Home » Tips & Cara » Teknologi » Komputer » Cara Menggunakan Tool Startup Lanjutan Untuk Memperbaiki Windows 8

Cara Menggunakan Tool Startup Lanjutan Untuk Memperbaiki Windows 8


Tool startup lanjutan pada Windows 8 memiliki fungsi yang berbeda dengan opsi Windows versi sebelumnya. Jika sistem Windows 8 Anda tidak dapat melakukan boot dengan benar, tool startup lanjutan akan muncul secara otomatis sehingga Anda dapat mengatasi masalah yang terjadi.

 

Memilih Opsi Yang Ada

Setelah Anda mengakses opsi startup lanjutan, Anda harus mengklik (atau mengetuk) opsi Troubleshoot untuk mengakses opsi troubleshoot and repair. Opsi Continue dan Turn off your PC akan melanjutkan booting Windows (dengan asumsi tidak ada masalah pada Windows) atau mematikan komputer Anda.Gambar Pertama Cara Menggunakan Tool Startup Lanjutan Untuk Memperbaiki Windows 8 Oleh Segiempat

 

Troubleshoot

Layar Troubleshoot menyediakan akses mudah ke opsi Refresh dan Reset your PC. Opsi ini biasanya berguna jika Anda ingin melakukan refresh ataupun reset komputer Anda, tetapi tidak dapat masuk kedalam Windows.Gambar Kedua Cara Menggunakan Tool Startup Lanjutan Untuk Memperbaiki Windows 8 Oleh Segiempat

  • Refresh your PC: Opsi ini melakukan restore pada program sistem ke keadaan awal tanpa menghapus file ataupun aplikasi modern yang terpasang, tetapi menghapus aplikasi desktop.
  • Reset your PC: Opsi ini akan melakukan reset pada komputer Anda ke keadaan awal. Semua file dan pengaturan pada komputer Anda akan dihapus.

Jika Anda hanya ingin memperbaiki komputer Anda dan tidak yakin opsi apa yang harus dipilih, cobalah untuk memilih opsi Refresh your PC, jadi Anda tidak kehilangan semua file Anda.

Untuk tool troubleshoot dan repair, klik (atau ketuk) Advanced options.

 

Advanced Options

Layar Advanced Options memiliki opsi lanjutan untuk troubleshoot dan repair.Gambar ketiga Cara Menggunakan Tool Startup Lanjutan Untuk Memperbaiki Windows 8 Oleh Segiempat

  • System Restore: Opsi ini akan melakukan restore dengan restore point terbaru. Sama seperti menggunakan System Restore dalam Windows. Jika Windows 8 tidak dapat melakukan boot, Anda dapat melakukan restore sehingga komputer Anda bisa melakukan booting dengan baik.
  • System Image Recovery: Opsi ini akan melakukan restore dengan menggunakan file image sistem Anda. Image sistem akan menimpa seluruh keadaan dan file komputer Anda.
  • Automatic Repair: Opsi ini akan mencoba untuk memperbaiki masalah yang terjadi secara otomatis, yang menghalangi Windows melakukan booting dengan benar. Jika komputer Anda tidak dapat melakukan boot kedalam Windows, opsi ini patut Anda coba.
  • Command Prompt: Opsi ini akan membuka Command Prompt. Anda dapat menjalankan berbagai macam perintah untuk troubleshoot dan memperbaiki komputer Anda. Opsi ini untuk para pengguna komputer lanjut.
  • Startup Settings: Opsi ini membolehkan Anda untuk memodifikasi sejumlah opsi startup. Contohnya, Anda bisa mengaktifkan Safe Mode dari sini. Anda juga bisa mematikan automatic restart after failure. Opsi ini membuat Anda bisa melihat pesan eror jika komputer Anda terus melakukan reboot dan menampilkan blue-screen.

Gambar Keempat Cara Menggunakan Tool Startup Lanjutan Untuk Memperbaiki Windows 8 Oleh Segiempat

Opsi lanjutan disini mungkin bisa membuat Anda mengatasi masalah komputer Anda. Opsi Automatic Repair biasanya berguna, dan opsi System Restore atau Safe Mode dapat membantu Anda melakukan booting Windows 8. Jika tidak ada satupun dari opsi ini bekerja, Anda mungkin harus melakukan refresh atau reset penuh.

 

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: