Membuat backlink tentunya sudah Anda ketahui caranya, yaitu dengan penulisan kode html standar. Hal yang penting Anda perhatikan saat membuat backlink ini adalah kata kunci dan juga alamat linknya, seperti contohnya <a href=”http://segiempat.com”>SegiEmpat</a>. Backlink ini biasanya disisipkan di dalam sebuah artikel sebuah situs atau pun pada kolom komentar.

Backlink adalah salah satu hal yang paling penting untuk mendukung SEO situs Anda agar bisa lebih berkualitas di mata mesin pencari. Backlink ini bisa Anda dapatkan dari halaman situs Anda sendiri (Internal backlink/SEO On page), dan juga dari situs lain/luar (Eksternal backlink/SEO Offpage). Pembahasan Saya kali ini adalah mendapatkan backlink dari situs luar (SEO Offpage) dengan cara gratisan tapi berkualitas. Untuk Anda yang masih pemula dalam dunai blogging artikel ini bisa menjadi panduan Anda untuk mendapatkan backlink berkualitas dan gratis tersebut, untuk menaikkan peringkat dari situs Anda di mata mesin pencari.

Memang ada banyak sekali jasa yang bertebaran di internet yang menyediakan backlink dari situs berkualitas dan ber-pagerank tinggi. Namun, yang namanya jasa biasanya tidak semua menguntungkan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan backlink dari situs yang berkualitas ini tentunya Anda harus mencarinya sendiri, sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan yang pasti mau yang gratisan. Nah, di bawah ini ada 4 pilihan jenis situs yang berkualitas dengan pagerank tinggi dan sudah mendapatkan otoritas khusus dari mesin pencari, yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan backlink. Apa saja keempat situs tersebut? Silahkan simak di bawah ini.

1. Backlink dari situs pendidik lokal atau pun luar negeri (.edu, .gov, go.id, dll)

Sebuah situs yang memiliki ekstensi .gov, go.id, .edu adalah sebuah situs dengan otoritas tinggi, karena situs-situs tersebut adalah situs resmi dari pemerintahan dan juga perguruan tinggi. Situs pemerintahan ini sudah pasti menjadi perhatian utama dari mesin pencari. Mungkin Anda berpikiran bahwa situs-situs seperti itu, hanya bisa dimasuki oleh orang-orang tertentu saja seperti, anggota pemerintahan atau pun mahasiswa dari perguruan tinggi. Kalau masalah keanggotaan (Akun) dari situs tersebut, ya! memang hanya orang yang menjadi bagian pemerintahan atau mahasiswa dari perguruan tinggi itu. Tapi, tentu tidak menutup kemungkinan Anda bisa juga mendaftar di dalam situs tersebut. Caranya tentu melalui jalur meminta bantuan dari salah satu mahasiswa atau anggota pemerintahan untuk dibuatkan satu halaman blog sendiri.

4 Sumber Backlink Terbaik Untuk Blogger Pemula 1 oleh tekno segiempatJika, Anda sudah memiliki akun sendiri pada salah satu perguruan tinggi atau pun situs pemerintahan tersebut, tentunya Anda bisa dengan mudah membuat halaman blog yang kemudian link-nya diarahkan ke situs utama Anda. Jika, Anda ingin mendapatkan link dari situs pemerintahan atau perguruan tinggi dari luar negeri pun tentu masih bisa. Cara untuk mendapatkan backlink dari situs pemerintahan atau perguruan tinggi luar negeri tentunya harus melalui jasa backlink yang bisa Anda cari sendiri di Google.

2. Backlink sosial media (sosmed)

4 Sumber Backlink Terbaik Untuk Blogger Pemula 4 oleh tekno segiempatSosial media (sosmed) adalah sebuah situs dengan otoritas yang juga tinggi, sebut saja salah satunya adalah Facebook. Facebook yang bisa kita katakan sebagai pencetus maraknya sosial media di dunia ini adalah situs jejaring sosial dengan jumlah anggota yang telah bergabung hampir setengah penduduk yang ada di bumi. Jumlah member akun yang sebanyak ini tentunya menjadi perhatian utama dari para mesin pencari khususnya Google. Hebatnya lagi sistus media sosial ini memperbolehkan para membernya membagi link artikelnya dengan gratisan. Walaupun memang bersifat nofollow, akan tetapi link-link yang Anda share atau bagi tersebut, tentunya akan dilihat oleh banyak orang. Bayangkan saja jika jumlah akun member dari Facebook ini sudah hampir mencapai setengah penduduk bumi, dan bersamaan membuka link situs Anda, maka bisa dijamin jasa sewa server hosting Anda pasti akan crash. Untuk memperbanyak jumlah viewer dari sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya tentunya Anda harus memiliki artikel yang unik sehingga bisa menjadi viral untuk membuat member yang melihatnya membagikannya ke teman-teman yang lainnya.

3. Berkomentar di situs atau blog yang relevan

Cara ini mungkin terbilang cukup simpel dan membosankan bagi beberapa Blogger pro. Namun, cara ini terbilang cukup ampuh untuk mendapatkan backlink dari situs untuk menaikkan ranking atau peringkat dari situs Anda. Yang penting Anda ketahui dalam berkomentar di situs lain atau blog ini adalah niche atau kategori dari situs tersebut. Pilihlah situs yang relevan atau yang sesuai dengan niche blog Anda sendiri. Misalnya saja Saya memiliki situs yang membahas tentang teknologi, maka Saya juga harus mencari situs-situs yang berbau tekno untuk berkomentar di dalamnya.

4 Sumber Backlink Terbaik Untuk Blogger Pemula 3 oleh tekno segiempatBeberapa Blogger sebenarnya mengganggap cara ini sudah tidak efektif lagi untuk mendapatkan baclink. Ini karena, beberapa situs sekarang sudah tidak memberikan bakclink dofollow pada saat Anda berkomentar di situs atau blognya. Untuk itu, beberapa blogger memang menganggap cara ini termasuk cara untung-untungan. Makanya kini ada beberapa jasa yang menyediakan backlink dofollow dari situs-situs yang relevan yang tentunya Anda harus mengeluarkan budget lagi. Tapi, jika memang Anda bisa mendapatkan backlink dari situs yang relevan dan gratisan dengan cara berkomentar ini, tentunya bisa untuk menaikkan ranking dari situs Anda di mata mesin pencari.

4. Backlink dari Sosial Bookmarking

4 Sumber Backlink Terbaik Untuk Blogger Pemula oleh tekno segiempatSosial bookmarking adalah sebuah situs yang menyediakan sebuah halaman khusus bagi para membernya menuliskan artikelnya, dan bisa dengan bebas memasang backlink di artikelnya tersebut. situs sosial bookmarking ini memang ada banyak sekali, Anda hanya cukup memilih beberapa situs saja yang telah memiliki peringkat (pagerank) yang tinggi dengan jumlah pengunjung yang banyak. Anda bisa menggunakan Alexa rank untuk melihat rata-rata pengunjung dari situs sosial bookmarking tersebut. Anda juga harus memperhatikan peraturan dari situs sosial bookmarking tersebut. Pasalnya, tidak semua member akan mendapatkan backlink dofollow dari artikel yang ditulisnya di dalam situs sosial bookmarking tersebut. Biasanya Anda hanya bisa menambahkan maksimal 3 backlink saja, dan jumlah kata yang tentunya banyak serta readable (mudah dibaca). Beberapa situs sosial bookmarking yang masih bekerja sampai saat ini dan baik untuk digunakan, kompasiana.com dan detik.com. Anda juga memanfaatkan forum-forum seperti Kaskus, Vivanews, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 4 jenis situs yang bisa memberikan Anda backlink berkulitas untuk situs Anda dan gratisan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda.

3 COMMENTS

  1. Mas, mungkin bisa dibantu dengan mencantumkan juga beberapa situs, atau mungkin dibuat daftar agar lebih mudah mencarinya ..hehe

    trimakasih sebelumnya, saya sebelumnya belum tau banyak soal back link mem back link seperti ini. setelah baca artikel ini pengetahuan saya jadi bertambah,, 🙂

LEAVE A REPLY