Home » Tips & Cara » Teknologi » Komputer » Cara Mengembalikan Email yang Tidak Sengaja Terhapus

Cara Mengembalikan Email yang Tidak Sengaja Terhapus


Jika Anda menjaga kebersihan dan kerapihan kotak masuk email, Anda mungkin seringkali menghapus email secara berkala. Jika Anda mempraktekkan hal ini, Anda mungkin akan terkadang mendapati bahwa Anda menghapus email penting secara tidak sengaja. Untungnya, email semacam ini biasanya tidak langsung terhapus begitu saja. Pada cara mengembalikan email yang tidak sengaja terhapus ini, email yang dihapus akan ripindahkan ke folder Deleted Items di Outlook, atau di folder Trash pada klien email lainnya. Folder semacam ini akan dikosongkan secara otomatis. Jadi sebelum folder ini dibersihkan secara otomatis, Anda bisa mengembalikan email tersebut.

Cara Mengembalikan Email yang Tidak Sengaja Terhapus Oleh Cara Segiempat

Fungsi Undo

Saat Anda menghapus email, email tersebut akan dipindahkan ke folder Deleted Items atau folder Trash. Karena folder tersebut tidak langsung dibersihkan, Anda bisa menggunakan fungsi Undo untuk mengembalikan email yang Anda hapus secara tidak sengaja. Anda bisa menggunakan fungsi “Undo” daru menu “File” atau menekan tombol CTRL+Z untuk melakukan undo dari tindakan yang baru saja Anda lakukan pada Outlook.

 

Folder Deleted Items

Jika Anda tidak sengaja menghapus email dan lupa kapan Anda menghapusnya, email tersebut mungkin saja masih berada didalam folder Deleted Items atau folder Trash. Folder Deleted Items ini ada pada daftar semua folder pada panel kiri Outlook. Anda bisa membuka folder ini sama seperti folder lainnya. Bukalah folder Deleted Items ini untuk mencari email yang terhapus. Setelah mendapatkannya, Anda bisa mengembalikannya ke folder “Inbox” atau ke folder lainnya. Jika tidak ada, berarti email tersebut dihapus permanen.

 

Mengembalikan Email yang Terhapus

Jika Anda memiliki akun Microsoft Exchange, Anda mungkin mampu mengembalikan email yang terhapus bahkan jika email tersebut sudah tidak ada dalam folder Deleted Items. Pada menu Folder, Anda bisa memilih opsi “Recover Deleted Items.” Setelah itu, Anda bisa memilih setiap email yang ingin Anda kembalikan. Cara ini akan mengembalikan email yang terhapus pada folder Deleted Items, tetapi bukan dari server Microsoft. Jika email yang Anda inginkan tidak ada, berarti email tersebut sudah hilang sepenuhnya.

 

Pengaturan Penghapusan

Jika Anda khawatir jika nantinya menghapus email penting secara tidak sengaja, Anda harus mengkonfigurasi Outlook agar tidak membersihkan folder Deleted Items saat Anda menutup Outlook. Untuk melakukannya, bukalah menu “Options” dari tab “File.” Setelah itu, pastikan tanda centang dihilangkan pada kotak “Empty the Deleted Items folder upon exiting.”

 

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: