VRAM pada komputer memiliki fungsi untuk bisa menambah kemampuan dari pengolah grafis menjadi lebih baik. Semakin tinggi jumlah pada komputer maka kualitas grafis yang akan dihasilkan nantinya akan semakin bagus pula. Penggunaan VRAM ini biasanya hanya untuk komputer seperti PC atau laptop yang memang sudah dilengkapi dengan chipset GPU bawaan. Chipset GPU ini sendiri bisa saja termasuk bawaan dari processor/CPU (Internal) dan juga VGA Card (Eksternal).

Kalau memang pada komputer Anda sekarang memiliki VRAM yang masih kurang saat ini menjalankan game, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan VRAM tersebut. VRAM ini tidak berbentuk fisik seperti RAM/Memori. VRAM (Virtual RAM) yang memang salah satu persyaratan dari sebuah game untuk bisa menjalankan grafisnya ini akan lebih mudah didapatkan jika Anda memasang sebuah VGA card. Tapi, kalau untuk pengguna laptop, VGA Card tentunya cukup sulit untuk dipasang, tanpa ada bantuan perangkat tambahan lainnya.

Akan tetapi, bagi Anda yang memang ingin menambahkan kapasitas VRAM tersebut, maka artikel ini sangat cocok bagi Anda. Karena, kali ini memang Saya ingin membagikan artikel mengenai cara menambahkan VRAM untuk PC atau laptop yang menggunakan processor Intel dengan GPU bawaan yang bernama Intel HD Graphic.

Cara tambahkan VRAM untuk GPU Intel HD Graphic

cara-tambahkan-vram-intel-hd-graphic-untuk-main-gta-v-1-oleh-tekno-segiempat

Tahu gak kalau VRAM Intel HD Graphic saat ini sudah bisa melebihi kapasitas VRAM yang ada pada VGA Card HTX Titan X? VRAM pada Intel HD terbaru saat ini sudah bisa support sampai pada batasan 64GB, dibandingkan dengan GTX Titan X hanya 12GB. Hanya saja untuk bisa mendapatkan VRAM sebesar itu, jumlah kapasitas RAM (memori) fisik Anda harus diupgrade dulu. Karena, memang untuk bisa menambahkan kapasitas VRAM pada Intel HD ini akan menggunakan fitur yang bernama Shared Memori. Jadi, semakin besar kapasitas RAM yang Anda miliki, maka kapasitas shared memori yang bisa Anda lakukan pun bisa lebih besar untuk kebutuhan VRAM.

Bagaimana cara melakukan shared memory untuk menambahkan VRAM?

cara-tambahkan-vram-intel-hd-graphic-untuk-main-gta-v-2-oleh-tekno-segiempat

Untuk melakukan hal ini, selain menambah kapasitas RAM fisik Anda, pada motherboard PC atau laptop Anda juga harus sudah mendukung fitur shared memory ini. Walaupun kapasitas RAM Anda sudah besar, tapi, kalau motherboard komputer Anda memang tidak mendukung melakukan shared memory, maka penambahan VRAM ini tentunya tidak dapat dilakukan. Maka dari itu, pastikan motherboard Anda memiliki fitur tersebut pada BIOS-nya. Kalau belum mendukung, maka Anda bisa mencoba melakukan update BIOS.

Kalau sudah mendukung, maka silahkan Anda masuk saja pada menu BIOS komputer Anda. Setelah itu silahkan Anda cari menu konfigurasi Shared Memory tersebut. Lalu, silahkan Anda masukkan kapasitas VRAM yang ingin Anda pakai dari RAM Anda.

Nah, dengan cara ini tentunya Anda sudah bisa memainkan game GTA V dengan lancar. Di bawah ini ada contoh video yang menggunakan Intel HD Graphic 610 dari processor Intel G4560 (belum Core i). GTA V bermain pada kofigurasi low dengan 30FPS resolusi 720P.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY