Mungkin banyak dari Anda masih belum memahami betul apa-apa saja yang ada di dalam sistem Windows di komputer. Sistem operasi Windows ini sendiri umumnya akan terinstall pada Drive C:\ komputer. Jadi, otomatis semua file sistemnya itu berada di dalam folder tersebut. Nah, untuk menghindari kerusakan file sistem Windows, maka beberapa folder berikut ini sebaiknya jangan Anda utak-atik, apalagi sampai menghapusnya.

1. Program Files and Program Files (x86)

4-folder-ini-di-windows-jangan-anda-hapus-ya-1-oleh-tekno-segiempatYang pertama ini memang sangatlah penting keberadaannya di komputer Windows Anda. Jika folder ini Anda hapus maka komputer Anda tersebut haruslah diinstall kembali. Folder ini berisikan semua program yang telah terinstall di komputer Anda. Walaupun memang sekarang ini sistem operasi Windows sudah memungkinkan Anda untuk menginstall program di folder atau driver yang berbeda. Tapi, secara default program akan otomatis terinstall di folder tersebut.

Kalau memang ada program yang ingin Anda hapus, maka Anda cukup melakukan uninstall saja melalui halaman Control Panel, dan tidak perlu menghapusnya dari dalam folder Program Files atau Program Files (X86). Mungkin Anda bingun kenapa ada dua folder program files tersebut? Untuk menjawab kebingungan Anda, maka silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “perbedaan folder program files dan program files (x86)“.

Untuk alamat lokasi dari kedua folder tersebut berada di drive C:\Program Files dan C:\Program Files (X86).

2. System32

4-folder-ini-di-windows-jangan-anda-hapus-ya-2-oleh-tekno-segiempatFolder selanjutnya ini adalah folder yang memang sebaiknya jangan pernah Anda utak atik apalagi sampai menghapus isi yang ada di dalamnya, kalau Anda memang masih awam. Pasalnya, di dalam folder inilah semua file sistem dari sistem operasi Windows Anda tersimpan. Satu saja folder atau file yang terhapus, maka bisa berdampak parah pada Windows Anda. Yang ujung-ujungnya melakukan install ulang OS.

Alamat lokasi foldernya ini berada di drive C:\Windows\System32.

3. Page File

4-folder-ini-di-windows-jangan-anda-hapus-ya-3-oleh-tekno-segiempatFolder selanjutnya yang sebaiknya jangan Anda utak atik apalagi hapus bernama Page File. Walaupun memang folder ini tersembunyi, tapi kalau Anda mengubah settingan pada Windows Anda untuk memperlihatkan semua file yang hidden, maka folder dan file ini akan telihat. Nama file penting di dalam fodler Page File ini adalah Pagefile.sys. Ekstensi yang ada di dalamnya ini adalah .sys yang berarti ini adalah file sistem. Yang mana kalau Anda hapus, maka Windows Anda pun bisa-bisa akan diinstall ulang. Fungsi dari file ini sendiri adalah membuat hardisk seperti layaknya RAM.

Lokasi dari folder ini berada di C:\ pagefile.sys dan hanya bisa Anda lihat kalau menonaktifkan fitu hidden di Windows Anda.

4. System Volume Information

4-folder-ini-di-windows-jangan-anda-hapus-ya-4-oleh-tekno-segiempatUntuk Anda yang mengaktifkan fitur restore point pada komputer Windows Anda, maka pastinya Anda akan melihat folder System Volume Information ini. Saya pribadi tidak mengaktifkan fitur tersebut, karena memang lebih sering menginstal ulang. Folder ini sebenarnya tersembunyi atau hidden. Di mana isinya itu menyimpan informasi mengenai data-data atau setiap aktivitas terakhir yang Anda lakukan di komputer. Sehingga jika terjadi kesalahan, Anda bisa mengembalikan sistem operasi Anda ke beberapa jam atau hari sebelum terjadi crash atau kesalahan di Windows Anda.

Lokasi dari folder ini berada di C:\System Volume Information dan tersembunyi.

LEAVE A REPLY