Kata-kata Hacker saat ini sepertinya sudah terlalu sering kita dengarkan belakangan ini. Setiap adanya kasus pemalsuan dalam dunia digital, kerusakan komputer karena virus, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan konten digital, maka Hacker-lah sasarannya. Padahal, kata Hacker ini sebenarnya merujuk ke hal-hal yang benar. Untuk hal yang buruk-buruk itu dalam dunia teknologi dikenal dengan nama cracker.

Hal yang paling mudah membedakan antara hacker dan juga cracker itu adalah pada keseharian kita. Bagi Anda yang suka nonton-nonton video Youtube atau di Facebook, maka Anda pasti sering melihat video Hack seperti contohnya “3 life hacks with matches” pada link video youtube.com/watch?v=hks_TtC5uC8. Sedangkan pada Cracker itu lebih kepada hal yang merusak seperti, crack program atau game gratisan.

Jadi intinya Hack itu bisa dikatakan sebagai mencari jalan pintas untuk menyelesaikan sesuatu dengan lebih mudah dengan cara yang baik dan benar. Dunia hack jangan terlalu disangkut pautkan dengan dunia teknologi seperti komputer. Karena, hack itu bisa dimana saja, kapan saja, dan pada apa saja.

Berbicara masalah hack, kali ini Saya akan membahas mengenai cara untuk membobol password Wifi yang biasa digunakan oleh seorang Hacker Profesional. Cara ini memang dianggap tidak wajar dan tidak diperbolehkan. Tapi, kalau Anda memang sedang kepepet untuk membutuhkan jaringan internet, maka tentunya cara hack password Wifi bisa Anda gunakan. Lagi-lagi,  hanya untuk kebaikan ya!

1. Membobol router langsung

cara-cara-yang-sering-digunakan-hacker-untuk-membobol-password-wifi-1-oleh-tekno-segiempatCara ini adalah cara paling umum dan pasti merupakan cara paling pertama yang digunakan hacker untuk membobol sebuah jaringan Hotspot (Wifi). Cara ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai cara paling awam untuk para penggiat teknologi. Cara ini sama saja dengan masuk ke rumah sendiri dengan membawa kunci sendiri. Karena, umumnya setiap router itu memiliki user dan password defaultnya. User dan password default wifi ini biasanya tidak diganti atau diubah oleh si pemiliki router karena tidak tahu cara untuk mengubahnya.

Untuk bisa membobol router tersebut, maka cukup dengan membuka alamat url 192.168.1.1 di browser Anda. Setelah itu, masukkan username “admin”, password “admin”. Kalau cara ini memang belum berhasil, maka baru bisa melangkah ke cara yang kedua dengan menggunakan perangkat tambahan dan juga tools tambahan.

2. Install aplikasi Android

cara-cara-yang-sering-digunakan-hacker-untuk-membobol-password-wifi-2-oleh-tekno-segiempatPerangkat dan tools tambahan yang biasa digunakan seorang hacker itu adalah smartphone seperti Android. Di Android sendiri sudah banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membobol password dari router atau wifi yang masih menggunakan sistem keamanan WPS tersebut. Akan tetapi, untuk bisa menggunakan aplikasi Android pembobol Wifi ini, maka perangkat Android Anda pun harusnya di root terlebih dulu.

3. Wireshark

cara-cara-yang-sering-digunakan-hacker-untuk-membobol-password-wifi-3-oleh-tekno-segiempatTool yang kedua yang biasa digunakan seorang hacker untuk membobol sebuah wifi itu adalah Wireshark. Tool yang satu ini sebenarnya adalah tool yang sudah lama beredar. Wireshark ini sendiri adalah Network Protocol Analyzer yang bisa menjadi salah satu Network Analysis Tool atau dengan bahasa lain dikenal dengan nama Packet Sniffer. Hebatnya, tool Wireshark ini memang tidak hanya digunakan untuk membobol password Wifi saja, melainkan untuk melakukan penyadapan terhadap komputer orang lain juga loh!

Kalau Anda berada pada satu jaringan Wifi yang sama dengan teman atau target penyadapan Anda, maka Anda bisa dengan mudah untuk mengetahui lalu lintas data yang ada di komputer target Anda. Dan, kalau Anda bisa membobol Wifi, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk mengetahui berapa besar kuota, sampai dengan mengetahui apa saja yang dilakukan oleh orang-orang menggunakan Wifi tersebut.

4. Aircrack

cara-cara-yang-sering-digunakan-hacker-untuk-membobol-password-wifi-4-oleh-tekno-segiempatTool yang berikutnya bernama Aircrack, yang katanya ini mirip-mirip dengan Wireshark di atas. Di mana fungsi dari Aircrack ini juga untuk bisa melalukan pemantauan serta analisa terhadap jaringan Wifi di sekitar Anda. Keunikan lain dari tool yang satu ini adalah jika Anda sudah terhubung ke sebuah jaringan Wifi atau hotspot tertentu, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk mencari tahu password yang digunakna oleh jaringan WEP (Wired Equivalent Privacy) maupun WPA (Wi-Fi Protected Access). Sebenarnya, tool yang satu ini tidaklah digunakan untuk membobol sembarangan wifi, melainkan hanya untuk menguji kekuatan dan password dari suatu jaringan.

5. Command Prompt (CMD) Windows

Untuk yang berikutnya adalah menggunakan tools bawaan dari sistem operasi komputer sejuta umat yaitu Windows. Di dalam Windows ini sebenarnya kita sudah dilengkapi dengan berbagai tool bawaan untuk melakukan hacking ke perangkat komputer lainnya. Salah satu tool tersebut adalah CMD yang merupakan CLI dari Windows itu sendiri. Di jendela CMD ini Anda hanya bisa menuliskan baris perintah saja untuk bisa melakukan hack wifi tersebut. Cara ini hanya pernah Saya gunakan pada laptop yang menggunakan Windows 8 dan juga 10. Di bawah ini adalah perintah CMD yang bisa digunakan:

netsh wlan show network mode=bssid

cara-cara-yang-sering-digunakan-hacker-untuk-membobol-password-wifi-5-oleh-tekno-segiempatPerintah tersebut nantinya akan memunculkan semua jaringan Wifi yang tersedia di sekitar Anda. Hacker biasanya akan menggunakan semua paket data yang lewat melalui jaringan tersebut, agar bisa terhubung ke salah satu jaringan wifi, tanpa harus memasukkan passwordnya. Pastikan Anda menjalankankan CMD tersebut dengan menggunakan fitur Run as Administrator.

6. WifiSlax

cara-cara-yang-sering-digunakan-hacker-untuk-membobol-password-wifi-6-oleh-tekno-segiempatTool yang terakhir yang biasanya digunakan oleh seorang Hacker untuk membobol wifi yang berpassword itu bernama WifiSlax. Tool ini sendiri tersedia untuk perangkat komputer Windows dan juga Mac OS. Cara penggunaan dari WifiSlax ini cukup unik. Seorang Hacker yang profesional biasanya hanya akan membuat jaringan Wifi yang memiliki nama sama dengan Wifi target. Setelah itu, tool ini nantinya akan melakukan perakaman terhadap password yang digunakan oleh orang-orang yang mencoba terhubung ke jaringan palsu tersebut.

Nah, dengan password yang sudah dimasukkan oleh orang-orang tersebut, maka Anda pun akan mendapatkan password asli dari Wifi target. Cara ini sebenarnya seperti memasang umpan untuk memancing ikan.

Nah, itulah 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk membobol password sebuah jaringan Wifi layaknya seperti seorang hacker profesional. Cara-cara di atas tidak Saya jelaskan dengan lebih detail, agar Anda tidak menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa mencari caranya sendiri diberbagai situs atau forum lain yang memang menjelaskan secara detail. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY