Virus Ransomware WannaCrypto 2.0 yang membuat masyarakat resah mulai dari Senin, 15 Mei 2017 kemarin, akibat pesan dari KOMINFO yang berbunyi “Hati-hati saat menyalakan komputer yang terhubung ke internet!”. Haruskah pesan tersebut disampaikan secara umum oleh salah satu institusi Negara? Apalagi institusi tersebut merupakan institusi yang memang berhubungan erat dengan hal ini. Ini tentunya akan membuat para masyarakat menjadi lebih resah dan takut untuk menggunakan komputer dan internet lagi.

Apakah ini termasuk sebagai salah satu bentuk larangan dan kebebasan bagi kita untuk menggunakan komputer dan internet di tanah air?

bikin-resah-kominfo-ternyata-ransomware-gampang-diatasi-oleh-tekno-segiempatBagi institusi yang menangani hal tersebut seperti KOMINFO, mungkin sebaiknya jangan menyampaikan hal tersebut dengan nada yang mengkhawatirkan. Pemberian solusi adalah hal yang paling ditunggu tentunya untuk masyarakat mengenai hal tersebut.

Saya sudah mencari-cari di internet mengenai cara untuk mengatasi virus Ransomware WannaCrypto 2.0 ini. Dan, cara-cara tersebut akan Saya bagikan di bawah ini.

1. Install ulang sistem operasi dan format hardisk

bikin-resah-kominfo-ternyata-ransomware-gampang-diatasi-1-oleh-tekno-segiempat

Walaupun cara pertama ini memang akan menghilangkan semua data atau file di dalam komputer Anda, tapi ini tentunya merupakan solusi, bukannya menakut-nakuti untuk tidak membuka komputer dan internet seperti yang disampaikan oleh KOMINFO tersebut.

2. Menghapus virus Ransomware WannaCry

bikin-resah-kominfo-ternyata-ransomware-gampang-diatasi-2-oleh-tekno-segiempat

Cara yang kedua ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan jika komputer Anda sudah terlanjur terjangkit virus tersebut. Di sini Saya menggunakan 2 cara yaitu:

Cara 2.1: Menggunakan antivirus

  • Cabut hardisk komputer Anda yang sudah terkena virus.
  • Pasang atau gandeng hardisk tersebut ke komputer lain yang offline atau bersih dari virus.
  • Install antivirus KasperSky atau ESET 32 terbaru dengan update terbarunya.
  • Scan hardisk yang terinfeksi virus, dengan antivirus tersebut.
  • Pasang lagi hardisk ke komputer sebelumnya.
  • Kemudian, silahkan Anda booting ke Windows seperti biasa.

Cara 2.2: Hapus virus Ransomware secara manual

  • Silahkan boot ke ‘Safe mode”.
  • Tekan “Ctrl + Shift + Esc” untuk membuka Task Manager. Selanjutnya menuju ke tab “Processes”. Setalah itu silahkan Anda cari proses yang mencurigakan, kemudian klik kanan > End Process (End Task).
  • Beralih lagi ke tab “Start Up”, lalu cari software yang tidak Anda kenali dan “Disable”.
  • Tekan tombol Win + R”, kemudian ketikkan “Regedit”. Cari nama “Ransom.CryptXXX” atau “WannaCry” dengan cara tekan “CTRL + F”. Kalau sudah dapat, langsung delete.
  • Tahap terakhir adalah dengan membuka menu RUN dan ketikkan perintah “%AppData%”, “%LocalAppData%”, “%ProgramData%”, “%WinDir%”, “%Temp%”, satu persatu. Kalau di dalam masing-masing folder tersebut ada yang mencurigakan atau mendapatkan nama Ransomware WannaCry, langsung hapus saja.

Nah, seperti inilah cara yang tepat untuk menyampaikan solusi ke masyarakat umum mengenai virus Ransomware WannaCry ini. Sehingga, masyarakat awam pun tidak resah dan takut lagi menggunakan internet dan komputer.

LEAVE A REPLY