Bagi Anda yang sering membuka halaman sosial media, untuk membaca update status teman Anda, atau pun sebaliknya, maka Anda tentunya sangat membutuhkan yang namanya internet kan? Kalau Anda menggunakan smartphone seperti Android, maka tentunya Anda juga harus memiliki kuota data internet untuk bisa mengakses internet.

Tapi, seperti yang kita ketahui bersama kalau harga kuota internet itu cukup mahal. Sehingga Anda pastinya tidak ingin menyia-niakan kuota internet Anda begitu saja. Namun, kuota data internet untuk bisa mengakses halaman sosial media itu cukup banyak. Sehingga, Anda pun harus bisa menghemat kuota data internet Anda.

Maka dari itu, di bawah ini Saya akan memberikan Anda beberapa daftar aplikasi smartphone yang bisa menghemat pemakaian kuota data internet Anda saat membuka halaman aplikasi sosial media Anda.

1. SlideChat

7-aplikasi-untuk-buka-sosmed-yang-hemat-kuota-1-oleh-tekno-segiempatAplikasi yang pertama ini bernama SlideChat. Aplikasi ini sangatlah cocok untuk Anda yang menggunakan smartphone yang masih dalam kategori entry atau low level. Karena, memang aplikasi pembuka sosial media ini bisa meredam penggunaan memori internal serta RAM pada smartphone Android Anda yang sangatlah terbatas.

Selain itu, kapasitas baterai pada smartphone Anda juga pastinya akan lebih bertahan cukup lama. Aplikas SlideChat ini bisa terhubung dengan halaman Facebook, Facebook Messenger, dan juga Twitter Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi sosial media tersebut di perangkat smartphone Android Anda. Hebatnya lagi, Anda tidak perlu juga untuk membuka banyak aplikasi, karena memang di dalam aplikasi SlideChat, Anda bisa dengan mudahnya untuk berpindah aplikasi yang satu ke aplikasi lainnya.

2. LINE Lite

7-aplikasi-untuk-buka-sosmed-yang-hemat-kuota-2-oleh-tekno-segiempatAplikasi yang berikutnya bernama LINE Lite. Aplikasi yang satu ini sebenarnya aplikasi LINE juga, hanya didesain ulang tapi dengan tetap memberikan fitur utama dari aplikasi LINE itu sendiri, misalnya teks dan juga Sticker yang unik dan keren yang memang menjadi andalan para pengguna LINE.

Untuk Anda yang memang memiliki kuota yang sangat terbatas atau spesifikasi smartphone yang masih dalam kategori low level, maka aplikasi LINE Lite ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Ini bisa menghemat pemakaian baterai dan juga loh!

3. Facebook Lite

7-aplikasi-untuk-buka-sosmed-yang-hemat-kuota-3-oleh-tekno-segiempatAplikasi ketiga yaitu Facebook Lite. Facebook Lite ini juga sama dengan LINE Lite di atas, dibuat ulang untuk Anda parap pengguna smartphone dengan spesifikasi yang berada di level entry. Karena, memang untuk Facebook Lite ini sangatlah ringan dan juga tidak menguras banyak kuota dari smartphone Anda. Anda pun pastinya tidak akan merasakan lag atau hang lagi saat membuat aplikasi Facebook di perangkat smartphone Anda tersebut.

Selain itu, kapasitas yang digunakan untuk aplikasi ini sangatlah sedikit. Sehingga kapasitas media penyimpanan pada smartphone Anda pun bisa lebih lega. Silahkan Anda coba sendiri dan bandingkan dengan aplikasi Facebook yang sebelumnya.

4. Twitter Lite

7-aplikasi-untuk-buka-sosmed-yang-hemat-kuota-4-oleh-tekno-segiempatMasih menggunakan nama Lite di bagian belakang dari nama aplikasinya, Twitter juga ternyata telah merilis versi Lite-nya untuk para pengguna smartphone yang menginginkan kuota data internetnya bertahan cukup lama digunakan. Selain itu, untuk Anda yang juga masih berada pada daerah yang memiliki kecepatan akses internet terbatas juga masih bisa ngetwit.

Aplikasi Twitter Lite sendiri memungkinkan para penggunanya untuk bisa menggunakan Twitter dengan kuota yang kurang dari 1MB saja loh! Selain kuota yang sangat tipis ini, Twitter versi Lite ini juga menawarkan kelebihan lainnya dari tampilan timeline dan juga navigasi yang lebih simpel dan sederhana dari versi sebelumnya. Tidak hanya itu saja, walaupun memang Twitter Lite ini adalah versi ringan dan kecil dari Twitter aslinya, namun fitur-fitur utamanya seperti Timeline, DM, Trending Topic, Profil, Notifikasi, dan berbagai media pendukung lainnya pun sudah dilengkapi di dalamnya.

5. YouTube Go

7-aplikasi-untuk-buka-sosmed-yang-hemat-kuota-5-oleh-tekno-segiempatIni sangat cocok untuk Anda para Youtuber atau pun untuk Anda yang memang suka nonton video di Youtube. Youtube Go ini merupakan aplikasi besutan dari Google sendiri untuk bisa menghemat pemakaian kuota internet di smartphone Anda. Karena, selain cepat, aplikasi Youtube Go ini juga sangatlah ringan, dan juga memberikan Anda pengalaman streaming video Youtube dalam versi offline yang lebih baik.

Fitur yang tersedia di dalamnya pun tidak jauh berbeda dari versi aslinya. Tapi, keunggulan yang diberikan itu adalah Anda bisa tetap melakukan streaming video, walaupun kuota data Anda sudah menipis dan juga untuk daerah yang kecepatan internetnya masih sangat minim.

6. Opera Max

7-aplikasi-untuk-buka-sosmed-yang-hemat-kuota-6-oleh-tekno-segiempatAplikasi berikutnya yang bisa membantu Anda untuk menghemat kuota data internet saat ingin mengakses sosial media Anda adalah Opera Max. Aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengakses setiap halaman situs seperti sosial media, tapi dengan konten yang dibatasi kapasitasnya. Sehingga kuota data internet Anda pun tidak terpakai banyak saat mengaksesnya.

Dengan menggunakan aplikasi Opera Max ini, maka Anda sudah berhasil menghemat kuota data internet di smartphone Anda sebesar 50%. Jadi, kalau memang Anda termasuk orang yang cukup aktif berinternet atau menggunakan sosial media, aplikasi Opera Max ini sangatlah membantu Anda.

7. Opera Mini

7-aplikasi-untuk-buka-sosmed-yang-hemat-kuota-7-oleh-tekno-segiempatAplikasi berikutnya yang bisa menghemat pemakaian dari kuota data internet di smartphone Anda saat mengakses sosial media adalah Opera Mini. Aplikasi ini sebenarnya adalah browser, yang bisa Anda manfaatkan untuk mengakses halaman situs dari sosial media dan lainnya. Dengan fitur andalan dari browser Opera Mini berupa blokir iklan, dan mode untuk hemat kuota dan energi, dan lainnya, maka kuota data internet Anda pun pastinya akan lebih awet dan tahan lama digunakan.

LEAVE A REPLY