tools > Import > Import Blogger, kemudian Anda cari file .xml dari blogspot Anda, lalu klik upload.

Cara Memindahkan Artikel Blogspot ke WordPress 3 oleh tekno segiempat

Namun, pada cara tersebut tidak akan mengcover semua halaman blogspot Anda. Yang akan disubmit hanyalah postingan berupa artikel beserta kategorinya, komentar yang bukan spam, dan juga gambar. Untuk tema tentunya tidak bisa, karena format tema antara blogspot dengan WordPress tidak sama. Jadi, Anda siapkan saja tema sendiri untuk menggunakan situs WordPress.

Setelah semua artikel berhasil masuk pada website wordpress Anda, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan redirect halaman blogspot Anda ke situs WordPress yang Anda miliki sesuai dengan postingannya juga, agar tidak menimbulkan duplikat konten di mesin pencari seperti Google.

  • Pada situs WordPress miliki Anda, silahkan diinstal plugin “Blogger To WordPress Redirection”.
  • Setelah plugin tersebut aktif Anda, masuk pada menu Tools > Blogger To WordPress Redirection.
  • Klik pada opsi Start Configuration untuk medeteksi blog yang telah Anda import artikelnya tadi.. Klik pada opsi Get Code pada nama blog yang muncul sesuai dengan milik Anda.
  • Copy kode yang muncul tersebut pada halaman editor template Blogspot Anda. Namun, sebelumnya pastikan Anda backup dulu kode atau script template blogspot Anda. Setelah dibackup paste kode yang didapatkan dari plugin tersebut ke halaman template blogpsot Anda, dan klik Simpan template.

Nah, itulah cara mudah untuk memindahkan postingan artikel dari blogspot ke WordPress. Selamat mencoba.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY