Windows 10 merupakan transformasi terbaru dari versi Windows sebelum-sebelumnya. Bahkan, Windows 10 ini diklaim memiliki semua fitur dari semua versi Windows sebelumnya. Sehingga, bagi pengguna yang lebih sering dan familiar menggunakan Windows XP, Windows 7, dan Windows 8 pasti akan cepat familiar juga dengan Windows 10. Saya merasakan sendiri hal tersebut!

Hanya saja, seperti pada versi-versi Windows sebelumnya, tentunya pada Windows 10 yang kabarnya akan menjadi Windows versi terakhir dari Microsoft ini juga masih memiliki beberapa masalah yang sering ditemui. Nah, di bawah ini Saya akan membahas beberapa masalah umum di Windows 10 tersebut serta cara mengatasinya.

1. Drive tidak muncul di explorer

Kejadian seperti ini biasanya terjadi setelah Anda baru saja melakukan install ulang atau memasukkan hardis baru. Tapi, kalau memang terjadi seperti ini, Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai data yang ada di dalam hardisk Anda. Karena, ini biasanya hanya permasalahan drive yang bertabrakan path. Cara untuk mengatasinya itu pun sangatlah mudah.

  • Silahkan Anda cukup membuka halaman Computer Management, yang bisa Anda akses melaui menu RUN dengan menekan tombol pada keyboard “Windows + R”.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-1-oleh-tekno-segiempat

  • Setelah itu silahkan Anda ketikkan perintah “compmgmt.msc” pada kolom RUN tersebut. Selain cara ini Anda bisa juga membukanya melalui klik kanan di My Computer, dan pilih opsi “Manage”. Setelah halaman Computer Management ini terbuka, silahkan Anda klik lagi pada menu “Disk Management”. Di dalam menu Disk Management, inilah Anda akan melihat semua daftar drive yang di komputer Windows Anda.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-2-oleh-tekno-segiempat

  • Silahkan Anda pilih salah satu drive yang tidak muncul tersebut. Kemudian Anda klik pada pada opsi yang bertuliskan “Change Drive Letter and Paths”.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-3-oleh-tekno-segiempat

  • Lalu, Anda cukup mengikuti setiap petunjuknya sampai selesai. Dan, drive Anda yang hilang tadi sudah muncul kembali.

2. Kolom search hilang dari Start Menu

Permasalahan yang kedua ini termasuk permasalahan umum yang terjadi. Biasanya hal ini terjadi setelah Anda baru saja menginstall atau mengupdate Windows 10 Anda. Tapi, tenang saja, karena itu tidak akan membuat kolom search Anda benar-benar hilang, tetapi hanya dinon-aktifkan saja. Untuk bisa menagktifkannya kembali, maka caranya itu sangatlah mudah.

  • Silahkan Anda buka “Control Panel” yang ada di Start Menu.6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-4-oleh-tekno-segiempat
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada “Uninstall a program” yang ada di bagian bawah menu “Programs”.6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-6-oleh-tekno-segiempat
  • Lalu, cek pada bagian atas kiri layar Anda, dan klik pada “Turn Windows features on or off”.6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-7-oleh-tekno-segiempat
  • Di dalam menu ini, silahkan Anda cari “Windows Search” dan berikan tanda centang untuk mengaktifkannya.

3. File yang tidak bisa dibuka dengan program default

Kejadian juga sering sekali terjadi pada perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10 terbaru. Permasalahan ini biasanya terjadi, ketika Anda baru saja melakukan update Windows 10 Anda. Hal ini tidak perlu Anda khawatirkan, karena ini hanya karena Windows 10 ingin memaksakan file tersebut terbuka menggunakan program bawaan dari Windows 10 tersebut. Seperti salah satu contohnya adalah file video dengan ekstensi mp4, wmv, avi, dan lainnya.

Nah, untuk bisa mengatasi hal tersebut agar filenya bisa dibuka dengan program yang biasa Anda gunakan, maka caranya itu adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda klik kanan pada file tersebut, lalu pilih pada opsi “Open with”.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-8-oleh-tekno-segiempat

  • Setelah itu, silahkan Anda pilih lagi pada opsi “Choose default program”.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-9-oleh-tekno-segiempat

  • Pada halaman inilah Anda bisa melihat daftar program default yang bisa membuka file tersebut. Silahkan Anda pilih program yang memang biasa Anda gunakan.

4. Notifikasi konfirmasi delete tidak ada

Windows 8 dan Windows 10 terbaru ini memang tidak akan lagi memunculkan notifikasi untuk melakukan delete saat Anda ingin menghapus file yang Anda inginkan. Cara ini sebenarnya digunakan oleh Windows untuk lebih membuat pengguna lebih praktis lagi tanpa harus menampilkan notifikasi konfirmasi. Karena, kalau Anda sudah menekan tombol Delete, itu sudah pasti Anda yakin untuk menghapus file tersebut.

Sebenarnya, menekan tombol delete ini pun tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Karena, file tersebut masih bisa dikembalikan dari Recycle Bin. Kecuali Anda menekan tombol Shift + Delete, maka itu harus Anda khawatirkan. Tapi, kalau Anda memang ingin notifikasi konfirmasi delete tersebut muncul, maka Anda bisa mengaktifkannya kembali dengan cara berikut ini:

  • Klik kanan pada “Recycle Bin”, lalu pilih pada “Properties”.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-10-oleh-tekno-segiempat

  • Kemudian Anda beri tanda centang pada opsi “Display delete confirmation dialog”, lalu klik Ok.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-11-oleh-tekno-segiempat

5. Masuk Windows 10 tanpa password

Mengamankan komputer dengan password memang perlu Anda lakukan. Ini untuk mencegah agar tidak ada pengguna lain yang mengutak-atik file-file di dalam komputer Anda. Tapi, kalau laptop atau PC Anda tersebut sering digunakan oleh keluarga Anda sendiri, tentunya Anda tidak perlu memasangkan lagi password. Anda bisa mematikan password tersebut, dan komputer Anda pun akan langsung masuk ke dalam Windows 10 tanpa harus menampilkan halaman login screen lagi, dengan cara berikut ini:

  • Silahkan Anda buka menu RUN dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketikkan perintah “netplwiz”, dan tekan tombol Enter atau klik Ok.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-12-oleh-tekno-segiempat

  • Di dalam halaman tersebut, silahkan Anda hilangkan tanda centang pada opsi yang bertuliskasn “Users must enter a user name and password to use this computer”, untuk akun yang Anda gunakan, lalu klik tombol Apply.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-13-oleh-tekno-segiempat

  • Anda akan dimintai konfirmasi untuk tindakan tersebut, dengan memasukkan username dan password Windows 10 Anda. Setelah itu, klik tombol OK.

6. Tombol untuk mode hibernate hilang

Mode hibernate ini sebenarnya sangatlah jarang digunakan, sehingga walaupun hilang biasanya tidak dipermasalahkan oleh banyak penggunanya. Tapi, kalau memang Anda membutuhkan tombol hibernate ini dan tiba-tiba saja hilang dari Windows 10 Anda, maka Anda bisa mengembalikannya dengan cara berikut ini:

  • Silahkan Anda buka halaman Power Options terlebih dahulu. Cara paling cepat dan mudah membuka menu halaman Power Ooptions ini adalah dengan membukla menu RUN, lalu ketikkan perintah “powercfg.cpl”.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-14-oleh-tekno-segiempat

  • Pilih pada opsi “Choose what the power buttons do”.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-15-oleh-tekno-segiempat

  • Selanjutnya silahkan Anda klik pada opsi “Change settings that are currently unavailable”.

6-masalah-umum-pada-windows-10-dan-cara-mengatasinya-16-oleh-tekno-segiempat

  • Silahkan Anda scroll ke bawah sampai Anda menemukan opsi “Hibernate” dan berikan tanda centang pada opsi tersebut.

Nah, itulah beberapa masalah umum yang ditemui pada komputer (PC/Laptop) Windows 10.

LEAVE A REPLY