Apakah Anda memiliki masalah dengan beberapa mata pelajaran yang sulit di kelas? Misalnya saja matematika, fisika, atau bahasa asing. Nah, 6 pilihan aplikasi di bawah ini pasti akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan permasalahan Anda tersebut. Bahkan, aplikasi ini bisa juga digunakan oleh para anak IT untuk memudahkannya dalam belajar coding (Bahasa Pemrograman). Aplikasi apa sajakah itu? Silahkan Anda simak di bawah ini.

1. Programming Hub, Learn to code

inilah-aplikasi-pendidikan-terbaik-yang-bisa-membuat-anda-lebih-pintar-1-oelh-tekno-segiempatKemampuan atau skill yang paling dicari saat ini untuk semua dunia kerja apa pun itu adalah keahlian dalam dunia teknologi, khususnya untuk pembuatan aplikasi atau program. Nah, untuk aplikasi yang pertama ini mungkin akan lebih cocok untuk Anda yang sedang mempelajari mengenai dunia programming tersebut. Aplikasi Programming Hub, Learn to code ini akan membantu Anda dalam coding bahasa pemrograman, yang berbasis lebih banyak kepada bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, serta Javascript.

Hebatnya lagi, aplikasi ini bahkan telah dilengkapi dengan compiler offline, sehingga Anda bisa tetap membuat program web Anda walaupun tanpa ada bantuan dari koneksi Internet. Di dalam aplikasi ini telah disediakan berbagai bahan latihan dan juga contoh code-code program yang open source yang bisa Anda pelajadi dan kembangkan. Aplikasi ini memang bisa terbilang aplikasi bundle pack untuk bahasa pemrograman yang berbentuk aplikasi smartphone.

2. Learn Chinese – ChineseSkill

inilah-aplikasi-pendidikan-terbaik-yang-bisa-membuat-anda-lebih-pintar-2-oleh-tekno-segiempatUntuk Anda yang ada kelas bahasa Mandarin atau China, maka aplikasi ini sangatlah cocok untuk Anda. Nama aplikasi ini memang sesuai dengan fungsi yang diberikannya yaitu Learn Chinese – ChineseSkill. Bentuk-bentuk huruf dari abjad mandarin yang memiliki bentuk seperti simbol ini pasti membuat Anda pusing kan? Untuk itu aplikasi ini bisa membantu Anda dalam mengatasi kebingungan Anda.

Aplikasi Learn Chinese ini bisa membantu Anda untuk mempelajari bahasa Mandarin tersebut dengan menyenangkan dan tentunya akan lebih cepat dan mudah. Di dalam aplikasinya ini terdapat 3 menu utama yang akan tampil di depan yaitu, Learn, Review, serta Discover. Silahkan Anda mulai dulu dari menu 1 (learn), dan pelajari secara bertahap sampai menu ketiga (Discover). Metode belajar yang diterapkan memang mulai dari nol, sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui dengan mudah seluk-beluk bahasa dan huruf mandarin tersebut.

3. PhotoMath

inilah-aplikasi-pendidikan-terbaik-yang-bisa-membuat-anda-lebih-pintar-3-oelh-tekno-segiempatMata pelajaran matematik bagi sebagian anak tentunya menjadi musuh bebuyutannya. Tidak jarang anak-anak akan berpura-pura sakit untuk tidak masuk dalam mata pelajaran matematika tersebut. Anda pasti juga pernah melakukannya kan? Tapi, tidak sedikit juga yang sangat mencintai mata pelajaran yang hanya memperlihatkan angka-angka dan rumus ini.

Nah, kalau memang anak Anda sangat sulit dalam memahami pelajaran matematika tersebut, dan sering bolos untuk tidak masuk pelajaran matematikanya, maka Anda bisa mencoba memperkenalkannya dengan aplikasi yang bernama PhotoMath. Aplikasi ini sangatlah membantu proses belajar matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Pasalnya, cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan memanfaatkan kamera yang ada di perangkat smartphone untuk mengambil foto rumus dari soal. Setelah itu, aplikasi ini yang akan memberikan jawaban dari hasil rumus soal matematika tersebut. Tidak ada lagi yang sulit dalam mata pelajaran matematika, jika Anda sudah memiliki aplikasi ini. Keren kan!

4. Duolingo – Learn Languages

inilah-aplikasi-pendidikan-terbaik-yang-bisa-membuat-anda-lebih-pintar-4-oleh-tekno-segiempatAplikasi yang berikutnya ini kemabali lagi membahas mengenai bahasa asing. Aplikasi Duolingo – Learn Languages ini bisa sangat membantu Anda jika ingin mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Apalagi kalau Anda suka diejek oleh teman-teman Anda karena, bahasa Inggris Anda masih kurang fasih.

Aplikasi Duolingo ini tidak hanya tersedia untuk platform Android saja, tapi sudah ada di perangkat iOS serta website juga untuk dibuka di komputer Anda.

5. Office Lens

inilah-aplikasi-pendidikan-terbaik-yang-bisa-membuat-anda-lebih-pintar-5-oleh-tekno-segiempatKalau anak Anda sangat malas mencatat pelajaran yang dituliskan oleh gurunya, atau tulisan anak Anda ini sangat jelek sehingga sulit untuk dibaca, bahkan oleh dia sendiri, maka Anda bisa memberikannya aplikasi Office Lens ini. Aplikasi ini hanya memanfaatkan kamera yang terpasang di dalam perangkat Android Anda, lalu aplikasi ini pun akan langsung menerjemahkan hasil jepretan gambar tersebut ke dalam bentuk tulisan di Microsoft Office Lens ini.

Cara ini pasti akan membuat Anda lebih praktis dalam mengikuti mata pelajaran, serta penggunaan buku Anda pun akan lebih hemat lagi. Hebatnya lagi, Anda tidak harus memotret tulisan atau poster tersebut dengan sejajar, karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan algoritma yang lebih baik, walaupun Anda mengambil gambar dari berbagai sudut tanpa harus kehilangan satu kata pun.

6. Ruangguru – Solusi Belajar

inilah-aplikasi-pendidikan-terbaik-yang-bisa-membuat-anda-lebih-pintar-6-oelh-tekno-segiempatAplikasi yang selanjutnya bernama Ruangguru, di mana aplikasi ini bisa memudahkan Anda untuk proses belajar online hanya dengan menggunakan perangkat smartphone Android Anda. Cara kerja dari aplikasi ini adalah, dengan membantu Anda untuk menjawab setiap pertanyaan yang sulit untuk dapatkan jawabannya sendiri.

Anda cukup mengupload pertanyaan yang tidak bisa Anda jawab tersebut ke dalam aplikasi ini, dan aplikasi ini pun akan membantu Anda untuk mencari jawabannya. Aplikasi ini bahkan bisa membantu menyelesaikan soal-soal mata pelajaran yang sulit seperti matematik, fisika, dan lainya untuk tingkat SD, SMP, hingga SMA. Kalau, memang Anda masih kesulitan untuk menemukan jawabannya, maka di dalamnya itu ada fitur Audio Call, untuk bisa mendikusikan langsung pertanyaan tersebut dengan guru Anda.

Nah, itulah 6 aplikasi terbaik untuk membantu Anda menjadi lebih pintar dan cerdas di kelas. Gunakanlah aplikasi-aplikasi tersebut dengan bijak, dan jangan gunakan pada saat ujian ya! Karena, itu adalah curang!

LEAVE A REPLY