Home » Tips & Cara » Teknologi » Komputer » Bagaimana Cara Memperluas Jaringan Nirkabel

Bagaimana Cara Memperluas Jaringan Nirkabel


Bagaimana Cara Memperluas Jaringan Nirkabel Oleh SegiempatJika Anda memiliki bangunan besar atau sebuah properti dan Anda ingin memasang akses Internet pada bangun tersebut, Anda mungkin harus memperluas jaringan nirkabel Internet Anda. Ekstensi ini membuat Anda bisa menjaga sinyal nirkabel yang kuat meliputi area yang lebih luas. Artikel ini akan menjelaskan petunjuk dasar untuk memperluas jaringan nirkabel.

 

Instruksi

1. Aturlah router utama Anda sebagai base station Anda. pastikan router Anda tersambung dengan komputer Anda menggunakan kabel ethernet, agar Anda bisa langsung login ke router tersebut.

2. Carilah pengaturan dasar nirkabel dari router Anda, yang seharusnya bisa didapatkan pada layar login utama, dibawah opsi Settings. Dari sini, Anda ingin memastikan bahwa router Anda memancarkan sinyal yang paling kuat, yang bisa Anda lakukan. Jika Anda belum mengganti SSID, lakukan sekarang dan catat SSID router Anda. ini akan membantu Anda dalam mengatur repeater nirkabel Anda nantinya.

3. Pilihlah Repeating Functions atau Signal Repeat Settings, atau sembarang opsi yang mengatakan repeating. Dari sini, Anda akan diberikan sebuah opsi untuk mengaktifkan fungis repeating pada jaringan Anda. Anda akan mendirikan router utama pada base station Anda pada titik ini. Pastikan Anda memilih fungsi base statin pada router ini dan bukan pengaturan repeater.

4. Masukkan, jika diperlukan, alamat MAC (Media Access Control) router atau repeater yang akan Anda gunakan. Alamat MAC repeater nirkabel Anda biasanya ada pada stiker yang tertempel pada bagian belakang repeater. Contoh alamat MAC: (01-23-45-67-89-ab atau 01:23:45:67:89:ab atau 0123.4567.89ab)

5. Cabutlah semua kabel ethernet dari base station, dan sambungkan kabel tersebut pada repeater atau router tambahan yang akan digunakan sebagai repeater nirkabel. Lakukan login kembali pada router tersebut.

6. Pergilah ke pengaturan dasar dan pastikan bahwa repeater nirkabel Anda berkominkasi dengan jaringan nirkabel yang benar dengan cara mengetikkan SSID yang Anda gunakan pada base station Anda.

7. Aktifkan fungsi signal repeating pada menu repeating settings.Untuk repeater nirkabel, Anda harus menentukan sebuah alamat IP. Anda dapat menggunakan alamat IP 192.168.0.(…) atau 192.168.1.(…). Anda bisa memasukkan sembarang nomor Antara 1 sampai 255 pada angka terakhir alamat IP tersebut. Catatlah alamat IP baru ini karena Anda akan membutuhkannya untuk mengganti pengaturan di lain waktu.

8. Masukkan alamat MAC dari base station.

9. Simpan pengaturan ini dan putuskan sambungan repeater dari komputer Anda.

10. Carilah lokasi yang sesuai untuk repeater nirkabel Anda. sebaiknya Anda meletakkan repeater tersebut di dekat batas area sinyal WiFi Anda. dengan cara ini, Anda akan mendapatkan ekstensi sinyal secara maksimal.

 

 

Tentang Fajrul Zanic

Pria yang mencintai bola basket, dan seorang tech geek yang suka bermain video games serta membaca manga. Anda dapat berkomunikasi dan mengenalnya lebih jauh melalui akun jejaring sosial yang dia miliki. Untuk membaca profil selengkapnya, silahkan klik disini

Berikan Komentar Anda: