Pada artikel sebelumnya Saya telah menjelaskan tentang cara membuat daftar isi (sitemap) di situs WordPress dengan menggunakan plugin. Nah, pada artikel kali ini Saya akan memberikan lagi tutorial untuk membuat daftar isi situs WordPress tanpa menginstal plugin lagi, yang bisa membuat kapasitas penyimpanan hosting Anda membengkak. Mau tahu bagaimana caranya? Silahkan simak di bawahi ini.

Cara membuat daftar isi situs WordPress tanpa plugin

Hal pertama yang harus Anda ketahui dalam membuat daftar isi di situs WordPressi ini adalah pemilihan tema atau template situs yang Anda gunakan. Untuk template-template terbaru dan juga berbayar biasanya telah menyediakan opsi untuk memilih jenis-jenis halaman, termasuk halaman untuk menampilkan daftar isi tersebut. Anda hanya cukup mengaktifkan halaman tersebut dengan membuat halaman baru, lalu memilih jenis template halaman tersebut. Jadi, sebelum Anda memilih template situs WordPress ini, maka ada baiknya Anda perhatikan fitur-fitur yang tersedia sebelum mendownload dan menginstalnya pada situs WordPress Anda.

Cara kedua adalah dengan menggunakan kode yang harus Anda upload pada server hosting tempat Anda menginstal situs WordPress. Cara ini tentunya membutuhkan keahlian koding dalam bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, dan juga PHP. Jika Anda ingin mengetahui apa-apa saja kode yang harus ditulis dalam membuat halaman daftar isi tanpa plugin ini maka silahkan Anda lihat kode-kodenya di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Situs WordPress Tanpa Plugin 1 oleh tekno segiempat

Setelah itu, Anda simpan kode tersebut dengan nama misalnya “daftar-isi.php”. Anda bisa menggunakan program Dreamweaver atau Notepad untuk menuliskan kode-kode tersebut.

Lalu langkah selanjutnya adalah Anda upload daftar-isi.php tersebut pada server hosting tempat Anda menginstal situs WordPress Anda. Lokasinya Anda satukan dalam nama tema yang Anda gunakan, yang berada pada File Manager > Web Root (public_html/www) > wp-content > themes > nama teman. Silahkan Anda lihat pada gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Cara Membuat Daftar Isi Situs WordPress Tanpa Plugin 2 oleh tekno segiempat

Nah, template halaman daftar isi telah selesai dibuat. Langkah selanjutnya adalah dengan mempercantik tampilan dari daftar isi tersebut. Untuk mempercantik tampilan dari halaman daftar isi Anda, maka Anda bisa menggunakan kode-kode seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Situs WordPress Tanpa Plugin 3 oleh tekno segiempat

Penulisan kode terebut, Anda tambahkan pada file style.css pada template situs WordPress Anda. Untuk lokasi penempatan kode css di file style.css terserah dari Anda saja.

Nah, itulah beberapa langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk membuat halaman daftar isi tanpa harus menginstal plugin tambahan lagi. Anda bisa mendownload utuh kode-kode di atas di sini. Semoga informasi di atas bisa membantu, dan pastikan Anda dipandu oleh orang yang berpengalaman dalam hal kode-kode php ini. Silahkan Anda sampaikan pertanyaan pada kolom komentar di bawah ini jika ada hal yang tidak Anda mengerti.

LEAVE A REPLY