Baterai adalah salah satu perangkat terpenting di dalam komponen sebuah smartphone. Karena tanpa adanya baterai tersebut, tentunya smartphone Anda tidak bisa digunakan lagi. Kalau pun memang bisa digunakan, maka Anda tidak bisa membawanya ke mana-mana tanpa ada baterai. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda agar menjaga kondisi baterai smartphone agar bisa lebih awet dan tahan lama.

Cara menjaga kondisi dari baterai smartphone tersebut cukup mudah. Karena, kini sudah banyak sekali aplikasi yang mendukung hal tersebut. Di bawah ini ada 7 aplikasi Android terbaik untuk menjaga kesehatan dari baterai Android yang bisa Anda manfaatkan.

1. Greenify

aplikasi-android-terbaik-untuk-menjaga-kondisi-baterai-1-oleh-tekno-segiempatAplikasi pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu dalam menjaga kondisi baterai pada smartphone Android Anda adalah Greenify. Aplikasi ini memang sangat bermanfaat untuk membantu dalam urusan menghemat baterai smartphone. Bagi Anda yang belum melakukan root atau pun sudah melakukan root pada perangkat Androidnya, maka aplikasi ini masih bisa tetap digunakan. Aplikasi Greenify ini memiliki fitur yang keren untuk bisa menampilkan aplikasi apa saja yang sedang berjalan di perangkat Android Anda.

Tidak hanya itu saja, berbagai macam pengaturan yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa memksimalkan fitur Doze yang memang sudah tersedia pada perangkat Android Marshmallow pada umumnya. Hebatnya lagi, aplikasi Greenify ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Tapi, kalau Anda memang cukup mendukung pengembangan dari aplikasi ini, maka Anda bisa memberikan respon berupa donasi untuk pengembang.

2. Amplify

aplikasi-android-terbaik-untuk-menjaga-kondisi-baterai-2-oleh-tekno-segiempatAplikasi yang kedua ini bernama Amplify, yang bisa menjadi alternatif pengganti untuk Greenify. Akan tetapi, aplikasi ini mengharuskan Anda untuk membuka akses ke dalam root pada perangkat Android Anda. Akses root tersebut diperutunkkan untuk mempermudah Anda dalam melakukan berbagai pengaturan di dalam perangkat Android Anda untuk kebutuhan penghematan baterai.

Kemampuan dari aplikasi Amplify ini adalah bisa untuk melakukan kontrol aplikasi, alarm, serta berbagai macam fitur lainnya yang memang dideteksi untuk menghabiskan baterai pada Android Anda. Dengan adanya material desain yang keren, maka Anda pun dipermudah dalam cara pemakaiannya. Amplify ini memiliki versi yang gratis dan juga pro agar Anda bisa mendapatkan fitur tambahan yang lebih menarik lainnya.

3. DU Battery Saver

aplikasi-android-terbaik-untuk-menjaga-kondisi-baterai-3-oleh-tekno-segiempatAplikasi ini termasuk aplikasi yang memang cukup terkenal saat ini. Aplikasi DU Battery Saver meruapkan aplikasi yang memiliki jumlah user download sebanyak 400 juta kali. Karena, memang aplikasi ini termasuk aplikasi yang bisa bisa memberikan optimasi terbaik terhadap daya baterai di perangkat Android Anda dengan cukup sekali klik saja.

Selain itu, aplikas ini juga memberikan berbagai macam penawaran untuk smart preset, yang bisa Anda sesuaikan dengan penggunaan perangkat Android Anda. Hebatnya lagi, aplikasi DU Battery Saver ini dilengkapi dengan fitru yang bernama Phone Cooler untuk bisa meredam suhu panas yang berlebihan pada Android Anda agar tidak overheat, hingga merusak komponen lainnya.

4. Servicely

aplikasi-android-terbaik-untuk-menjaga-kondisi-baterai-4-oleh-tekno-segiempatAplikasi yang berikutnya untuk membantu dalam menjaga kondisi baterai tetap awet dan tahan lama digunakan adalah Servicely. Cara kerja dari aplikasi ini memang tidak berbeda jauh juga dengan 2 aplikasi di atas. Aplikasi Servicely ini sendiri memiliki kemampuan untuk mematikan semua service yang masih berjalan di background, melakukan backup dan juga notifikasi yang masih saja berjalan saat Anda tertidur, atau saat perangkat Android Anda tidak sedang digunakan.

Akan tetapi, aplikasi ini sendiri memiliki persyaratan untuk bisa menggunakannya yaitu dengan adanya akses root. Tampilan atau interface dari aplikasi Servicely ini sendiri cukup keren dan mudah untuk diguankan. Ada juga beberapa pengaturan yang bisa mempermudah Anda untuk melakukan berbagai kostumisasi sesuai dengan yang Anda butuhkan.

5. ShutApp

aplikasi-android-terbaik-untuk-menjaga-kondisi-baterai-5-oleh-tekno-segiempatAplikasi ini sendiri bekerja sesuai dengan nama yang digunakannya yaitu ShutApp. Aplikasi ShutApp ini berfungsi untuk mematikan aplikasi yang terlalu banyak dan sering menguras daya dari baterai smartphone Android Anda. Anda cukup melakukan sekali tap, maka aplikasi ShutApp ini pun akan langsung mematikan semua aplikasi yang menggunakan daya baterai terlalu besar. Salah satu target utamanya pula yaitu, aplikasi yang berjalan di background.

Manfaat lain dari aplikasi ini adalah bisa memblokir setiap akses data yang ada di dalam aplikasi yang sedang tidak digunakan tersebut. Kamu sendiri pun bisaa dengan mudah untuk memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu arahkan untuk mengakses internet. Hebatnya lagi, aplikasi ini tidak membutuhkan akses root untuk perangkat Android Anda. Jadi, Anda bisa lebih aman menggunakannya.

6. Ampere

aplikasi-android-terbaik-untuk-menjaga-kondisi-baterai-6-oleh-tekno-segiempatAplikasi yang berikutnya ini bernama Ampere. Aplikasi ini juga termasuk dalam salah satu aplikasi Android terbaik untuk bisa menjaga kesehatan dari baterai. Selain itu, aplikasi Ampere ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan monitoring terhadap proses charging di smartphone Android Anda. Untuk Anda yang merasa memiliki smartphone dengan fitur fast charing, maka sebaiknya gunakan aplikasi ini untuk mendeteksi apakah fitur fast charging tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Aplikasi Ampere ini sendiri sudah bisa digunakan untuk perangkat Android dengan sistem operasi Android 4.0 ke atas. Hanya saja, ada beberapa smartphone yang memang tidak bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik, karena chipset yang tidak support. Aplikasi ini menyediakan yang versi gratis dan juga pro, yang tentunya akan diberikan berbagai tambahan fitur yang lebih menarik juga.

7. Snapdragon BatteryGuru

aplikasi-android-terbaik-untuk-menjaga-kondisi-baterai-7-oleh-tekno-segiempatSesuai dengan namanya juga, aplikasi Snapdragon BatteryGuru ini memang paling direkomendasikan untuk Anda yang memiliki perangkat Android dengan processor Qualcomm Snapdragon. Aplikasi ini ditujukan untuk mempermudah Anda dalam menjaga kesehatan baterai, dengan tampilan interface yang lebih simpel dan mempermudah Anda untuk menggunakannya.

Aplikasi SnapdragonGuru ini sendiri memiliki fitur untuk bisa merekam aktivitas dari penggunaan smartphone Anda selama seminggu setelah terinstall. Setelah itu, barulah aplikasi ini mulai bekerja untuk melakukan optimasi pada penggunaan daya baterai di smartphone Android Anda. Keren kan?

LEAVE A REPLY