Tombol share sosial media pada sebuah situs akan sangat berguna untuk Anda pemilik situs agar pengunjung situs Anda bisa membagikan artikel Anda pada akun sosial media miliknya. Dengan cara ini tentunya memungkinkan untuk artikel Anda bisa menjadi viral pada sosial media. Untuk pengguna situs dengan platform WordPress, cara terbaik untuk memunculkan tombol berbagi (share) tersebut adalah dengan floating (melayang). Dengan cara ini maka pengunjung Anda akan selalu melihat tombol berbagi tersebut, tanpa harus menscroll lagi ke bawah atau kembali ke atas, seperti pada tema-tema wordpress default.

Untuk membuat tombol share melayang atau lebih dikenal dengan istilah floatingĀ  pada dunia web internet ini, maka Anda memerlukan sebuah plugin yang bernama Digg Digg. Dengan plugin ini Anda tidak perlu repot-repot lagi menuliskan kode (script) css dan php lagi. Dan, di bawah ini adalah fitur yang ada pada plugin Digg Digg, serta cara penggunaanya untuk situs berbasis platform WordPress.

1. Fitur pertama adalah Global Config

Pada fitur pertama ini merupakan fitur pengaturan secara keseluruhan mulai dari sosial media Facebook, Twitter, Flattr, Topsy, dan beberapa opsi pengaturan lainnya, yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini yang telah dilengkapi dengan penjelasan masing-masing kolomnya. Pada fitur ini juga silahkan Anda isikan user-user dari sosial media yang Anda gunakan.

Cara Membuat Tombol Share Melayang di Situs WordPress 1 oleh tekno segiempat

2. Fitur kedua adalah Normal Display

Nah, pada fitur kedua inilah tombol share sosial media Anda akan ditampilkan pada halaman postingan atau setiap artikel. Anda bisa memilih sosial media apa saja yang ingin Anda tampilkan pada halaman artikel tersebut. Bukan hanya pada halaman postingan saja Anda bisa menampilkan tombol share melayang ini, tapi pada setiap halaman, kategori, tag, atau halaman depan. Pada fitur ini pula Anda bisa mengatur posisi dari tombol share floating tersebut akan ditempatkan. Dan, masih banyak lagi setting atau pengaturan lainnya yang bisa Anda gunakan yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Tombol Share Melayang di Situs WordPress 2 oleh tekno segiempat

3. Fitur ketiga Floating Display

Pada fitur ketiga ini fungsinya tidak berbeda jauh dengan fitur kedua di atas. Hanya saja pada fitur ketiga ini Anda bisa mengatur sebarapa jauh jarak tombol share floating tersebut dari sisi halaman situs Anda. Anda pun bisa mengatur kapan tombol floating tersebut akan muncul, apakah akan muncul pada saat halaman terbuka hingga scroll pada bagian paling bawah, atau hanya muncul jika pengunjung situs Anda menscroll hingga ke bagian bawah (footer) situs Anda.

Cara Membuat Tombol Share Melayang di Situs WordPress 3 oleh tekno segiempat

4.Fitur keempat manual Placement

Untuk fitur keempat ini membutuhkan keahlian bahasa pemrograman php untuk meletakkan tombol share tersebut secara manual pada halaman situs Anda.

Nah, dengan cara ini tentunya para pengunjung Anda bisa dengan mudah untuk men-share artikel yang telah dibacanya dari halaman situs Anda. Dan, semakin banyak yang melakukan share maka tentunya jumlah pembaca dan juga pengunjung situs Anda akan semakin bertambah pula. Selamat mencoba.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY