Home » Tips & Cara » Teknologi » Komputer » Bagaimana Memperpanjang Umur Modem Anda

Bagaimana Memperpanjang Umur Modem Anda


Pernahkah Anda memperhatikan bahwa jangka hidup modem baru sekarang ini makin hari makin pendek? Hal ini sebagian besar dikarenakan pengurangan komponen heat sink pada modem model baru ini. Artikel ini akan membantu Anda untuk mengetahui dan menambahkan heat sink tambahan pada sebuah modem.

Metode ini juga bisa dilakukan untuk router nirkabel ataupun alat elektronik semacamnya yang memilki suhu panas. Perlu diperhatikan, bahwa penambahan yang akan Anda lakukan nanti ini tidak menghalangi jalan sirkuit lain. Putuskan sambungan dan cabut alat elektronik Anda sebelum melakukan penambahan.

 

Hal Yang Anda Butuhkan

Kertas timah

Peralatan soldering

 

Instruksi

1. Bukalah Penutup Modem

Banyak model modem sekarang ini memiliki penutup yang dijepret. Bukalah penutup modem tersebut dengan obeng kepala datar.

Gambar Pertama Bagaimana Memperpanjang Umur Modem Anda Oleh Segiempat

2. Carilah letak heat sink

Telah dikatakan sebelumnya, mencari letak heat sink menjadi lebih sulit karena pengurangannya, tetapi secuil aluminium pada papan sirkuit mestilah terlihat, dimana biasanya ditempat tersebut diletakkan “heatsink”.

Gambar Kedua Bagaimana Memperpanjang Umur Modem Anda Oleh Segiempat

 

3. Tambahkan “heat sink” pada modem

Lakukan hal ini dengan cara soldering sepotong kertas timah pada “heat sink” yang nantinya akan befungsi sebagai radiator. Meskipun solder timah tidak akan menempel pada aluminium, timah tersebut dapat ðitetaskan pada tempat untuk menahan tambahan heat sink. Lem super pada sebuah kertas tipis ataupun kertas aluminium juga dapat digunakan. Pasta heat sink yang dapat Anda temukan pada toko suplai elektronik juga bisa digunakan untuk tambahan heat sink. Lakukan soldering secukupnya, sampai temperatur alat elektronik saat berjalan berkurang. Setelah cukup, pasang kembali tutup modem Anda.

Gambar Ketiga Bagaimana Memperpanjang Umur Modem Anda Oleh Segiempat

 

4. Memasang kembali modem

Sekarang, pasanglah modem Anda pada bagian permukaan dinding vertikal yang tersembunyi. Ventilasi bukanlah yang terpenting, selama ruang di dalam modem tersebut tidak terlalu sesak. Banyak modem hanya memiliki satu hot spot, dan heat sink pada modem tersebut bisa ditambahkan, dan efek penambahan tersebut bisa memperpanjang umur modem 2-3 kali lipat. Meskipun begitu, banyak model modem terbaru memiliki berat yang sangat ringan sehingga membuat modem cepat panas. Cukup tambahkan penambahan sedikit saja pada komponen modem yang panas. Dengan ini, Anda bisa memperpanjang umur modem Anda dari 3- bulan sampai dengan 3 tahun atau lebih.

 Gambar Keempat Bagaimana Memperpanjang Umur Modem Anda Oleh Segiempat

 

Peringatan

Melekatkan sesuatu pada sirip heat sink bisa mengganggu aliran udara heat sink tersebut, dan mengurangi efektifitas heat sink tersebut. Anda bisa mengganti modem Anda dengan yang baru, ataupun memasang modem Anda secara vertikal ataupun membuka penutup modem lalu memasangnya secara vertikal untuk menghindari tumpukan debu.

Lakukan soldering dengan resiko Anda sendiri. Pada contoh diatas, solder timah digunakan sebagai “pelekat” tanpa memanaskan heat sink tersebut, dan pasta heat sink dapat mempermudah hal ini.

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: