Di kepala Anda pasti masih terekam dengan baik mengenai virus Ransomware WannaCry kan? Virus ini dikabarkan telah berhasil menginfeksi lebih dari 200 ribu komputer di hampir seluruh dunia. Virus ini sebenarnya berpotensi untuk menyebar lebih banyak lagi ke berbagai komputer di seluruh dunia. Akan tetapi, aksi dari seorang pemuda yang usianya masih 22 tahun yang bahkan tidak masuk ke bangku kuliah ini, telah berhasil menghentikan penyebarab dari virus Ransomware yang membuat tim keamanan cyber negara kita ini yaitu Kominfo menjadi resah dan ketakutan.

Pria ini bernama Marcus Hutchsins yang lebih dikenal dengan ID MalwareTech, hanya belajar otodidak di kamarnya saja. Akibat dari aksinya yang bisa dikatakan sebagai pahlawan internet ini, maka Marcus pun mendapatkan berbagai reward baik dari pemerintah Inggris, dan juga dari akun twitter JustEatUK berupa makan Pizza gratis selama 1 tahun penuh. Untuk hadiah uang sendiri, Saya tidak mengetahui jumlah totalnya.

Akan tetapi, Anda tentunya harus tetap waspada terhadap penyebaran virus Ransomware ini lagi. Maka dari itu, Anda tetap wajib menginstall beberapa program yang bisa menangkal serangan dari Ransomware berikut ini:

1. BitDefender Antivirus 2017

5-program-yang-wajib-diinstall-untuk-mengatasi-virus-ransomware-1-oleh-tekno-segiempatNama dari BitDefender memang sudah cukup dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat saat ini. BitDefender Antivirus 2017 adalah salah satu program yang cukup ringan untuk digunakan diberbagai komputer saat ini. Selain itu, fitur yang diberikannya pun cukup banyak, serta memiliki performa yang juga cukup mumpuni saat ini untuk bisa menghadapi serangan dari virus Ransomware tersebut.

Antivirus ini pun mampu melindungi data-data yang ada di dalam komputer Anda dari ancaman virus ransomware secara proaktif. Cara kerja dari BitDefender untuk mencegah ancaman virus tersebut adalah dengan mencegah semua akses ke user Andministrator. Jadi, selain user Administrator tersebut, tidak ada lagi yang bisa membuka file-file di komputer Anda. Dengan ini, virus Ransomware pun pastinya tidak bisa melakukan enkripsi atau menyandera file penting Anda.

Sumber-sumber lain pun menyebutkan kalau komputer-komputer yang telah terinstall antivirus BitDefender 2017 ini tidak ada yang terjangkit virus Ransomware tersebut. Ada berbagai varian virus Ransomware yang bisa terdeteksi oleh BitDefender Antivirus 2017, yaitu TB-Locker, Locky, Petya, and TeslaCrypt. Kalau sudah terdeteksi varian tesebut, maka silahkan Anda gunakan fitur BitDefender Anti Ransomware Tool untuk membasminya.

2. Trend Micro Antivirus+ Security 2017

5-program-yang-wajib-diinstall-untuk-mengatasi-virus-ransomware-2-oleh-tekno-segiempatProgram yang kedua yang bisa digunakan untuk menghentikan virus Ransomware ini adalah Trend Micro Antivirus + Security 2017. Program yang satu ini juga termasuk sebagai software antivirus yang memiliki sejumlah fitur yang cukup bisa diandalkan dalam menghadapi virus Ransomware tersebut. Seperti yang diketahui kalau virus Ransomware ini kebanyak disebarkan melalui email link yang dikirimkan. Nah, fitur dari Antivirus ini pun bisa melindungi email Anda dari scam, memblokir situs yang dianggap berbahaya, melindung komputer dari serangan virus, dan tentunya Ransomware pun termasuk di dalamnya akan dihalangi.

Hebatnya lagi, antivirus Trend Micro ini mampu mencegah program lain untuk melakukan modifikasi folder dan juga file yang bisa melakukan enkripsi atau pun hidden file.

3. Malwarebytes Anti-Ransomware Beta

5-program-yang-wajib-diinstall-untuk-mengatasi-virus-ransomware-3-oleh-tekno-segiempatProgram yang berikutnya bernama Malwarebytes Anti-Ransomware Beta. Walaupun memang masih bertuliskan Beta, tapi antivirus ini sendiri adalah bawaan dari varian Antivirus MalwareBytes yang sebelumnya dirilis di tahuna 2016 lalu. Program ini sendiri sengaja dirilis yang dikhususkan untuk menghadapi virus Ransomware tersebut. Cara kerja dari antivirus ini sendiri adalah dengan melakukan pengawasan terhadap komputer Anda yang sedang online untuk bisa bisa mendeteksi keberaan virus ransomware tersebut.

Nah, kalau virus ransomware sudah terdeteksi, maka program ini pun akan langsung melakukan blokir atau karantina terhadap virus tersebut. Varian Ransomware yang berhasil ditangkap oleh antivirus ini adalah CryptoWall4, CryptoLocker, Tesla, dan CTB-Locker.

4.Cybereason RansomFree

5-program-yang-wajib-diinstall-untuk-mengatasi-virus-ransomware-4-oleh-tekno-segiempatProgram yang selanjutnya ini bernama Cybereason RansomFree, diklaim bisa membunuh virus Ransomware tersebut. Program ini sendiri dibangun oleh kelompok mantan ahli keamanan digital militer. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan melakukan analisasa mengenai karakteristrik setiap program, kemudian menentukan apakah program tersebut termasuk program yang membahayakan pengguna komputer seperti ransomware.

Kalau memang program tersebut merupakan varian ransomware, maka program ini akan langsung melakukan karantian dan memblok serangannya sebelum program tersebut melakukan enkrips di komputer.

5. HitmanPro.Alert

5-program-yang-wajib-diinstall-untuk-mengatasi-virus-ransomware-5-oleh-tekno-segiempatProgram yang terakhir bernama HitmanPro.Alert, yang mana program ini sendiri memberikan perlindungan dari malware serta ransomware yang ada di komputer Anda. Program ini sendiri bisa dengan mudah melakukan pendeteksian malware yang bahkan untuk antivirus lainnya akan kesulitan melakukan hal tersebut.

Cara kerja dari program ini sendiri adalah dengan melakukan analisa terhadap virus ransomware tersebut. Setelah itu, langsung menghentikan langkah serangan dari antivirus tersebut. Hebatnya lagi, antivirus yang satu ini bisa membantu dalam mengembalikan file-file yang telah terinfeksi virus Ransomware tersebut. Keren kan?

Nah, itulah beberapa program antivirus yang bisa Anda gunakan untuk menghentikan penyebaran dari virus Ransomware tersebut di komputer Anda. Dengan cara ini tentunya komputer-komputer yang lain bisa terhindari dari penyanderaan file oleh virus Ransomware tersebut. Namun, walaupun memang sudah ada program antivirus yang bisa membasmi virus Ransomware ini, tentunya tindakan pencegahan tetaplah yang terbaik untuk dilakukan saat ini. Selain menghentikan penyebaran virus ransomware, tindakan pencegahan ini tentunya akan menghalangi jenis virus lainnya untuk bisa masuk ke dalam komputer Anda. Anda bisa membaca artike Saya sebelumnya yang terkait mengenai pencegahan infeksi virus komputer di bawah ini:

LEAVE A REPLY