Pada artikel sebelumnya Saya sempat membahas mengenai hal yang penting diketahui sebelum upgrade hardisk laptop. Di dalam artikel tersebut Saya menuliskan sedikit mengenai memanfaatkan hardisk internal bekas laptop yang sudah tidak terpakai, karena sudah digantikan dengan yang baru. Nah, cara memanfaatkannya itu adalah dengan menjadikan hardisk bekas laptop tersebut menjadi hardisk eksternal.

Sebelum kita melanjutkan untuk cara mengubah hardisk internal laptop menjadi hardisk eksternal yang bisa dicollok pada port USB, maka Anda sebaiknya beberapa hal berikut ini:

  • HDD External case 2,5 inci
  • USB to SATA
  • Hardisk laptop

Untuk mendapatkan HDD External case dan juga USB to SATA ini cukup mudah. Anda cukup mendatangi pusat perbelanjaan komputer terdekat di kota Anda. Kalau Anda tidak yakin kalau HDD External tersebut tidak cocok atau pas dengan hardisk eksternal Anda, maka Anda bisa membawa serta hardisk Anda untuk mencocokkannya. Sedangkan untuk USB to SATA ini semuanya pasti akan cocok.

Nah, setelah semua perlengkapan tersebut telah Anda siapkan maka Anda bisa melihat langkah-langkah penggunaan perangkat di atas agar bisa mengubah hardisk internal laptop Anda menjadi hardisk eksternal.

Mengubah hardisk internal laptop menjadi hardisk eksternal dengan HDD External case

Kenapa Saya memilih HDD External case? Karena memang dengan menggunakan perangkat ini akan jauh lebih mudah dan juga lebih simpel. Karena, kalau Anda menggunakan USB to SATA maka ini akan sedikit ribet, karena memang USB to SATA ini mengharuskan Anda untuk bisa menggunakan lagi colokan listrik untuk power adapternya.

  • Untuk langkah pertama pemasangan hardisk internal laptop ke dalam HDD case eksternal ini adalah dengan melepaskan dulu penutup dari HDD case eksternal tersebut agar hardisk bisa masuk.

cara-menjadikan-hardisk-internal-laptop-menjadi-eksternal-1-oleh-tekno-segiempat

  • Tahap kedua adalah dengan memasang hardisk dengan hati-hati ke dalam HDD case eskternal tersebut, sekaligus dengan port converter power dan datanya.
  • Pasang kembali penutup dari HDD eksternal case tersebut dan pastikan semua baut tersebut benar-benar terpasang dengan kencang dan tidak ada yang goyang-goyang lagi.

cara-menjadikan-hardisk-internal-laptop-menjadi-eksternal-4-oleh-tekno-segiempat

  • Jika semuanya sudah Anda pastikan terpasang dengan baik dan kencang serta tidak ada lagi yang goyang, maka coba Anda hubungkan kabel data USBnya dengan PC atau laptop Anda.

cara-menjadikan-hardisk-internal-laptop-menjadi-eksternal-5-oleh-tekno-segiempat

Biasanya, beberapa HDD case eksternal tersebut tidak benar-benar pas dengan hardisk. Sehingga saat memasangnya masih ada beberapa ruang yang kosong. Ini karena beberapa hardisk memang memiliki beberapa desain yang sedikit berbeda. Dan, untuk mengatasi hal tersebut, Saya biasanya menggunakan kertas atau busa untuk mengganjal bagian yang hardisk yang tidak pas tersebut agar tidak goyang-goyang. Kalau pemasangannya ini tidak pas dan masih ada yang terasa goyang, dikhawatirkan hardisk akan mengalami arus pendek dan terbakar.

Nah, itulah informasi yang bisa Saya sampaikan mengenai cara mengubah hardisk bekas laptop menjadi hardisk eksternal. Semoga bisa membantu.

LEAVE A REPLY