Malware adalah salah satu aplikasi yang bisa membahayakan komputer Anda, baik itu dari segi performa dan juga tentunya adalah data-data penting Anda. Pasalnya, beberapa malware memang biasanya diciptakan untuk mendapatkan informasi-informasi penting yang di dalam komputer Anda, seperti password dari akun internet Anda, dan lain sebagainya. Selain itu, malware ini juga biasanya biasa digunakan untuk mendatangkan pengunjung ke halaman website dari si pembuat malware tersebut.

Nah, kalau memang pada saat Anda berinternet kecepatannya menjadi lambat, padahal sudah menggunakan paket internet 10mbps, maka ini bisa Anda curigai kalau komputer Anda terinfeksi malware. Untuk mengatasi hal tersebut, software pembasmi malware komputer di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

Cara menggunakan AdwCleaner untuk menghapus malware di komputer

  • Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendownload software yang bernama AdwCleaner. Software ini adalah sebuah tool yang bisa membantu Anda dalam membasmi setiap malware yang bersarang di komputer Anda baik itu untuk PC atau laptop. Untuk mendownload software AdwCleaner ini, Anda bisa langsung menuju ke situs resminya di malwarebytes.com/adwcleaner. Untuk masalah harga, Anda tidak perlu khawatir, karena memang software ini gratisan kok!
  • Jika Anda sudah selesai mendownloadnya, maka silahkan Anda langsung buka software tersebut. Yang saya gunakan adalah software AdwCleaner portable, yang artinya tidak perlu lagi dilakukan penginstalan. Akan tetapi, kalau memang yang Anda download tersebut harus diinstall, mungkin pihak developernya sudah melakukan upgrade lagi. Maka silahkan Anda install dulu ya.
  • Jika softwarenya sudah terbuka, silahkan Anda langsung saja klik pada tombol Scan yang muncul pada tampilan dari software tersebut.

curiga-komputer-terkena-malware-pakai-software-ini-1-oleh-tekno-segiempat

  • Proses scan yang dilakukan oleh softare AdwCleaner ini biasanya tidak berlangsung cukup lama. Ini biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 jam saja. Tapi, itu tergantung lagi dari performa atua kinerja dari laptop atau PC yang Anda gunakan.

curiga-komputer-terkena-malware-pakai-software-ini-2-oleh-tekno-segiempat

  • Setelah proses scan tersebut selesai, maka Anda akan pun akan langsung melihat semua daftare malware yang menginfeksi komputer Anda tersebut. Kalau memang laptop atau PC Anda ini ada terdeteksi malware, maka silahkan Anda klik pada tombol Clean untuk membersihkan semua malware tersebut. Saat proses pembersihan ini sedang berjalan, saran Saya sebaiknya untuk menutup semua program lain yang sedang berjalan, begitu pun pada proses scanning sebelumnya. Pasalnya, proses ini memang membutuhkan hampir semua performa dari processor, RAM, serta kecepatan dari hardisk Anda.
  • Jika proses pembersihan telah selesai dilakukan, silahkan Anda restart PC Anda dulu, sebelum melakukan aktivitas.
  • Jika proses restart telah selesai, maka di layar komputer Anda akan langsung tampilan program notepad yang memberikan informasi mengenai malware yang telah dihapus, yang sebelumnya menginfeksi komputer Anda tersebut.

Nah, dengan software AdwCleaner ini tentunya komputer Anda pun bisa lebih aman saat Anda gunakan internetan. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY