Home » Tips & Cara » Teknologi » Komputer » Cara Mengkalibrasi Baterai Laptop

Cara Mengkalibrasi Baterai Laptop


Cara Mengkalibrasi Baterai Laptop Oleh Cara SegiempatCara mengkalibrasi baterai laptop ini mungkin belum Anda ketahui. Anda sedang menggunakan laptop, dan tiba-tiba laptop Anda mati tanpa peringatan dari Windows. Anda bertanya-tanya apa yang terjadi. Bahkan jika Anda memperlakukan baterai laptop Anda dengan baik, kapasitas baterai Anda akan berkurang dari waktu ke waktu. Meteran daya built-in baterai memperkirakan seberapa banyak daya yang tersedia dan seberapa banyak waku yang tersisa sampai baterai laptop Anda habis. Tetapi terkadang meteran tersebut memberikan Anda perkiraan yang salah.

 

Cara Mengkalibrasi Baterai Laptop Secara Manual

Anda bisa mengkalibrasi baterai laptop tanpa tool khusus. Proses dasarnya sederhana:

  • Isi daya baterai Anda sampai penuh, 100%.
  • Istirahatkan baterai Anda selama paling tidak dua jam, dan biarkan colokan listrik terpasang. Hal ini akan memastikan bahwa baterai didinginkan dari proses pengisian daya. Anda bebas menggunakan komputer Anda secara normal sementara laptop Anda menyala.
  • Pergilah ke pengaturan “power management” laptop Anda dan aturlah laptop  agar “sleep” atau “hibernate” secara otomatis saat daya baterai mencapai 5%.Gambar Pertama Cara Mengkalibrasi Baterai Laptop Oleh Cara Segiempat
  • Cabutlah kabel daya dan biarkan baterai komputer Anda berkurang, sampai laptop Anda “sleep” atau “hibernate” secara otomatis. Anda bisa tetap menggunakan laptop Anda secara otomatis sementara proses ini berlangsung.

Catatan: jika Anda ingin mengkalibrasi baterai Anda saat Anda tidak menggunakan aptop, pastikan laptop Anda tidak diatur untuk “sleep,” hibernate,” atau “turn of the display” secara otomatis jika tidak digunakan. Jika laptop Anda secara otomatis memasuki mode power-saving saat Anda tidak menggunakannya, laptop akan menyimpan daya dan tidak akan melepaskan daya baterai dengan baik.

  • Biarkan laptop Anda selama 5 jam setelah laptop Anda secara otomatis melakukan “shut down.”
  • Colok kembali laptop Anda dengan kabel daya, dan isi kembali daya baterai sampai 100%. Anda bisa menggunakan komputer Anda secara normal pada proses ini.
  • Pastikan pengaturan “power management” diatur pada pengaturan standar. Contohnya, Anda mungkin ingin agar laptop Anda secara otomatis mematikan layar dan lalu melakukan “sleep” saat Anda tidak menggunakannya untuk menghemat daya baterai.

Setelah proses diatas, laptop Anda seharusnya memberikan laporan yang lebih akurat tentang daya baterai Anda.

 

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: