Sistem operasi Android yang paling terbaru saat ini sudah sampai pada Android 7 atau lebih dikenal dengan nama Android Nougat. Sistem operasi ini dirilis tentunya untuk lebih memperbaiki kinerja dari perangkat Android Anda, dan penambahan fitur yang lebih baik dari sistem operasi sebelumnya. Untuk Anda yang memiliki smartphone yang belum menggunakan sistem operasi Android Nougat maka sebaiknya segera upgrade untuk bisa mendapatkan manfaatnya tersebut. Tapi, kalau memang smartphone Anda tidak mendukung upgrade tersebut, maka Anda sebaiknya membeli yang baru saja ya!

Kalau memang Anda berniat untuk membeli smartphone Android terbaru dengan sistem operasi Nougat, maka Anda bisa mengunjungi artikel review smartphone yang telah Saya tulis sebelumnya.

Mengenai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Android Nougat tersebut, maka Anda bisa melihatnya di bawah ini.

Tersedia dukungan untuk multi window

inilah-5-manfaat-yang-didapatkan-saat-upgrade-ke-android-nougat-1-oleh-tekno-segiempatSama seperti sistem operasi Windows di komputer, kini Android 7.0 atau dikenal dengan nama Android Nougat ini juga sudah tersedia dengan fitru multi window tersebut. Sebenarnya multi window ini sudah tersedia sebelumnya, tapi hanya untuk beberapa tipe smartphone saja, dan itu pun harus menggunakan launcher yang khusus. Tapi, pada sistem operasi Android Nougat (7.0) ini semua smartphone sudah bisa menikmati fitur Multi Window tersebut yang memang sudah disertakan sebagai bawaannya.

Dengan adanya tambahan fitur tersebut tentunya ini akan semakin membuat para penggunanya semakin lebih terbantukan. Apalagi saat ini, smartphone sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang memang mendukung untuk multitasking. Jadi, dengan adanya fitur multi window ini tentunya keunggulan spesifikasi dan multitasking tersebut bisa lebih terlihat dan tidak percuma.

Bagi Anda yang super sibuk pasti sangat menyukai fitur tersebut. Karena, Anda bisa membuka 2 jendela aplikasi secara bersamaan pada layar smartphone atau tablet Anda. FItur tersebut pun masih bisa bekerja pada mode layar portrait dan juga landscap. Hanya saja, untuk mode landscap, fitur ini hanya bisa terbagi 2 saja dengan perbandingan 50:50.

Tampilan notifikasi yang lebih atraktif

inilah-5-manfaat-yang-didapatkan-saat-upgrade-ke-android-nougat-2-oleh-tekno-segiempatPada bagian notifikasinya pun mengalami penambahan fitur yang terlihat lebih atraktif atau fungsional. Karena, saat ada notifikasi yang muncul seperti pesan, maka Anda pun bisa langsung membalasnya pada bagian notifikasi tersebut, tanpa harus membuka aplikasinya langsung. Bagi pengguna perangkat iPhone pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur seperti ini kan?

Anda pun bisa dengan mudah untuk mengatur aplikasi apa saja yang bisa dimunculkan pada bagian tab notifikasi tersebut. Sehingga, Anda pun tidak perlu terlalu terganggu dengan banyak notifikasi yang berseliweran di Android Anda.

Lebih irit baterai dan lebih cepat

inilah-5-manfaat-yang-didapatkan-saat-upgrade-ke-android-nougat-3-oleh-tekno-segiempatUpgrade untuk sistem operasi Android Nougat ini tentunya dibuat untuk bisa melebihi dari sistem operasi sebelumnya yaitu Marshmallow dalam segi apa pun itu, termasuk daya tahan baterai serta performa (kecepatan). Kalau Anda sudah menggunakan perangkat Android Marsmallow, dan sudah merasakan kecepatannya, maka saat Anda menggunakan Android Nougat ini, pasti kecepatan tersebut bisa Anda rasakan lebih baik lagi.

Fitur penghemat baterai yang terpasang pada Android Nougat ini juga termasuk penyempurnaan dari fitur Android Marshmallow sebelumnya. Di mana saat layar dinyalakan tapi Anda tidak menggunakan smartphone, maka itu tidak akan berpengaruh terhadap baterai. Hebatnya lagi, saat layar Anda matikan, maka fitur penghemat baterai ini pun akan menghentikan setiap aplikasi atau pun sistem yang sedang bekerja di background.

Internet lebih hemat

inilah-5-manfaat-yang-didapatkan-saat-upgrade-ke-android-nougat-4-oleh-tekno-segiempatSeperti yang kita ketahui bahwa, untuk bisa terhubung ke internet menggunakan smartphone Android, maka Anda harus memiliki kuota data dari provider atau pun terhubung dengan Wifi. Dan, untuk kuota data tersebut bisa kita ketahui kalau harganya itu cukup mahal, yang membuat Anda pasti lebih irit saat menggunakan kuota internet.

Jika perangkat Android Anda sudah diupgrade ke sistem operasi Android Nougat, maka Anda pun tidak perlu terlalu khawatir lagi mengenai kuota data tersebut. Karena, di dalam Android Nougat telah dilengkapi dengan fitur yang bisa memblokir setiap aplikasi yang selalu bekerja dengan memanfaatkan fasilitas internet di smartphone Anda. Fitur tersebut bernama data saver, yang akan mematikan setiap pembaruan dari update teman-teman dari sosial media seperti Path, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Hebatnya lagi, fitur data saver ini telah dilengkapi dengan pengaturan untuk membebaskan user memilih aplikasi mana saja yang ingin dimunculkan atau tidak dimunculkan.

Jumlah emoji yang lebih banyak

inilah-5-manfaat-yang-didapatkan-saat-upgrade-ke-android-nougat-5-oleh-tekno-segiempatEmoji yang memunculkan berbagai gambar smiley saat Anda chat dengan teman sepertinya sudah menjadi tren. Bahkan, modifikasi terhadap emoji ini pun sudah semakin banyak pilihannya. Maka dari itu, pada Android 7.0 (Nougat) ini, pihak Android menambahkan sejumlah emoji-emoji terbaru yang tentunya akan lebih banyak dari yang sebelumnya. Dengan ini tentunya, Anda bisa lebih terlihat ekspresif lagi saat chatting dengan teman Anda.

Keamanan yang ditingkatkan

inilah-5-manfaat-yang-didapatkan-saat-upgrade-ke-android-nougat-6-oleh-tekno-segiempatSetiap update dari sebuah sistem operasi memang lebih mengarah pada poin yang satu ini, yaitu keamanan (Security). Ini biasanya dilakukan karena adanya laporan mengenai bug atau backdoor dari sistem operasi sebelumnya. Sehingga pihak pengembang akan merilis update terbaru dari sistem operasi tersebut. Nah, pada Android Nougat pun demikian yang sistem keamanannya tentu lebih terjamin dibandingkan dengan sistem operasi Marshmallow sebelumnya.

Bahkan, fitur keamanan pada Android Nougat ini lebih dikembangkan lagi. Di mana saat kita tidak memasukkan PIN, Password, atau pun Pattern, maka Anda pun masih bisa tetap mengakses beberapa fitur utama untuk kebutuhan ponsel seperti SMS, alarm dan beberapa fitur lainnya. Tapi, saat Anda ingin mengakses keseluruhan dari aplikasi dan fitur di dalam Android Anda, maka Anda diharuskan untuk memasukkan PIN, Password atau pun Pattern yang Anda pasang sebelumnya.

Hebatnya lagi, Anda bisa membatasi hak akses pada penyimpanan Anda seperti foto-foto. Anda bisa membatasi hak akses sebuah aplikasi ke foto yang di dalam SD Card Anda. Jadi, Anda bisa memindahkan foto-foto pribadi atau khusus Anda ke dalam SD Card agar lebih aman.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan setelah upgrade ke Android Nougat.

LEAVE A REPLY