Untuk memformat flashdisk dengan mudah mungkin akan lebih mudah jika melalui halaman Windows Explorer. Hanya saja, beberapa flashdisk yang bermasalah atau error seperti tidak bisa diformat atau write protected itu tidak bisa dilakukan melalui Explorer. Nah, untuk flashdisk yang bermasalah seperti ini biasanya harus diformat di halaman Command Prompt (CMD) seperti di bawah ini.

Cara format flashdisk menggunakan command prompt (CMD)

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah dengan menghubungkan flashdisk dengan PC atau laptop Anda.
  • Setelah itu, silahkan Anda buka Command Prompt (CMD) dengan menggunakan Run as Administrator.

cara-format-flashdisk-di-command-prompt-cmd-1-oleh-tekno-segiempat

  • Jika halaman CMD tersebut sudah terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah diskpart, dan tekan tombol Enter.
  • Setelah jendel Diskpart sudah terbuka, silahkan Anda ketikkan lagi perintah list disk, dan Enter. Perintah ini akan menampilkan daftar dari drive (hardisk) Anda yang aktif. Di sini Anda tidak akan melihat partisi C, D, E, atau lainnya, karena memang pembagian drive di sini berdasarkan hardisk dan termasuk juga flashdisk. Anda bisa menandai flashdisk Anda dengan kapasitas yang dimilikinya. Pastikan Anda memilih nomor yang kapasitasnya itu sesuai dengan kapasitas dari flashdisk Anda.
  • Jika Anda sudah mengetahui kapasitas dari flashdisk Anda, maka silahkan Anda ketikkan nomornya. Biasanya hardisk komputer itu ditunjukkan dengan angka “0” dan media penyimpanan selanjutnya di mulai dari angka “1” dan seterusnya. Kalau memang Anda hanya punya 1 hardisk saja di komputer, maka kemungkinan flashdisk Anda adalah nomor “1”. Silahkan ketikkan angka “1” dan tekan Enter.

cara-format-flashdisk-di-command-prompt-cmd-2-oleh-tekno-segiempat

  • Setelah itu, silahkan Anda ketikkan lagi perintah clean untuk membersihkan isi dari flashdisk Anda.
  • Setelah itu, silahkan ketikkan lagi perintah list disk. Jika pada sisi kiri flashdisk Anda tersebut ada tanda *, maka itu berarti flashdisk Anda sudah siap diformat.
  • Kemudian Anda ketikkan lagi perintah create partition primar, lalu tekan tombol Enter.
  • Ketikkan lagi perintah select partition 1, yang mana angka 1 tersebut merupakan flashdisk Anda. Angka 1 adalah list dari flashdisk tersebut.
  • Setelah itu, silahkan Anda ketikkan perintah active, dan tekan Enter agar partisi tersebut sudah benar-benar aktif.

cara-format-flashdisk-di-command-prompt-cmd-3-oleh-tekno-segiempat

  • Pada langkah berikutnya adalah dengan mulai memformat dalam file type NTFS dan dengan perintah format FS=NTFS label=SegiEmpat quick. Silahkan Anda ganti nama SegiEmpat dengan yang Anda inginkan.

cara-format-flashdisk-di-command-prompt-cmd-4-oleh-tekno-segiempat

  • Setelah proses formatnya selesai, maka Anda bisa menutup jendela Diskpart dan CMD tersebut.

cara-format-flashdisk-di-command-prompt-cmd-5-oleh-tekno-segiempat

Nah, kini flashdisk Anda sudah terformat dengan menggunakan perintah CMD saja. Cara ini memang sedikit rumit untuk dilakukan daripada harus menggunakan halaman Windows Explorer. Namun, cara ini juga cukup ampuh pada flashdisk yang bermasalah seperti tidak bisa terformat atau yang flashdisk yang menampilkan pesan Write Protected. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY