Saat ini memang jamannya sudah serba jaringan dan online. Membeli makanan berupa cemilan saja tidak harus keluar rumah lagi. Cukup dengan pesan melalui sistem perbelanjaan secara online saja. Berhubungan dengan dunia jaringan, maka di artikel kali ini Saya akan membahas mengenai dunai hack. Untuk bisa menjadi seorang hacker profesional, apa saja sih yang perlu diketahui? Silahkan Anda lihat di bawah ini hal-hal tersebut.

1. Ketahui tentang bahasa pemrograman

hal-yang-harus-diketahui-jika-ingin-jadi-hacker-profesional-1-oleh-tekno-segiempatMungkin bagi Anda masyarakat awam yang bisanya hanya tahu mengenai pakai program atau software saja, tidak mengetahui kalau pembuatannya itu membutuhkan software juga yang dikenal dengan nama bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini merupakan software yang bisa menerjemahkan kode yang ditulis oleh si programmer, dan akan menghasilkan output sesuai dengan kode yang dimasukkan oleh si programmernya. Ada banyak sekali bahasa pemrograman saat ini, seperti Pascal, PHP, C, C++, Javascript, PHP, CSS, HTML, Phyton, Perl, dan lain sebagainya.

Sebuah software pun kadang dibuat tidak hanya menggunakan satu bahasa pemrograman saja. Sebuah website pun dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang cukup banyak seperti CSS, HTML, PHP, dan lain-lain, sesuai dengan tampilan dan tingkat keamanan dari website tersebut. Nah, kalau Anda sudah mengetahui berbagai bahasa pemrograman tersebut luar dan dalamnya, maka Anda sudah bisa memulai menjadi seorang hacker. Karena, memang semua sistem yang berjalan pada komputer, baik offline atau pun online tersebut menggunakan program yang dibuat dari bahasa pemrograman tersebut.

2. Ketahui tentang software

hal-yang-harus-diketahui-jika-ingin-jadi-hacker-profesional-2-oleh-tekno-segiempatJika memang Anda sudah menguasai beberapa bahasa pemrograman, maka Anda sebaiknya mempelajari pula beberapa software yang telah dibuat oleh beberapa programmer sebelumnya. Walaupun memang Anda menguasai banyak bahasa pemrograman, tapi, setiap logika atau algorima dari programmer pasti berbeda dalam membuat software tersebut.

Nah, dalam membantu Anda untuk bisa menjadi seorang hacker profesional, Anda juga harus tahu banyak mengenai software-software baik untuk software hacking, atau pun software yang digunakan pada target hacking Anda. Software ini termasuk juga adalah sistem operasi.

3. Ketahui tentang sistem operasi

hal-yang-harus-diketahui-jika-ingin-jadi-hacker-profesional-3-oleh-tekno-segiempatPenjelasan mudah dari sistem operasi ini adalah Windows. Untuk orang awam pasti lebih mengenal Windows daripada harus menjelaskan panjang lebar mengenai sistem operasi tersebut seperti apa, kan! Tapi, dalam komputer sistem operasi ini tidak hanya Windows saja, melainkan masih ada banyak lagi seperti Mac OS, Linux, dan lain sebagainya. Para hacker biasanya lebih banyak menggunakan bahasa pemrograman Linux. Jadi, Anda harus mengetahui lebih banyak mengenai sistem operasi ini.

4. Ketahui tentang jaringan komputer

hal-yang-harus-diketahui-jika-ingin-jadi-hacker-profesional-4-oleh-tekno-segiempatPengetahuan Anda dalam jaringan komputer ini mungkin hanya sebatas pada kabel serta konfigurasi IP saja, kalau Anda adalah newbie. Tapi, untuk menjadi seorang hacker profesional, itu merupakan pengetahuan seorang bayi yang baru lahir. Di dalam sistem jaringan komputer masih banyak lagi hal yang perlu Anda ketahui untuk menjadi hacker professional seperti TCP/IP, FTPs, HTTP/HTTPS, dan masih banyak lagi, termasuk bahasa pemrogman dan software web seperti sql.

Saya pribadi tidak mengetahui cara hacking, tapi artikel di atas Saya tulis berdasarkan pelajaran yang Saya dapatkan sejak masih kuliah dulu.

LEAVE A REPLY