Salah satu kerusakan pada laptop yang sering Saya temui itu adalah layar LCD-nya. Kerusakan layar itu bisa berupa layar yang bergaris, layar dengan bercak putih, layar yang berubah warna, dan lain sebagainya. Kerusakan yang umum tersebut tentunya merupakan masalah hardware (layar) laptop itu sendiri. Sehingga, mau tidak mau tindakan perbaikan yang harus dilakukan adalah dengan mengganti layar LCD-nya. Karena, kecil  kemungkinan untuk bisa memperbaiki lagi layar LCD yang sudah rusak, tidak seperti dengan layar monitor CRT yang memang komonen RGB-nya itu masih bisa diperbaiki jika ada kerusakan pada tampilan layar monitor.

Untuk itu, tips-tips di bawah ini mungkin bisa membantu  dalam menjaga  dan merawat layar LCD laptop agar tetap awet dan tahan lama.

Back
Next

Selalu membatasi waktu penggunaan

tips-merawat-layar-lcd-laptop-agar-tetap-awet-1-oleh-tekno-segiempatSetiap perangkat memiliki batasan penggunaan, di mana jika batasan tersebut sudah terlampui, maka performa akan menurun atau bahkan menjadi rusak. Untuk itu, tips pertama yaitu  membatasi waktu penggunaan laptop adalah hal penting untuk diketahui agar bisa tetap menjaga daya tahan dari layar LCD laptop Anda. Namun, jika memang Anda itu harus selalu lembur dan menggunakan laptop tersebut, maka hal yang harus Anda lakukan adalah  dengan sering-sering merestart dan juga shutdown setiap 5 sampai 6 jam.

Penggunaan layar LCD laptop yang berlebihan akan membuat komponen  di dalamnya itu pasti terasa panas. Dan, jika sudah kepanasan seperi itu, maka bisa saja sel liquid yang digunakan pada layar akan terpengaruh, dan membuat warna layar  kadang berubah. Dan, kondisi yang paling parah, layar laptop tidak ada tampilan sama sekali, walaupun lampu indikator power masih menyala, yang tandanya mesin laptop masih tetap bekerja.

Back
Next

LEAVE A REPLY