Hardisk ini masih terdiri dari hardware-hardware mekanik (bergerak) untuk proses penyimpanan datanya. Tidak seperti dengan SSD atau flashdisk yang sudah menggunakan sebuah chip, sehingga tentunya memiliki kemungkinan untuk mengalami kerusakan akan sedikit. Sedangkan pada hardisk yang harus menyimpan data dalam keadaan berputar ini tentunya akan rentan akan kerusakan. Ini sama halnya Anda memutar roda dengan cepat, dan tiba-tiba mengerem, maka hasilnya tentunya gear pada roda tersebut akan amblas.

Pada hardisk kejadian seperti itu tentunya bisa terjadi. Dan, itu bisa membuat kerusakan yang sering dikenal dengan nama bad sector. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa tips dari Saya agar hardisk laptop Anda pun bisa tetap terjaga dengan baik, dan tidak cepat rusak atau bad sector.

Back
Next

Matikan laptop Anda dengan cara normal (Shutdown)

tips-ampuh-untuk-mencegah-hardisk-laptop-cepat-rusak-1-oleh-tekno-segiempatHal yang pertama ini memang masih sangat jarang yang mengetahuinya. Kebanyakan pengguna komputer seperti laptop yang masih awam, biasanya akan menekan kembali tombol power saat ingin mematikan laptopnya sendiri. Mematikan laptop dengan menekan tombol Shutdown langsung ini memang perlu juga dilakukan. Akan tetapi, cara ini biasanya digunakan hanya untuk laptop yang mengalami hang atau tidak ada lagi yang bisa dilakukan pada laptop tersebut, mulai dari mouse, hingga keyboardnya.

Tapi, jika Anda menggunakan cara ini secara rutin pada laptop Anda, maka bisa dipastikan kalau usia dari hardisk laptop Anda ini mungkin hanya bisa bertahan sampai beberapa bulan ke depan saja. Karena, saat hardisk sedang digunakan atau komputer masih dalam tahap pemrosesan, dan tiba-tiba dimatikan begitu saja, maka tentunya data-data yang seharusnya masih dalam tahap proses penyimpanan di dalam hardisk ini akan rusak, dan itu bisa mempengaruhi performa dari hardisk.

Untuk itu, dalam mematikan komputer itu, diwajibkan harus menggunakan menu shutdown, bukannya tombol shutdown. Dan, ini juga berlaku untuk perangkat komputer desktop (PC).

Back
Next

LEAVE A REPLY