Salah satu hal yang cukup mengganggu pada smartphone saat sedang digunakan yaitu suhu panas yang berlebihan. Kebanyakan pengguna smarpthone memang mengeluhkan hal ini. Bahkan, karena suhu panas yang berlebihan tersebut pun bisa membuat smartphone menjadi terbakar seperti pada beberapa kejadian yang kita lihat di sosial media.

Apakah Anda ingin hal tersebut terjadi pada smartphone Anda? Tentunya tidak ada yang mau kan? Apalagi kalau smartphone tersebut adalah smartphone kelas flagship yang harganya mencapai belasan juta rupiah.

Untuk itu, dalam mengatasi permasalahan ini, maka sudah ada banyak juga aplikasi smartphone yang beredar untuk bisa membantu dalam mendinginkan suhu smartphone. Dengan menetralkan suhu dari smartphone tentunya, Anda bisa kembali menggunakan smarpthone Anda dengan lancar. Aplikasi apa saja yang bisa digunakan tersebut? Silahkan Anda simak berikut ini:

1. Device Cooler – Cooling Master

aplikasi-terbaik-untuk-mengatasi-panas-pada-smartphone-1-oleh-tekno-segiempatSmartphone cepat panas dan menjadi lag-lag atau lalod, tentunya akan membuat Anda merasa kesal dan jengkel. Aplikasi pendingin smartphone yang terlalu panas terbaik pertama ini bisa menjadi pilihan untuk Anda. Nama aplikasi ini adalah Device Cooler – Cooling master. Aplikasi ini akan memantau suhu dari perangkat smartphone Anda, sehingga bisa mencegah panas yang berlebihan yang membuat smartphone menjadi lemot.

Cara kerja dari aplikasi ini sendiri adalah dengan membatasi penggunaan daya serta kinerja dari processor di smartphone Anda. Kalau memang ada aplikasi yang tidak penting dan terlalu banyak menguras kinerja dan juga performa dari processor Anda, maka aplikasi ini akan mematikannya atau menghentikan semua prosesnya. Hebatnya lagi, aplikasi Device Cooler – Cooling Master ini bisa Anda dapatkan dari halaman Google Play Store secara gratis tentunya.

2. Coolify

aplikasi-terbaik-untuk-mengatasi-panas-pada-smartphone-2-oleh-tekno-segiempatApakah Anda merasa kalau smartphone Anda itu memiliki suhu panas yang tidak normal atau tidak seperti smartphone pada umumnya? Kalau memang Anda penasaran dan ingin mengetahui hal tersebut, maka Anda bisa mencobanya dengan menggunakan aplikasi yang bernama Coolify ini. Karena, aplikasi ini memang telah dilengkapi dengan fitur untuk mendeteksi apakah suhu panas dari smartphone Anda tersebut memang sudah melebihi batas normal atau masih dalam tahap wajar saja.

Tidak hanya bisa menampilkan suhu dari smartphone Anda tersebut, aplikasi Coolify ini juga bisa terus menerus memonitoring suhu dari smartphone Anda. Karena, aplikasi ini memang bekerja di background. Dengan ini pula, aplikasi Coolify mampu dengan mudah untuk mendeteksi setiap aplikasi yang berjalan di background. Dan, jika memang ada aplikasi yang bekerja secara tidak wajar atau menyebabkan suhu panas berlebih, maka aplikasi Coolify ini akan langsung mematikannya. Dengan menggunakan aplikasi Coolify ini, maka Anda tidak perlu takut lagi suhu dari smartphone Anda akan melonjak terlalu tinggi. Sehingga Anda pun akan lebih nyaman lagi menggunakannya.

3. Cooling Master – Phone Cooler

aplikasi-terbaik-untuk-mengatasi-panas-pada-smartphone-3-oleh-tekno-segiempatUntuk para gamer PC, nama Cooling Master ini mungkin langsung Anda kaitkan dengan Cooler Master yang memang menjadi brand ikon dari sebuah perangkat komputer. Untuk yang satu ini tidak ada hubungannya sama sekali. Karena, aplikasi ini Cooling Master ini sendiri merupakan aplikasi yang bisa Anda install untuk perangkat smartphone saja. Aplikasi ini memang memiliki fungsi untuk mendinginkan atau menetralkan suhu dari perangkat smartphone yang terlalu panas.

Cara kerja dari aplikasi Cooling Master – Phone Cooler ini adalah dengan mengawasi serta mendeteksi setiap aplikasi yang berjalan di smartphone Anda. Di mana saat aplikasi ini sudah dijalankan, maka dia akan terus menerus bekerja di background. Dan, jika didapatkan aplikasi yang memang bekerja tidak wajar, sehingga memicu suhu yang terlalu panas pada smartphone, maka akan langsung dimatikan oleh aplikasi Cooling Master ini. Ini tentunya akan cukup berpengaruh banyak pada kinerja atau daya dari baterai smarpthone Anda, sehingga bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama juga.

4. EaseUS Coolphone-Cool Battery

aplikasi-terbaik-untuk-mengatasi-panas-pada-smartphone-4-oleh-tekno-segiempatUntuk aplikasi keempat yang terbaik dalam menetralkan suhu panas berlebih dari smartphone ini bernama EaseUSCoolphone. Aplikasi ini pun masih memiliki cara kerja yang sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya di atas. Karena, aplikasi ini juga mampu untuk memperbaiki dan mengatasi permasalahan panas berlebih pada smartphone Anda, sehingga bisa cukup menghemat baterai saat digunakan,

Dengan mendeteksi setiap aplikasi yang bekerja di background secara tidak wajar, maka EaseUS Coolphone ini pun akan langsung mematikan aplikasi tersebut. Tidak hanya itu saja, aplikasi EaseUS Coolphone ini pun telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup menarik dengan mengatur setiap aplikasi yang bekerja tersebut, saat smartphone Anda dalam keadaan lock (terkunci). Keren kan?

Tampilan dan cara pengunaannya pun sangatlah mudah, sehingga Anda tidak perlu repot lagi melakukan pengaturan sana sini. Dan, aplikasi ini pun sudah tersedia secara gratis di dalam halaman Google Play Store untuk para pengguna smartphone dengan platform Android.

5. Purify Battery Saver Boost

aplikasi-terbaik-untuk-mengatasi-panas-pada-smartphone-5-oleh-tekno-segiempatAplikasi pendingin smarpthone terbaik terakhir ini bernama Purify. Aplikas ini memiliki cara kerja seperti dengan namanya, yaitu dengan mengatur setiap aplikasi yang berjalan di background agar tidak terlalu memakan resource yang banyak. Dengan cara kerja seperti ini, tentunya smartphone Anda tersebut bisa lebih hemat daya atau baterai lagi, dan permasalahan panas yang berlebihan tersebut pun bisa dengan mudah teratasi.

Hebatnya lagi, Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin dan juga tidak perlu Anda batasi. Sehingga aplikasi-aplikasi yang penting masih bisa berjalan dengan baik dan lancar pada smartphone Anda. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa langsung menginstalnya di perangkat smartphone Anda, melalui halaman Google Play Store.

Nah, itulah beberapa aplikasi smartphone yang bisa membantu meredam panas pada smartphone. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY