Apple kembali telah merilis sistem operasi mobile terbarunya yang diberinama iOS 11. Walaupun memang sistem operasi terbaru ini masih dalam tahap beta. Tapi, untuk fitur yang diberikan ternyata cukup menarik banyak perhatian penggunanya. Tapi, tentunya masih ada juga beberapa fitur lainnya yang tidak dinampakkan secara detail oleh Apple pada iOS 11 terbaru ini.

Fitur-fitur rahasia yang tersembunyi di dalam iOS 11 terbaru tersebut bisa Anda lihat di bawah ini :

1. Handwritten Email

inilah-7-fitur-keren-yang-disembunyikan-di-ios-11-terbaru-1-oleh-tekno-segiempatFitur yang pertama ini bernama Handwriten Email, yang cara kerjanya itu mirip dengan namanya sendiri, yaitu dengan mengirimkan tulisan tangan ke alamat email yang ingin dituju untuk yang kesulitan dalam mengetik teks. Untuk bisa membuka fitur tersebut sangatlah mudah. Anda, cukup tap dan tahan lama pada layar iPhone Anda sampai muncul pop up seperti sedang ingin melakukan copy paste pada umumnya.

Untuk tahapan selanjutnya adalah dengan memiliki “insert drawing” dan Anda pun akan langsung diarahkan ke halaman yang baru. Di dalam halaman baru tersebut inilah Anda bisa menuliskan pesan yang ingin Anda kirim dalam bentuk tulisan tangan. Di dalamnya tersedia beberapa tools seperti pencil, marker, dan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menuliskan pesan Anda dengan tulisan tangan.

2. Perekam layar (Screen Recordings)

inilah-7-fitur-keren-yang-disembunyikan-di-ios-11-terbaru-2-oleh-tekno-segiempatUntuk Anda yang suka melalukan tutorial langsung pada layar iPhone Anda seperti gaming atau cara penggunaan aplikasi khusus, maka Anda bisa terbantukan dengan adanya fitur Screen Recordings ini. Fitur yang dulunya ini hanya bisa diakses jika dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, kini sudah menjadi bawaan atau default dari iOS 11 terbaru ini.

Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, maka Anda pun cukup membukanya melalui halaman Control Center. Anda pun bisa melakukan kostumisasi untuk widget terbaru ini sesuai dengan keinginan Anda tentunya.

3. Menghapus aplikasi yang jarang atau tidak terpakai sama sekali

inilah-7-fitur-keren-yang-disembunyikan-di-ios-11-terbaru-3-oleh-tekno-segiempatSeperti yang kita ketahui bersama kalau setiap perangkat iPhone dari Apple ini tidak memiliki slot tambahan untuk memori eksternal. Sehingga setiap penggunanya pun selalu merasa terbatasi untuk menggunakan memori iPhone tersebut. Tapi, pada sistem operasi terbarunya yaitu iOS 11 ini kini telah dilengkapi dengan sebuah fitur yang cukup menarik untuk mengatasi hal tersebut. Fitur ini pun bisa membantu perangkat iPhone Anda untuk mengosongkan sejumlah ruang penyimpanan di dalamnya denagn cara menghapus setiap aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan sama sekali.

Nama fitur keren tersebut adalah Offload Unused Apps yang untuk cara pengaktifannya itu adalah denagn melalui menu Settings > General > iPhone Storage, setelah itu silahkan Anda aktifkan fitur Offload Unused Apps tersebut.

4. Dark Mode

inilah-7-fitur-keren-yang-disembunyikan-di-ios-11-terbaru-4-oleh-tekno-segiempatBagi Anda yang pecinta warna hitam, maka di dalam iOS 11 terbaru ini telah dilengkapi dengan fitur Dark Mode untuk memberikan tampilan gelap pada perangkat iPhone Anda tersebut. Mengubah keseluruhan warna dari latar belakang dari perangkat iOS 11 ini menjadi gelap dinamakan dengan istilah Invert Colors. Ini tentunya akan membuat tulisan yang ditampilkan menjad lebih cerah juga.

Hanya saja, karena iOS 11 ini memang masih dalam tahap beta, maka fitur ini pun masih belum dapat bekerja dengan lebih optimal lagi. Kalau Anda memang tertarik untuk menggunakannya, maka silahkan Anda coba aktifkan melalui menu Settings > General > Accessibility > Display Accommodations, selanjutnya silahkan Anda pilih pada opsi Invert Colors.

5. Scanner di aplikasi Notes

inilah-7-fitur-keren-yang-disembunyikan-di-ios-11-terbaru-5-oleh-tekno-segiempatFitur yang berikutnya yang disembunyikan oleh Apple di iOS 11 terbaru ini bernama Scanner yang ada di dalam aplikasi Notes. Pada umumnya, untuk bisa melakukan scan dokumen di perangkat smarpthone seperti iPhone, maka dibutuhkan aplikasi pihak ketiga. Tapi, pada perangakt iOS 11 terbaru ini, fitur scanner tersebut pun sudah menjadi bawaan atau default yang bisa Anda akses melalui aplikasi Notes bawaan dari iPhone juga.

Untuk bisa menggunakan fitur scanner tersebut, maka silahkan Anda buka aplikasi Notes Anda, lalu tap pada ikon tambah (+), setelah itu silahkan Anda pilih pada opsi scan document. Secara otomatis setiap dokumen yang telah Anda selesai scan akan tersimpan di dalam aplikasi catatan Anda tersebut. Keren kan?

6. Menentukan format ukuran foto

inilah-7-fitur-keren-yang-disembunyikan-di-ios-11-terbaru-6-oleh-tekno-segiempatSeperti yang kita ketahui kalau hasil jepretan dari kamera iPhone itu memiliki resolusi yang tinggi sehingga memiliki tingkat detail yang tinggi juga. Namun, resolusi yang tinggi ini bisa membuat ruang penyimpanan di dalam perangkat iPhone Anda menjadi berkurang tentunya. Karena, ukuran resolusi yang besar juga akan menghasilkan kapasitas foto yang besar juga. Dan, kalau Anda memang sayang dengan memori Anda, maka tentunya ini menjadi permasalahan tersendiri.

Tapi, pada iOS 11 ini masalah tersebut sudah terpecahkan. Karena, setiap jepretan foto yang Anda ambil dari kamera iPhone Anda bisa langsung diubah format ukuran atau resolusinya. Sehingga kapasitas foto yang nantinya akan Anda simpan bisa lebih kecil dan efisien lagi.

Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut caranya cukup mudah. Anda cukup masuk ke dalam menu Settings > Camera, lalu pilih pada opsi format. Di dalam menu tersebut, silahkan Anda pilih format yang Anda inginkan. Akan tetapi, hal yang perlu Anda ingat di sini adalah kualitas dari foto Anda pun pastinya akan berkurang dari biasanya.

7. Auto Fill Password

inilah-7-fitur-keren-yang-disembunyikan-di-ios-11-terbaru-7-oleh-tekno-segiempatFitur yang tidak kalah menarik lainnya yang disematkan di dalam iOS 11 terbaru ini, tapi masih dirahasiakan adalah Auto Fill Password. Untuk Anda yang memang malas atau sering lupa password, maka fitur ini pastinya akan sangat membantu. Anda tidak perlu lagi repot-repot mengetikkan atau menghafalkan password Anda. Hebatnya lagi, fitur ini bisa digunakan untuk beberapa aplikasi pihak ketiag lainnya.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah. Anda cukup tap ikon kunci ketika ingin memasukkan password, setelah itu form password tersebut pun akan langsung terisi secara otomatis sesuai dengan password yang telah Anda gunakan sebelumnya.

LEAVE A REPLY